Ringankan Rasa Gatal dengan Rekomendasi Obat Gatal untuk Anak-anak

Mengatasi rasa gatal menyiksa pada anak-anak dengan obat yang tepat

17 Mei 2019

Ringankan Rasa Gatal Rekomendasi Obat Gatal Anak-anak
Freepik/Kwanchaichaiudom

Gatal adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh anak-anak. Meskipun jarang sekali berdampak serius, tapi rasa gatal yang menyerang seringkali mengganggu aktivitas.

Sering menjumpai masalah kulit ini pada anak? Berikut ini Popmama.com berikan rekomendasi obat gatal untuk anak yang bisa Mama gunakan untuk mengurangi rasa nyaman yang timbul pada kulit anak.

Cara Mengatasi Gatal dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Gatal Bahan Alami
Freepik/Daviles

Kecuali gatal karena jamur, umumnya gatal karena iritasi atau tidak cocok dengan udara atau lingkungan, bisa diatasi tanpa obat-obatan kimiawi. Bahan-bahan alami ini mudah ditemukan di sekitar rumah dan bisa menjadi pertolongan pertama untuk anak-anak, Ma.

Lidah buaya

Lidah buaya bersifat anti radang dan mendinginkan, cocok untuk meredakan kulit yang gatal dan terasa panas akibat kulit yang terlalu kering. Lidah buaya kaya akan kandungan air sehingga dapat melembapkan dan mengenyalkan kulit.

Minyak kelapa

Rasa gatal akibat psioriasis atau eksim dapat terbantu dengan pengaplikasian minyak kelapa. Minyak kelapa kaya akan protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit. Aplikasikan tipis-tipis secara teratur pada bagian kulit anak yang gatal.

Oatmeal

Bukan hanya enak dimakan, oatmeal juga dapat meredakan rasa gatal di kulit.

Caranya: campurkan dua cangkir oatmeal ke dalam air hangat yang digunakan untuk mandi anak. Bilas dengan air bersih setelahnya. Oatmeal mengandung avenanthramide yang mengurangi peradangan pada kulit.

Editors' Picks

Obat Gatal yang Bisa Dibeli di Apotek

Obat Gatal Bisa Dibeli Apotek
zwitsal.co.id | blibli.com

Jika cara alami tidak cukup meringankan dan menyembuhkan rasa gatal, saatnya Mama beralih ke obat-obat gatal yang dijual di apotek, baik itu dapat dibeli bebas maupun dengan resep dokter. Yang harus diingat, sesuaikan penggunaannya dengan penyebab rasa gatal agar dapat berfungsi maksimal.

Krim Pelembap

Kondisi kulit anak yang terlalu kering dapat juga menyebabkan timbulnya rasa gatal. Jangan biarkan anak terus-menerus menggaruknya ya, Ma. Sebab, menggaruk justru akan membuat kulit menjadi terluka dan mudah terinfeksi apalagi ketika tangan dalam keadaan kotor.

Untuk meredakan rasa gatal yang disebabkan karena kulit kering, Mama dapat menggunakan pelembab yang berbentuk krim atau lotion agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Untuk anak, sebaiknya pilih pelembap yang berbahan ringan serta tidak mengandung zat iritatif seperti parfum dan pewarna. 

Di Indonesia, Mama bisa membeli krim pelembap khusus untuk anak-anak, misalnya dari brand Cussons Baby.

Vistraril

Selain digunakan sebagai obat untuk mengobati kecemasan, Vistraril juga dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal akibat reaksi alergi. Obat yang harus dibeli dengan menggunakan resep dokter ini harus digunakan sesuai dengan aturan pakai karena dapat menimbulkan keracunan atau efek samping serius jika digunakan secara berlebihan.

Atarax

Obat pereda gatal yang satu ini tidak dapat dibeli secara bebas alias harus menggunakan resep dokter ya, Ma. Obat produksi Mersifarma ini berbentuk tablet yang mudah dikonsumsi. Meski demikian jika tidak dalam keadaan terpaksa, penggunaan obat ini sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak terutama jika tidak atas anjuran dokter. 

Salep kortikosteroid

Salep kortikosteroid adalah obat yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti gatal akibat radang, dermatitis, dan lain sebagainya. Yang harus diingat, obat pereda gatal ini hanya dapat digunakan sebagai obat topikal atau terbatas untuk penggunaan luar saja.

Ada beberapa nama salep kortikosteroid yang umum beredar di apotek, misalnya Kalcinol, Desoximetasone, Hydrocortisone dan lain sebagainya. Untuk penggunaannya, oleskan tipis pada kulit anak yang gatal 2 – 3 kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Lotion berbahan zinc

Lotion berbahan zinc sangat penting terutama untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah iritasi ringan dan ruam yang sering terjadi pada anak. Selain itu, zinc dipercaya dapat membantu mengontrol produksi sebum atau minyak pada kulit sehingga dapat mengatasi kulit kering dan mengurangi timbulnya rasa tidak nyaman akibat gatal pada kulit anak.

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat gatal untuk anak-anak. Segera bawa ke dokter anak apabila gejala tidak segera berkurang untuk mencegah kemungkinan adanya penyakit serius lain yang menyertai.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!