5 Cara Membuat Anak Mau Mencoba Makanan Baru

Berhadapan dengan picky eaters memang sulit. Yuk siasati dengan cara ini

14 Mei 2019

5 Cara Membuat Anak Mau Mencoba Makanan Baru
Freepik/Anchaleeyates

Tidak semua anak mau mencoba makanan baru yang disajikan kepadanya. Kebanyakan anak menjadi sangat pemilih dan hanya mau mengonsumsi makanan tertentu, terutama yang disukainya saja. Misalnya: ayam goreng atau kentang goreng saja.

Di satu sisi, mungkin hal ini terdengar praktis karena tak perlu susah-susah menyiapkan makanan yang beragam. Tetapi hal ini juga tidak baik karena asupan gizi dan nutrisi anak jadi terbatas. Mama pun kerepotan untuk memvariasikan menu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Masalahnya, memaksakan makanan yang tidak dikehendakinya, justru akan membuat anak protes dan ujung-ujungnya melakukan gerakan tutup mulut. Untuk mengatasinya, pelajari yuk 5 cara ala Popmama.com yang dapat Mama lakukan agar anak mau mencoba makanan baru berikut ini.
 

1. Memanggang sayuran

1. Memanggang sayuran
pxhere.com

Jika anak menolak makan sayur, jangan kehabisan akal, Ma. Mama bisa memanggang sayuran seperti wortel, buncis, atau tomat. Sayuran yang dipanggang akan mengeluarkan rasa manis karena proses karamelisasi. Aromanya pun lebih sedap dibandingkan dengan mengolahnya dengan cara dikukus atau direbus. 

2. Variasikan dengan berbagai saus celup

2. Variasikan berbagai saus celup
Pexels.com/louise

Makanan yang dinikmati dengan cara mencelupkan pada saus akan lebih menarik perhatian anak dibandingkan dengan makanan yang disajikan begitu saja. Gunakan cara ini untuk mengenalkan makanan yang selama ini dihindari anak.

Sediakan berbagai saus untuk mencelupkan berbagai sayuran atau Mama dapat memadukannya dengan kentang goreng yang disukai oleh anak.

Editors' Picks

3. Buat tampilan menarik

3. Buat tampilan menarik
flickr.com/photos/mrbd

Meskipun Mama tidak menghendaki anak-anak bermain dengan makanan mereka, tetapi pada dasarnya makanan yang disajikan dengan tampilan yang unik akan menarik perhatian anak. Anak pun jadi lebih antusias mencobanya.

Mama bisa mengkreasikannya dengan tusuk sante atau fondue. Jika Mama punya waktu, bisa membuat charaben atau bento karakter yang lucu dan menggemaskan. Dengan berbagai bentuk dan tampilan makanan yang menarik akan mendorong anak pemilih untuk mencoba makanan baru yang ditolaknya selama ini. 

4. Sajikan alternatif makanan baru

4. Sajikan alternatif makanan baru
Pixabay.com

Alih-alih menyediakan burger dengan isian daging sapi, Mama bisa menyajikan burger vegetarian dengan isian berbagai sayur dengan saus lezat. Untuk mengakalinya, Mama bisa menambahkan tempe crispy sebagai pengganti patty

Selain itu, jika anak menyukai keripik kentang sebagai cemilan, Mama mulai bisa mengenalkan keripik sayuran seperti keripik bayam, keripik wortel dan lain-lain sebagai penggantinya. 

5. Ajak anak terlibat dari proses memasak

5. Ajak anak terlibat dari proses memasak
Freepik/Prostooleh

Salah satu cara untuk membuat anak mau mengonsumsi berbagai jenis makanan baru adalah dengan mengajaknya terlibat dalam proses memasak makanan itu. Meski ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi bisa Mama coba untuk melibatkannya dalam kegiatan yang menyenangkan ini. Mulailah dari proses berbelanja bahan, menyiapkan bahan hingga proses akhir agar anak dapat menghargai hasil karyanya. 

Itulah kelima cara yang dapat Mama terapkan agar anak mau mencoba makanan baru yang mungkin selama ini selalu ditolaknya. Namun, yang tak kalah penting adalah memberikan contoh kepada anak untuk tidak memilih makanan apapun dan mencoba untuk selalu menikmati makanan yang ada di depan anak. Semoga tips ini dapat menginspirasi ya, Ma.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!