Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Beri Tahu Anak, Ini 7 Contoh Perbuatan yang Mencerminkan Rasa Syukur

Anak bisa mengungkapkan rasa syukur melalui contoh perbuatan berikut ini

30 November 2022

Beri Tahu Anak, Ini 7 Contoh Perbuatan Mencerminkan Rasa Syukur
Unsplash/Gabrielle Henderson

Rasa syukur penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini. Dengan bersyukur, anak dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang dan nyaman.

Rasa syukur ini dapat ditunjukkan kepada banyak orang, termasuk orangtua, saudara, guru dan staf di sekolah, dan teman-teman.

Nah, untuk menunjukkan rasa syukur, anak dapat melakukan berbagai tindakan positif yang tentunya berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Supaya anak lebih mudah memahami cara untuk menunjukkan rasa bersyukur, yuk simak beberapa contoh perbuatan yang mencerminkan rasa syukur yang telah Popmama.com kumpulkan di bawah ini!

1. Menghabiskan makanan yang sudah diambil

1. Menghabiskan makanan sudah diambil
Freepik/andreas

Contoh perbuatan yang paling sederhana untuk menggambarkan rasa syukur adalah berusaha menghabiskan makanan yang telah diambil, misalnya saat waktu makan siang atau makan malam.

Anak tentunya sering diberitahu untuk tidak menyisakan makanan yang sudah dimakan, karena makanan yang sisa akan menjadi mubazir dan terbuang sia-sia.

Selain itu, tidak semua orang bisa memperoleh makanan yang selayaknya untuk dikonsumsi. Maka dari itu, anak perlu bersyukur karena sudah berhasil untuk menghabiskan makanan tanpa sisa.

2. Tidak iri dengan apa yang dimiliki orang lain

2. Tidak iri apa dimiliki orang lain
Unsplash/Rowen Smith

Merasa cukup dan tidak iri dengan segala sesuatu yang dimiliki orang lain merpakan salah satu bentuk tindakan yang mewujudkan rasa syukur.

Anak dapat belajar mengungkapkan rasa syukur dengan apa yang sudah menjadi miliknya, bersyukur karena telah berhasil mencapai hal tertentu meski pencapaian yang dimiliki oran lain masih lebih tinggi dibandingnya.

Dengan menghindari sifat iri serta tidak membanding-bandingkan apa yang sudah dimiliki diri sendiri dan orang lain, anak dapat belajar untuk lebih bersyukur setiap harinya.

Editors' Picks

3. Tetap berpikir positif saat mengalami kegagalan

3. Tetap berpikir positif saat mengalami kegagalan
Freepik/diana.grytsku

Kegagalan memang menjadi momen yang kurang menguntungkan. Tak jarang, anak merasa sedih dan putus asa ketika mengalami kegagalan, baik dalam mengikuti lomba ataupun saat mendapatkan hasil nilai ulangan.

Untuk menyikapi hal ini, anak sebaiknya diajarkan untuk tetap berusaha berpikir positif terlepas dari kegagalan yang dialaminya. Mama juga perlu memberitahu anak bahwa setiap kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Menyikapi kegagalan dengan berpikir positif menjadi bentuk tindakan yang dapat mencerminkan rasa bersyukur. Rasa syukur ini secara tidak langsung dapat membuat anak menjadi lebih kuat lagi dalam menghadapi berbagai keadaan, termasuk kegagalan.

4. Menjaga tubuh tetap sehat

4. Menjaga tubuh tetap sehat
Unsplash/Gabin Vallet

Sebagai manusia, anak terlahir dengan anggota tubuh yang lengkap, mulai dari kedua mata yang bisa melihat dunia, hingga kedua kaki yang dapat digunakan untuk berjalan.

Hal sederhana seperti ini sangat patut untuk disyukuri, karena memiliki tubuh sehat dan tidak cacat merupakan suatu berkat yang diberikan oleh Tuhan.

Sebagai bentuk rasa syukur, anak dapat berusaha untuk senantiasa menjaga tubuh agar tetap sehat. Misalnya dengan melakukan olahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, tidak merokok, dan lain-lain.

5. Merawat barang pemberian orang lain

5. Merawat barang pemberian orang lain
Unsplash/Kira auf der Heide

Tak jarang, anak akan mendapatkan hadiah atau benda lainnya dari orang lain, mulai dari orangtua, kerabat, hingga teman-teman dekat.

Sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih atas pemberian benda-benda tersebut, anak bisa merawatnya dan menggunakannya sebaik mungkin. Anak juga dapat menaruh benda pemberian itu di tempat yang layak.

Tindakan-tindakan seperti ini termasuk dalam contoh perbuatan yang bisa dilakukan anak dalam mencerminkan rasa syukurnya terutama kepada orang-orang yang telah memberikan hadiah atau barang untuknya.

6. Membantu meringankan pekerjaan orangtua di rumah

6. Membantu meringankan pekerjaan orangtua rumah
Freepik/rawpixel.com

Sejak anak masih kecil, orangtua telah berusaha mendidik dan membesarkannya tanpa mengenal lelah. Oleh karena itu, penting sekali bagi anak untuk bersyukur atas segala sesuatu yang telah dilakukan orangtua selama mengasuh.

Rasa syukur ini dapat tercerminkan melalui tindakan yang dapat meringkankan pekerjaan orangtua. Contoh mudahnya, menyapu lantai rumah, merapikan barang-barang di kamar, membantu menyiapkan alat makan pada waktu makan malam, dan lain-lain.

Perbuatan baik seperti ini juga menjadi bentuk bakti anak kepada orangtua. Anak dapat menyatakan rasa syukur dan kasih sayang dengan membantu orangtua, dan mereka pun juga terbantu dan berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

7. Senantiasa berdoa kepada Tuhan

7. Senantiasa berdoa kepada Tuhan
Pixabay/Tep Ro

Sebagai manusia yang beriman, anak dapat menyatakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan doa atau beribadah di tempat ibadah.

Berdoa bisa dijadikan sebagai sarana untuk meminta petunjuk dan kemudahan kepada-Nya, sekaligus meningkatkan keimanan pada diri anak.

Selain itu, berdoa kepada Tuhan sebagai wujud rasa syukur dapat memberikan ketenangan dalam diri, sehingga anak lebih siap dan tangguh untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa contoh perbuatan yang mencerminkan rasa syukur yang perlu anak ketahui.

Ayo, Ma, ajak anak untuk senantiasa bersyukur dalam kehidupan sehari-hari!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk