Anak Rewel Makan? Jangan Dipaksa, Ma, Dampaknya Bisa Buruk

Anak susah makan memang bikin gregetan. Tapi force feeding bukanlah solusinya.

22 September 2019

Anak Rewel Makan Jangan Dipaksa, Ma, Dampak Bisa Buruk
Pexels/Daria Shevtsova

Anak susah makan seringkali bikin Mama gregetan. Bagaimana tidak? Sebagai orangtua, Mama pasti sadar betul jika anak tidak mau makan, maka nutrisi yang masuk ke tubuhnya tidak akan optimal. Dan tentu saja ini akan menghambat pertumbuhannya.

Namun, memaksa anak makan ternyata bukan solusi yang baik dan tindakan yang bijaksana. Justru tindakan ini akan mengakibatkan konsekuensi dan dampak yang buruk bagi anak.

Bentuk-bentuk Force Feeding yang Dilakukan Orangtua Tanpa Disadari

Bentuk-bentuk Force Feeding Dilakukan Orangtua Tanpa Disadari
Freepik/Bearfotos

Sayangnya, banyak orangtua yang tidak sadar bahwa force feeding atau memaksa anak makan, seringkali terjadi dan dilakukan orangtua dalam bentuk berikut ini:

  • Menentukan berapa banyak, kapan dan apa yang akan dimakan anak.
  • Memberi makan makanan dalam jumlah besar kepada anak bahkan ketika anak tak menyukai makanan tersebut.
  • Membandingkan anak dengan anak-anak lain tentang pola makan mereka.
  • Mengabaikan permintaan anak untuk makan lebih sedikit atau lebih lambat.

Editors' Picks

Dampak Force Feeding

Dampak Force Feeding
Freepik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orangtua memaksa anak makan karena khawatir ia kekurangan nutrisi. Padahal, dilansir dari parenting.firstcry.com, memaksa anak makan adalah hal yang harus dihindari karena dapat menimbulkan dampak buruk secara fisik maupun psikis. Apa saja itu?

  • Anak mengalami gangguan psikologis terkait makanan

Misalnya: muntah, anak jadi benci atau bahkan jijik terhadap makanan, menghilangkan selera makan anak, mengembangkan perasaan dan emosi negatif terhadap makanan dan mengarahkan mereka kepada kebiasaan makan yang tidak sehat. 

  • Kehilangan kendali atas kebiasaan makan

Memaksa anak makan atau berhenti makan, membuat mereka tidak punya kendali akan tubuhnya. Mereka tidak tahu kapan benar-benar lapar dan butuh makan dan kapan kenyang atau harus berhenti makan. Pemaksaan membuat anak tidak suka makan, bahkan karena tidak ada kendali atas makanan yang dimakannya anak dapat mengalami gangguan makan seperti anoreksi, bulimia, dan lain sebagainya.

  • Hilangnya kepercayaan diri anak

Kehilangan kepercayaan diri adalah dampak paling mengenaskan karena pemaksaan makan. Mereka merasa kehilangan dan kurang memiliki kendali atas kehidupan mereka. Separah itu ternyata dampaknya ya, Ma?

Sebenarnya adalah hal yang normal jika anak makan lebih sedikit daripada anak lain. Mama sebaiknya tetap tenang dan bersabar hingga ia datang dan memintanya sendiri. Saat hal itu terjadi, ajak anak untuk makan bersama dan jelaskan dengan bahasa yang sederhana mengapa sebaiknya ia harus makan, minimal agar ia paham bahwa aktivitas makan harus dilakukan untuk kesehatannya.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!