Ini 5 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Asing Perlu Dilakukan Sejak Dini

Bukan hanya untuk bekal literasi yang baik, melainkan juga perkembangan psikis anak

18 September 2019

Ini 5 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Asing Perlu Dilakukan Sejak Dini
Freepik/Freephoto

Seiring dengan perkembangan zaman, tak dipungkiri bahwa tuntutan untuk bisa berbahasa asing sangatlah tinggi. Karenanya, diharapkan orang tua mendorong anak belajar, setidaknya satu bahasa asing selain bahasa ibu yang biasa digunakannya sehari-hari.

Hal ini perlu dibiasakan sedini mungkin. Meski mungkin terlihat sulit di awal, tetapi belajar bahasa asing sejak kecil sangat disarankan. Terutama karena otak anak lebih mampu menyerap informasi baru pada usia lebih muda. Dilansir dari moms.com, berikut ini Popmama.com merangkum lima alasan mengapa belajar bahasa asing itu perlu bagi anak, bukan hanya untuk kemampuan literasinya, melainkan juga hal-hal lain dalam kehidupan:

1. Mengembangkan ketrampilan berbahasa dan jejaring

1. Mengembangkan ketrampilan berbahasa jejaring
Freepik/rawpixel

Banyak orang menyesal tidak mempelajari bahasa lain sejak kecil. Terutama saat hal ketidakmampuan tersebut membatasi komunikasi dengan berbagai orang yang mereka inginkan di kemudian hari. Memiliki keterampilan berbahasa asing akan menambah rasa percaya diri serta membuka pintu pertemanan orang lain di kemudian hari, terutama saat berkomunikasi dengan orang asing.

2. Memaksimalkan perkembangan otak anak

2. Memaksimalkan perkembangan otak anak
Pexels/Lina Kivaka

Mau tak mau diakui belajar bahasa asing sangat baik bagi perkembangan otak anak, terutama untuk mengasah kemampuannya di bidang akademis. Ya, dengan memiliki kemampuan berbicara bahasa yang berbeda dapat mengasah kemampuan anak di berbagai bidang bahasa seperti memahami struktur tata bahasa, kosa kata, pola, dialek, bahkan cara pengucapan yang mungkin ditemukan saat ia sedang mempelajari bidang ilmu lainnya. 

Editors' Picks

3. Mendukung ketrampilan bermusik

3. Mendukung ketrampilan bermusik
pixabay.com/nightowl

Belajar bahasa asing tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan anak secara akademis, tetapi juga dapat membantu meningkatkan keterampilannya dalam bermusik. Anak yang mampu berbahasa asing akan lebih mudah belajar alat musik, terutama dalam hal mengingat berbagai macam suara.

Tak hanya itu, musik juga dapat membantu anak meningkatkan kemampuan berbahasanya melalui hal-hal yang menyenangkan seperti saat mempelajari lirik lagu, bahkan teks film yang ditontonnya. 

4. Meningkatkan kreativitas

4. Meningkatkan kreativitas
Freepik

Percaya tidak, belajar bahasa asing dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi? Kemampuan otak anak akan bekerja maksimal, terutama yang berkaitan dengan mempelajari tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitasnya terutama bagi anak yang tertarik atau berbakat di bidang seni, seperti menulis, menggambar dan bahkan bernyanyi. 

5. Mendapat pekerjaan lebih baik di masa depan

5. Mendapat pekerjaan lebih baik masa depan
Shutterstock/Monkey Business Images

Salah satu alasan terbaik mengapa anak harus belajar bahasa asing adalah agar membuka kesempatan baginya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di masa depan. Memiliki kemampuan untuk berbicara lebih dari satu bahasa akan menjadi nilai tambah bagi anak saat mencari pekerjaan di kemudian hari. Sebab, tak dipungkiri bahwa seiring dengan berjalannya waktu akan semakin banyak bisnis dan pekerjaan lintas budaya yang mengharuskan seseorang berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai negara. 

Mempelajari bahasa asing sejak dini tidak akan mengurangi keterampilan anak dalam menggunakan bahasa ibunya sendiri kok, Ma. Jadi Mama tak perlu khawatir anak akan kehilangan kemampuan berbahasa ibu, sebab pada dasarnya seorang anak memiliki kemampuan otak untuk menguasai keterampilan bahasa dari beragam bahasa dengan cepat.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!