Comscore Tracker

10 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

group-image

Saat anak sudah mulai makan, salah satu yang menantang buat aku itu adalah bikin menu atau olahan bahan makanan. Kadang udah masak ini itu, sesuai kebutuhan gizi anak, tapi anaknya justru lagi nggak nafsu makan.

Pas aku baca-baca, sebenernya ada banyak alasan kenapa anak itu mengalami penurunan nafsu makan. Mulai dari sakit, demam, diare, atau ada masalah di gigi dan mulut. Tapi tenang, saat anak lagi nggak nafsu makan, Mama bisa coba olah beberapa jenis makanan sehat berikut ini ya.

Di bawah ini aku coba rangkumkan 10 makanan penambah nafsu makan anak.

1. Alpukat

Pertama ada alpukat, yang bisa jadi makanan penambah nafsu makan anak. Alpukat dikenal sebagai superfood, karena mengandung vitamin, mineral dan lemak tak jenuh. Udah gitu, alpukat punya rasa yang tidak terlalu manis, sehingga bisa diolah dengan beragam bahan makanan sehat lainnya. Kalau anak suka, aplukat bisa juga lho dimakan langsung Ma. Aku sih biasanya dibuat smoothie atau jus buah segar.

2. Bayam

Bayam juga jadi salah satu makanan penambah nafsu makan anak. Sama seperti kacang-kacangan dan sereal, bayam juga mengandung zinc yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak. Sehingga dengan mengonsumsinya, anak jadi lahap makan deh. Aku udah coba sendiri nih, Ma.

3. Daging

Daging baik itu ayam, sapi, ikan, semuanya mengandung zat besi. Dimana zat besi ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak. Sebab, salah satu penyebab nafsu makan berkurang yaitu kekurangan zat besi Ma. Untuk itu, bisa coba berikan daging untuk anak ya!

4. Jahe

Jahe jadi salah satu bahan rempah yang bisa menyehatkan sistem pencernaan anak. Diantaranya bisa bantu meredakan kembung, mual, muntah dan meningkatkan nafsu makan anak. Mama bisa campurkan jahe ke dalam tumisan atau nasi tim ya.

5. Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan yang bisa bantu meningkatkan nafsu makan anak. Kalo menurut penelitian, kacang ini mengandung zinc yang dipercaya bisa bantu menambah nafsu makan anak. Tapi nggak hanya itu, ada juga kandungan protein, asam lemak, serta mineral lainnya, yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh anak.

6. Kentang

Kentang menjadi sumber karbohidrat, yang bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lain, guna meningkatkan nafsu makan anak. Kentang dikenal dengan kandungan zinc yang tinggi. Meski kalo menurut penelitian, zumber zinc yang banyak ada pada daging. Tapi nggak ada salahnya memberikan olahan kentang kepada anak ya, Ma.

7. Minyak ikan

Salah satu dari 10 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak yaitu minyak ikan. Menurut penelitian, minyak ikan mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan rasa kenyang setelah makan, serta bisa meningkatkan nafsu makan juga nih Ma. Mama bisa berikan menu olahan ikan, yang tinggi kandungan omega-3 ya.

8. Sereal

Kalo yang satu ini, tentu sudah nggak asing ya. Sereal dipercaya bisa bantu meningkatkan nafsu makan, sekaligus mempertahankan berat badan anak agar tetap ideal. Untuk sereal, yang disarankan yaitu biji-bijian utuh tanpa tambahan gula ya. Tapi biar ada rasa, Mama bisa juga kok mencampurkan sereal dengan susu formula, ASI, atau susu UHT.

9. Wortel

Wortel merupakan sumber vitamin dan serat, yang bisa bantu meningkatkan nafsu makan anak. Wortel ini bisa diolah menjadi makanan atau minuman. Mama bisa menambahkannya ke dalam sup, tumisan, atau masak dengan bahan makanan lainnya. Selain itu, wortel bisa juga dibuat jus bersama dengan buah-buahan lainnya.

10. Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasi. Yoghurt tinggi akan probiotik, yang dipercaya bisa bantu melancarkan saluran cerna, sehingga keinginan anak untuk makan juga akan meningkat. Di sisi lain, yoghurt ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan gigi anak, karena mengandung kalsium yang berasal dari susu.

Demikian tadi, 10 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak. Bisa langsung dicoba salah satunya ya!

Baca juga:

Saat anak sudah mulai makan, salah satu yang menantang buat aku itu adalah bikin menu atau olahan bahan makanan. Kadang....

