7 Fakta Ubur-Ubur, Sudah Ada Sebelum Dinosaurus Hidup

Ternyata hewan yang satu ini tidak punya otak lho!

30 September 2021

7 Fakta Ubur-Ubur, Sudah Ada Sebelum Dinosaurus Hidup
Pexels/Capture Blinks

Jika kamu penggemar kartun Spongebob Squarepants, tentu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang sering diburu oleh Spongebob dan Patrick. Ya, ubur-ubur. Ubur-ubur adalah hewan laut dengan tubuh lunak dan bergerak di air dengan cara yang berbeda dari hewan-hewan laut lainnya. 

Dengan keunikannya ini, kali ini Popmama.com akan mengajak kamu mengenal lebih dekat dengan fakta tentang ubur-ubur, dilansir dari berbagai sumber:

1. Kenalan yuk dengan si Ubur-ubur

1. Kenalan yuk si Ubur-ubur
Pexels/Scott Webb

Ubur-ubur termasuk dalam kelas Scyphozoa yang diklasifikasikan sebagai hewan invertebrata atau tidak bertulang belakang. 

Berat ubur-ubur umumnya bisa mencapai 2 kg dengan ukuran tubuh mulai 2 cm sampai 2 meter. Ketika berenang di lautan, hewan ini dapat mencapai kecepatan tertinggi sampai 8 km/jam.

2. Sudah ada sejak jutaan tahun lalu

2. Sudah ada sejak jutaan tahun lalu
Pexels/Krysten Merriman

Hal yang membuat tercengang dari ubur-ubur adalah ternyata hewan laut ini telah ada selama jutaan tahun. Bahkan sebelum dinosaurus hidup di Bumi. Tetapi uniknya, meski mereka sudah ada di Bumi sejak jutaan tahun lalu, ternyata ubur-ubur hanya punya masa hidup di alam liar selama kurang lebih 1 tahun saja. 

Berada di sepanjang arus laut, hewan yang mirip jeli ini dapat ditemukan di perairan dingin dan hangat, dalam dan dangkal, dan juga sepanjang garis pantai. 

3. Dapat menghasilkan berbagai warna dan memancarkan cahaya

3. Dapat menghasilkan berbagai warna memancarkan cahaya
Pexels/Irina Iriser

Jika selama ini kita mengenal ubur-ubur yang berwarna bening dan merah muda, ternyata ada juga yang berwarna lain lho. Ada ubur-ubur yang berwarna kuning, biru, dan ungu, bahkan seperti pelangi. 

Selain punya warna-warni yang menakjubkan, ubur-ubur juga bisa menghasilkan cahayanya sendiri. Wah, keren banget ya!

Editors' Picks

4. Mulutnya ada di tengah-tengah tubuhnya

4. Mulut ada tengah-tengah tubuhnya
Pexels/Irina Iriser

Ketika melihat ubur-ubur mungkin kamu merasa aneh dengan bentuknya. Di mana ya mulutnya? Ternyata, mulut ubur-ubur terletak di bagian tengah tubuhnya berupa lubang kecil. 

Dari lubang kecil ini ubur-ubur makan dan membuang kotorannya. Tapi bukan cuma untuk kedua hal itu lho. Fungsi lain mulut ubur-ubur adalah menyemburkan air agar ia dapat bergerak maju. Wow!

5. Tidak punya organ tubuh vital

5. Tidak pu organ tubuh vital
Pexels/Israel Fernández

Tahukah kamu, ubur-ubur tidak memiliki otak, jantung, tulang, dan mata. Tubuh mereka terdiri dari jaringan halus seperti tas dan tentakel dengan sel-sel kecil yang menyengat. 

Invertebrata luar biasa ini menggunakan tentakelnya yang menyengat untuk menyentruk atau melumpuhkan mangsanya sebelum melahapnya.

6. Apa makanan ubur-ubur?

6. Apa makanan ubur-ubur
Pexels/Hung Tran

Dengan lubang mulutnya yang kecil, mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih makanannya? Makanan ubur-ubur adalah ikan, udang, kepiting, dan tanaman-tanaman kecil yang ada di lautan. 

Mereka makan dengan sangat cepat karena jika tida mereka tidak akan bisa mengapung karena terbebani makanan yang tidak tercerna di tubuh mereka. 

7. Awas, sengatan ubur-ubur bisa mematikan

7. Awas, sengatan ubur-ubur bisa mematikan
Pexels/Martin Hacksteiner

Ubur-ubur adalah hewan yang punya sengatan mematikan. Mereka menyengat manusia dan beberapa spesies hewan lain. Meskipun begitu, mereka tidak dengan sengaja menyerang manusia kok, kecuali jika kita tidak sengaja menyentuhnya. 

8. Siapa yang memangsa ubur-ubur?

8. Siapa memangsa ubur-ubur
Pexels/Nidhi Shah

Jika ubur-ubur makan ikan, udang, kepiting, dan tanaman-tanaman kecil di lautan, lantas siapa yang memangsanya? Ubur-ubur adalah makanan yang 'nikmat' bagi kura-kura laut yang sangat mengincar keberadaan mereka. 

Di Cina, ubur-ubur juga banyak diburu sebagai salah satu makanan yang nikmat dijadikan salad dan aneka olahan lainnya. Selin sebagai makanan, masyarakat Cina juga mengenal ubur-ubur sebagai bahan baku pengobatan karena dipercaya mampu meningkatkan daya ingat dan tinggi protein.

Itulah fakta tentang ubur-ubur yang menarik diketahui. Apakah kamu pernah melihat ubur-ubur secara langsung? Bagaimana pendapatmu tentang hewan yang satu ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.