Penyebab Gatal pada Wajah Anak Tanpa Diketahui Pemicunya

Si Anak mengeluh gatal sampai wajahnya digaruk terus hingga lecet. Duh kenapa ya?

19 Mei 2020

Penyebab Gatal Wajah Anak Tanpa Diketahui Pemicunya
Freepik

Rasa gatal yang menyerang bisa jadi hal yang paling menyiksa. Apalagi jika sumber gatalnya tidak diketahui. Mau digaruk, malu dan takut menimbulkan lecet. Tetapi kalau tidak digaruk, bikin tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. 

Salah satu lokasi gatal yang seringkali dialami anak adalah bagian wajah. Rasa gatal ini menyerang bahkan tanpa ada gejala apapun.

Lalu, apakah hal ini merupakan tanda adanya masalah kesehatan? Berikut Popmama.com merangkum informasinya, dilansir dari livestrong.com.

1. Ruam kulit menimbulkan gatal

1. Ruam kulit menimbulkan gatal
Freepik/A3pfamily

Anak rentan mengalami ruam karena paparan dengan alergen atau pun kurangnya menjaga kebersihan setelah bermain di tempat kotor. Beberapa ruam menimbulkan rasa panas mirip terbakar yang tidak nyaman, sebagian lagi menyebabkan gatal. 

Ruam disertai gatal-gatal disebut urtikaria atau hives. Urtikaria atau hives ditandai dengan bintik-bintik merah yang pipih atau menonjol dan lepuh.

Kondisi ini bisa muncul di mana saja di bagian wajah, termasuk kelopak mata dan bibir. 
 

Editors' Picks

2. Ruam kulit tanpa gejala

2. Ruam kulit tanpa gejala
momjunction.com

Ruam gatal di wajah dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi. Biang keringat, misalnya. Ketika saluran keringat tersumbat, ruam pun muncul dengan rasa gatal yang menusuk-nusuk atau benjolan gatal yang memerah. Kondisi ini bisa muncul di daerah leher atau pipi. 

Eksim juga bisa menimbulkan ruam gatal. Tandanya adalah ruam merah dengan benjolan berisi cairan. Biasanya tanpa ada gejala lainnya, murni hanya rasa gatal di kulit. 

Selain biang keringat dan eksim, reaksi alergi terhadap suatu zat, seperti tanaman, bahan kimia dan logam juga bisa menimbulkan ruam gatal jika zat tersebut terpapar dengan kulit wajah.

Dengan alergi kontak, mungkin tidak ada gejala lain yang timbul selain ruam gatal. 

3. Ruam dengan gejala minor

3. Ruam gejala minor
thehealthsite.com

Reaksi alergi yang sistemtik dapat memicu ruam pada wajah, tetapi juga bisa disertai dengan gejala pernapasan dan pembengkakan. Sebagian anak dengan penyakit kelima atau fifth disease tidak menunjukkan gejala lain selain ruam di pipi. Tetapi dalam beberapa kasus, ruam bisa menyebar ke dada, perut dan bagian tubuh lainnya. 

Jika ruam diakibatkan cacar air, selain rasa gatal juga akan muncul gejala lain seperti demam dan menyerupai flu serta penyebaran ruamnya terjadi bagian-bagian tubuh lain. 

4. Bagaimana pengobatan terhadap ruam gatal di wajah?

4. Bagaimana pengobatan terhadap ruam gatal wajah
Freepik/Eva058929

Pengobatan terhadap ruam gatal bergantung pada penyebabnya. Dokter anak mungkin akan meresepkan obat antihistamin yang diminum atau gel emollient untuk kasus seperti dermatitis kontak atau eksim.

Untuk mencegah gatal karena biang keringat, usahakan anak agar tidak banyak berkeringat dan memakai pakaian yang dapat menyerap keringat. Hindari udara yang panas dan lembap dan kondisikan ruangan selalu sejuk dengan kipas angin atau AC. 

Lotion calamine bisa diaplikasikan untuk mengurangi iritasi akibat kontak dengan alergen.

Sebagian ruam dan gatal merupakan indikasi masalah kesehatan yang seringkali tak terdeteksi. Konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat. Terutama jika terjadi pada bagian wajah agar ruam dan lecetnya tidak menimbulkan bekas luka. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.