11 Cara Menggambar Rumah untuk Anak-Anak

Hai semuanya, pada kesempatan kali ini aku mau kasih tahu 11 cara menggambar rumah untuk anak-anak. Dengan cara ini, Mama bisa mengajarkan anak untuk perlahan-lahan mencurahkan jiwa kreatifitasnya.

Berikut adalah 11 cara menggambar rumah untuk anak-anak yang sudah ku rangkum:

1. Gambarlah persegi panjang

Langkah pertama adalah buat persegi panjang yang nantinya akan menjadi rangka rumah. Jangan membuatnya terlalu panjang dan tipis karena rumah tidak akan terlihat realistis.

Gunakan penggaris untuk menggambar persegi panjang agar seluruh garisnya rapi dan lurus.

2. Buat segitiga di atas persegi panjang sebagai atap rumah

Dasar segitiga harus sejajar dengan bagian atas persegi panjang, buatlah segitiga yang cukup lebar sehingga sudut-sudut bawahnya memanjang melebihi sisi-sisi persegi panjang.

3. Tambahkan cerobong asap dan beberapa panel horizontal pada atap

Untuk membuat cerobong asap, gambarlah persegi panjang yang tinggi dan kurus pada sisi kiri atap. Kemudian, buat persegi panjang horizontal yang lebih kecil di atasnya.

Untuk membuat panel atap, gambarlah garis-garis horizontal dengan jarak yang sama dari satu sisi ke sisi lain. Jumlah panel bebas, tetapi beri jarak yang sama di antara setiap panel.

4. Gambarlah sepasang jendela di bagian depan rumah

Untuk menggambar jendela, buatlah persegi panjang, kemudian gambarlah garis horizontal dan vertikal di tengah-tengah untuk membaginya menjadi empat bagian.

Setelah itu, buat persegi panjang horizontal tipis di bagian bawah, sebagai ambang jendela.

5. Buatlah persegi panjang vertikal di bagian depan rumah sebagai pintu

Pintu harus dimulai dari bawah rumah dan berhenti sebelum atap atau Mama juga bisa menggambar lingkaran di tengah-tengah pintu sebagai knop.

Kalau ingin rumahnya memiliki tangga, gambarlah persegi panjang horizontal tipis di bawah pintu.

6. Warnai rumah untuk menyelesaikan gambar

Untuk membuat rumah menjadi terlihat lebih menarik, langsung saja warnai rumah dengan pensil warna atau krayon.

7. Gambarlah kubus

Selanjutnya, Mama bisa membuat rumah tiga dimensi dengan dasar bentuk menggambar kubus. Untuk menggambar kubus, mulailah dengan membuat belah ketupat horizontal yang tipis.

Setelah itu, gambarlah garis vertikal ke arah bawah dari 3 titik terendah pada belah ketupat. Terakhir, hubungkan ujung garis vertikal yang ada di tengah-tengah ke ujung 2 garis vertikal di sebelahnya.

8. Buatlah atap samping di atas kubus

Untuk menggambar atap samping, mulailah dengan menggambar garis lurus yang miring dari sudut tengah kubus. Lalu, buatlah garis sama panjang seperti garis vertikal yang sebelumnya digambar.

Kemudian gambarlah garis paralel dari sisi kanan kubus yang panjangnya sama dan hubungkan ujung kedua garis dengan sebuah garis lurus. Setelah selesai, hapus garis tambahan di dalam bentuk yang baru saja digambar.

9. Hubungkan sudut kiri atas kubus dengan sudut atap

Gambarlah garis lurus di antara 2 titik untuk menutup atap, ingat garisnya harus miring lalu hapus garis yang ada di dalam rangka rumah.

10. Tambahkan jendela dan pintu pada kedua sisi rumah

Untuk membuat jendela, gambarlah persegi panjang vertikal kecil di sepanjang sisi rumah dan pastikan jaraknya sama serta sisakan ruang buat pintu.

Untuk membuat pintu, gambarlah persegi panjang vertikal yang memanjang dari bagian bawah rumah ke atas, dan sejajarkan tingginya dengan bagian atas jendela.

11. Gambarlah detail akhir untuk melengkapi rumah

Terakhir, Mama bisa menggambar garis-garis bersilangan pada sisi atap untuk membuat sirap dan menggambar cerobong asap di puncaknya.

Untuk membuat pintu dan jendela terlihat lebih realistis, beri warna dan buat lingkaran kecil di pintu sebagai knop. Tambahkan pagar dan gambarlah beberapa pohon agar rumah tampak memiliki halaman.

Itulah informasi mengenai 11 cara menggambar rumah untuk anak-anak, semoga suka ya!

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords