Tips Hemat dan Aman Belanja Kebutuhan Pokok Bersama Anak

Perhatikan protokol kesehatan juga ya, Ma

25 Februari 2021

Tips Hemat Aman Belanja Kebutuhan Pokok Bersama Anak
Pexels/Gustavo Fring

Selama masa pandemi anak-anak terus berada di rumah. Bagi sebagian keluarga mengajak anak belanja bulanan membeli bahan pokok untuk keluarga bisa menjadi hiburan tersendiri.

Sebenarnya selama bisa menjaga protokol kesehatan dengan baik, sesekali memperbolehkan anak ikut berbelanja bersama bisa dipertimbangkan lho, Ma.

Yang paling penting Mama memerhatikan si Anak juga tertib dalam menjalankan protokol kesehatan.

Berikut Popmama.com telah merangkum tips hemat dan aman belanja kebutuhan pokok bersama anak.

Editors' Picks

1. Berbelanja yang aman di supermarket

1. Berbelanja aman supermarket
Pexels/Oleg Magni

Jika Mama terbiasa berbelanja kebutuhan pokok di supermarket, berikut ini beberapa cara yang aman menurut panduan WHO:

  • Menjaga jarak sekitar 1 meter dari orang lain dan hindari menyentuh mata, mulut dan hidung.
  • Selalu periksa tanggal kadaluwarsa makanan dan minuman yang kamu beli.
  • Periksa kembali kemasan makanan yang akan dibeli tidak rusak, prioritaskan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran.
  • Cuci tangan setelah menyentuh uang dan permukaan lainnya. WHO menambahkan, jika memungkinkan Mama juga dapat memersihkan pegangan troli atau keranjang berlanja sebelum digunakan.

2. Memilih tempat berbelanja yang tidak terlalu ramai

2. Memilih tempat berbelanja tidak terlalu ramai
Pexels/Anna Shvets

Saat ini, biasanya tempat belanja memiliki kapasitas maksimal tertentu, sehingga jumlah orang yang berada di dalam supermarket tidak terlalu banyak. 

Jarak antara satu orang dengan yang lain jadi tidak terlalu rapat. Sehingga bisa menerapkan panduan belanja yang aman sesuai anjuran  WHO.

Jadi perhatikan baik-baik ya Ma, ketika membawa anak ikut ke supermarket pastikan mengikuti arahan tim keamanan pihak supermarket.

Mereka biasanya mengecek suhu terlebih dulu dan memberitahukan apakah kapasitas masih bisa ditambahkan saat itu atau sedang penuh.

Jika sedang penuh maka tunggu beberapa saat hingga mulai lenggang.

3. Tips hemat dan aman berbelanja kebutuhan pokok

3. Tips hemat aman berbelanja kebutuhan pokok
Freepik/rawpixel

Agar berbelanja lebih nyaman Mama bisa memilih tempat berbelanja yang memerhatikan keamanan pelanggan. Begitu dengan kondisi tempat belanja yang kondusif.

Menurut keterangan dari Joseph Martius, Head of Marketing and Promotion PT Matahari Putra Prima Tbk, pada Jumat (19/2/21) mengatakan, "Belanja kebutuhan sehari-hari tidak seharusnya menghabiskan waktu Anda. Selain karena situasi yang belum kondusif seperti sekarang ini, sehingga berada di tempat umum terlalu lama sebaiknya dihindari, mengurangi waktu belanja juga dapat membantu Anda mengatur waktu secara efisien untuk kegiatan lainnya di rumah."

Berikut ini Joseph juga membagikan cara-cara sederhana agar Mama bisa berbelanja dengan cepat, mudah dan nyaman, namun tetap hemat dan aman

  • Siapkan daftar belanja

Selain dompet dan handphone, pastikan Mama membawa daftar belanja kebutuhan pokok yang ingin dibeli. Dengan adanya daftar belanja, Mama bisa memiliki mana barang yang menjadi prioritas saat ini.

  • Belanjalah sendiri

Belanja bersama-sama memang seru, namun dengan keadaan saat ini disarankan untuk berbelanja sendiri agar tetap fokus dalam memilih kebutuhan dasar. 

Jika memang harus membawa anak, pastikan menerapkan protokol kesehatan.

  • Cek promo sebelum belanja

Mama tentu senang jika ada potongan harga. Cek promo sebelum berbelanja. Ini membuat Mama jadi lebih hemat waktu karena tidak perlu menyisir setiap lorong yang ada.  

Mama bisa cek promo melalui aplikasi supermarket yang dituju. Sesuaikan lagi dengan kebutuhan yang akan dibeli.
 

  • Bantu kemasi barang belanjaan 

Agar mempersingkat waktu dan anak tidak merasa bosan maka Mama bisa membantu mengemasi barang belanjaan. 

Jangan lupa membawa tas belanja sendiri dari rumah. Pastikan ukurannya bisa menampung seluruh barang yang dibeli.

  • Meminimalisir penggunaan uang tunai

Gunakan pembayaran digital dan meminimalisir penggunaan uang tunai agar lebih efektif dan efisien. Menggunakan pembayaran digital kadang memberikan tambahan promo lho, Ma. 

Joseph juga memberikan satu tips lagi agar belanja semakin hemat, "Menggunakan pembayaran online melalui ShopeePay tinggal mengunduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan aktifkan ShopeePay untuk mendapatkan promo menarik dari Hypermart yang membuat belanja anda semakin hemat, seperti harga khusus untuk produk tertentu atau cashback hingga 30% saat periode promo tertentu."

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan. Mana tips belanja hemat dan aman bersama anak yang sudah Mama terapkan? Ikuti semuanya yuk agar belanja bahan pokok jadi lebih mudah dan nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.