5 Persiapan Penerbangan Jarak Jauh Bersama Anak

'Posisi menentukan prestasi' itu benar adanya lho, Ma

15 November 2019

5 Persiapan Penerbangan Jarak Jauh Bersama Anak
freepik.com/pressfoto

Liburan ke luar kota atau luar negeri adalah hal yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Tak terkecuali anak-anak. Biasanya, saking gembiranya menyambut liburan, anak-anak sulit tidur di malam sebelumnya. Akibatnya, mereka pun jadi rewel saat menghadapi perjalanan jarak jauh di pesawat selama berjam-jam.

Buat Mama yang baru pertama kali akan menghadapi situasi ini, jangan khawatir, Ma. Yuk bikin perjalanan panjang di pesawat yang membosankan menjadi seru dan tak lagi menegangkan lewat beberapa tips yang Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Siapkan buku dan mainan baru

1. Siapkan buku mainan baru
Pexels/Rawpixel

Untuk menyibukkan anak-anak dan menghalau dari kebosanan, siapkan buku dan mainan untuknya. Bukan hanya buku dan mainan kesayangannya, tetapi juga buku dan mainan baru. Buku dan mainan baru terbukti membuat anak lebih gembira dan bersemangat, sekaligus kerasan karena sibuk mengeksplorasi hal baru yang dimiliknya.
 

Editors' Picks

2. Biarkan mereka menyiapkan tasnya sendiri

2. Biarkan mereka menyiapkan tas sendiri
Freepik/rawpixel

Sama seperti orang dewasa, mempersiapkan perbekalan untuk liburan adalah hal yang menyenangkan. Biarkan anak menyiapkan tas beserta isinya sendiri. Mereka akan bersemangat memilih buku, mainan dan barang-barang lain karena merasa diberi kebebasan seperti halnya orang dewasa. 

3. Memilih kursi yang tepat

3. Memilih kursi tepat
Freepik/Stockvault

Duduk dalam waktu yang lama tentu membuat anak bosan. Solusinya adalah dengan memilih kursi di deretan depan. Selain memberi ruang lebih lega untuk kaki anak berselonjor atau menggelar mainan favoritnya, duduk di kursi deretan depan menghindarkan Mama dari masalah anak menendang-nendang kursi depan yang ditempati orang lain.

4. Hindari naik pesawat lebih dahulu

4. Hindari naik pesawat lebih dahulu
Pexels/Skitterphoto

Kebanyakan orang khawatir ketinggalan pesawat sehingga memutuskan naik pesawat terlebih dahulu. Jika Mama bepergian sendiri atau bersama orang dewasa lain, tak masalah. Tetapi, bagi anak-anak, hal ini bisa jadi masalah lho. Mereka akan bosan di dalam pesawat sembari menunggu penumpang lain naik, walau itu hanya 30 menit lebih lama. Jadi, tunggulah menjelang akhir keberangkatan, barulah naik ke dalam pesawat. Tapi, jangan sampai terlambat ya, Ma.
 

5. Memilih jam penerbangan yang pas

5. Memilih jam penerbangan pas
Pixabay/fujidreams

Jika memungkinkan, pilih jam penerbangan yang pas mendekati jam tidur anak. Entah itu di siang atau pun malam hari. Setidaknya sebagian waktu dari perjalanan dihabiskan dengan tidur dan Mama pun bisa sejenak beristirahat. 

Pengalaman pertama perjalanan panjang dengan anak tentu akan jadi pengalaman yang berkesan. Pastikan menyiapkan camilan yang cukup, obat-obatan dan baju ganti yang mudah diambil. Jadikan liburan ini menyenangkan dan berkesan yang akan diingat anak hingga ia dewasa kelak.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.