Alasan Mengapa Mama Harus Memindahkan Anak ke Sekolah Lain

Sedarurat apa sih memindahkan anak ke sekolah lain?

27 Maret 2019

Alasan Mengapa Mama Harus Memindahkan Anak ke Sekolah Lain
Freepik

Ada berbagai kondisi yang mungkin saja terjadi saat anak terpaksa harus pindah ke sekolahnya yang baru. Misalnya saja saat orangtua diharuskan mutasi pekerjaan atau karena hal lain yang menyebabkan keluarga harus berpindah domisili. 

Namun, di luar hal-hal tersebut, terkadang menjadi sebuah tantangan besar bagi orangtua saat dihadapkan pada situasi dan kondisi di mana harus memutuskan perlu atau tidaknya si Anak pindah ke sekolah yang baru. Misalnya saja, ketika melihat kondisi anak saat berangkat sekolah, apakah anak terlihat bahagia atau apakah anak sering meminta untuk tinggal di rumah meski tidak sakit?

Meski memang setiap keluarga memiliki kebijakan tersendiri menyangkut pendidikan anak, ada baiknya Mama mulai memikirkannya. Dilansir dari friendscentral.org, inilah 3 alasan penting mengapa harus mempertimbangkan untuk segera memindahkan anak ke sekolah yang lain.

Editors' Picks

1. Sekolah tidak dapat memenuhi kebutuhan anak

1. Sekolah tidak dapat memenuhi kebutuhan anak
Freepik

Memang tidak mudah untuk segera menemukan penyebab utama yang mendasari perilaku anak di sekolah, Ma. Namun, bisa jadi lingkungan pergaulan dan sistem pengajaran di sekolah tidak cocok atau tidak dapat memenuhi kebutuhan anak, sehingga anak merasa terganggu dalam proses belajarnya. Akibatnya kondisi ini akan sangat berpengaruh pada peningkatan kinerja dan prestasi anak di sekolah. 

Jika sekolah tidak cocok dengan gaya belajar anak, ada baiknya Mama segera memindahkannya agar prestasi anak semakin terasah dan ia tidak menjadi stres atau frustrasi karena tidak cocok. 

2. Perkembangan anak terhambat atau terhenti

2. Perkembangan anak terhambat atau terhenti
Unsplash/Joseph Chan

Idealnya, semua orangtua pasti menginginkan anaknya dapat belajar, berkembang, dan menjadi lebih baik di sekolah dengan cara yang mungkin tidak mereka dapatkan di rumah, baik itu secara akademis, sosial, emosional, dan intelektual.

Namun, di saat orangtua memperhatikan bahwa perkembangan anak di bidang tersebut terhambat atau bahkan terhenti, bisa jadi itu karena sekolah saat ini tidak lagi menantang dan memaksa mereka berkembang sesuai dengan karakter yang sebenarnya.

Anak yang terjebak di pola sistem pendidikan yang tidak cocok, cenderung menjadi stres, depresi, dan malas sekolah. Jika ini terjadi, bisa saja bakat ia yang sebenarnya malah jadi terbuang sia-sia. 

3. Keamanan anak terancam

3. Keamanan anak terancam
Freepik/Tirachard

Segera pindahkan anak jika Mama mengkhawatirkan tentang keselamatannya di sekolah. Apalagi jika pihak sekolah tidak kooperatif dan mengabaikan kegelisahan orangtua terutama saat terjadi hal-hal yang dapat mengancam anak baik secara fisik maupun psikologis.

Tindakan memindahkan anak ke sekolah lain tidak salah kok, Ma. Justru keputusan ini akan menjadi jalan terbaik untuk mengeluarkan anak dari situasi yang membuatnya tidak bahagia.

Percayalah, Ma, tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak bahagia. Namun, saat perasaan tidak bahagia disebabkan oleh sesuatu hal yang terjadi saat ia berada di sekolah, penting bagi orangtua untuk memahami apa yang sedang terjadi sebelum keadaan membuat anak menjadi semakin tertekan secara psikologis. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.