Saat anak sudah mulai makan, salah satu yang menantang buat aku itu adalah bikin menu atau olahan bahan makanan. Kadang udah masak ini itu, sesuai kebutuhan gizi anak, tapi anaknya justru lagi nggak nafsu makan.

Pas aku baca-baca, sebenernya ada banyak alasan kenapa anak itu mengalami penurunan nafsu makan. Mulai dari sakit, demam, diare, atau ada masalah di gigi dan mulut. Tapi tenang, saat anak lagi nggak nafsu makan, Mama bisa coba olah beberapa jenis makanan sehat berikut ini ya.

Di bawah ini aku coba rangkumkan 10 makanan penambah nafsu makan anak.

1. Alpukat

Pertama ada alpukat, yang bisa jadi makanan penambah nafsu makan anak. Alpukat dikenal sebagai superfood, karena mengandung vitamin, mineral dan lemak tak jenuh. Udah gitu, alpukat punya rasa yang tidak terlalu manis, sehingga bisa diolah dengan beragam bahan makanan sehat lainnya. Kalau anak suka, aplukat bisa juga lho dimakan langsung Ma. Aku sih biasanya dibuat smoothie atau jus buah segar.

2. Bayam

Bayam juga jadi salah satu makanan penambah nafsu makan anak. Sama seperti kacang-kacangan dan sereal, bayam juga mengandung zinc yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak. Sehingga dengan mengonsumsinya, anak jadi lahap makan deh. Aku udah coba sendiri nih, Ma.

3. Daging

Daging baik itu ayam, sapi, ikan, semuanya mengandung zat besi. Dimana zat besi ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak. Sebab, salah satu penyebab nafsu makan berkurang yaitu kekurangan zat besi Ma. Untuk itu, bisa coba berikan daging untuk anak ya!

4. Jahe

Jahe jadi salah satu bahan rempah yang bisa menyehatkan sistem pencernaan anak. Diantaranya bisa bantu meredakan kembung, mual, muntah dan meningkatkan nafsu makan anak. Mama bisa campurkan jahe ke dalam tumisan atau nasi tim ya.

5. Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan yang bisa bantu meningkatkan nafsu makan anak. Kalo menurut penelitian, kacang ini mengandung zinc yang dipercaya bisa bantu menambah nafsu makan anak. Tapi nggak hanya itu, ada juga kandungan protein, asam lemak, serta mineral lainnya, yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh anak.

6. Kentang

Kentang menjadi sumber karbohidrat, yang bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lain, guna meningkatkan nafsu makan anak. Kentang dikenal dengan kandungan zinc yang tinggi. Meski kalo menurut penelitian, zumber zinc yang banyak ada pada daging. Tapi nggak ada salahnya memberikan olahan kentang kepada anak ya, Ma.

7. Minyak ikan

Salah satu dari 10 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak yaitu minyak ikan. Menurut penelitian, minyak ikan mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan rasa kenyang setelah makan, serta bisa meningkatkan nafsu makan juga nih Ma. Mama bisa berikan menu olahan ikan, yang tinggi kandungan omega-3 ya.

8. Sereal

Kalo yang satu ini, tentu sudah nggak asing ya. Sereal dipercaya bisa bantu meningkatkan nafsu makan, sekaligus mempertahankan berat badan anak agar tetap ideal. Untuk sereal, yang disarankan yaitu biji-bijian utuh tanpa tambahan gula ya. Tapi biar ada rasa, Mama bisa juga kok mencampurkan sereal dengan susu formula, ASI, atau susu UHT.

9. Wortel

Wortel merupakan sumber vitamin dan serat, yang bisa bantu meningkatkan nafsu makan anak. Wortel ini bisa diolah menjadi makanan atau minuman. Mama bisa menambahkannya ke dalam sup, tumisan, atau masak dengan bahan makanan lainnya. Selain itu, wortel bisa juga dibuat jus bersama dengan buah-buahan lainnya.

10. Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasi. Yoghurt tinggi akan probiotik, yang dipercaya bisa bantu melancarkan saluran cerna, sehingga keinginan anak untuk makan juga akan meningkat. Di sisi lain, yoghurt ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan gigi anak, karena mengandung kalsium yang berasal dari susu.

Demikian tadi, 10 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak. Bisa langsung dicoba salah satunya ya!

Baca juga:

Wah anakku suka wortel sih, tapi kadang-kadang aja doyannya. 

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords