4 Tanda Kanker Pembuluh Darah dan Penyebabnya

Hai Mama dan Papa, kalo ngikutin berita, belakangan ini lagi ramai dibicarakan mengenai kanker darah. Ini karena belum lama ada artis yang dinyatakan meninggal dunia karena penyakit ini.

Banyak yang bilang kanker pembuluh darah ini sama dengan leukimia. Padahal faktanya, kedua penyakit ini berbeda lho, mulai dari tanda hingga penyebabnya.

Buat Mama dan Papa yang mungkin belum tau, yuk simak informasi dari aku di bawah ini mengenai 4 Tanda Kanker Pembuluh Darah dan Penyebabnya.

 

 

Apa itu kanker pembuluh darah?

Menurut yang aku baca dari Cleveland Clinic, kanker pembuluh darah merupakan suatu penyakit yang terjadi ketika tumor jaringan lunak ganas, tumbuh di lapisan bagian dalam dari pembuluh darah. Umumnya kanker jenis ini paling sering memengaruhi kulit, payudara, hati, kepala dan leher.

Kanker pembuluh darah ini bisa dialami oleh siapa saja. Tapi yang paling sering terjadi pada anak-anak dan lansia di atas usia 70 tahun.

Oh iya, kanker pembuluh darah ini berbeda dengan kanker darah atau leukemia ya Ma, Pa. 

4 Tanda Kanker Pembuluh Darah dan Penyebabnya

Tanda kanker pembuluh darah

Sebenernya, menurut situs WebMD, kanker pembuluh darah ini punya gejala atau tanda yang berbeda-beda di setiap orang. Kondisi ini bergantung pada ukuran dan letak pertumbuhan sel kanker. Tapi yang paling umum ada empat tanda yaitu:

  1. Terdapat luka terbuka yang sulit untuk sembuh.
  2. Timbul memar berwarna keunguan yang susah hilang.
  3. Muncul lesi atau bagian kulit yang mengalami kerusakan dan terasa sakit saat disentuh.
  4. Terdapat benjolan atau bengkak di bawah kulit. Kondisi ini makin lama akan terasa semakin sakit.

Selain keempat tanda tersebut ada juga gejala lain yang mungkin dirasakan seperti mual, pusing, penurunan nafsu makan, muntah, penurunan berat badan, hingga rasa nggak nyaman di perut.

Penyebab kanker pembuluh darah

Sejauh ini belum ada penelitian yang bisa menemukan penyebab pasti dari penyakit kanker pembuluh darah ini Ma. Tapi, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang menderita kanker pembuluh darah. Berikut beberapa diantaranya:

  • Memiliki kelainan genetik. Dimana sekitar 3% kanker pembuluh darah menyerang orang yang memiliki risiko kanker akibat kelainan genetik.
  • Pernah menjalani terapi radiasi. Misalnya terapi pengobatan untuk kanker payudara atau jenis kanker lainnya.
  • Terpapar bahan kimia termasuk polivinil klorida, torium dioksida atau arsenik.
  • Mengidap limfedema kronis. Ini merupakan kondisi pembengkakan pada tangan atau kaki, yang terjadi akibat penyumbatan di pembuluh getah bening.

Demikian tadi Ma, Pa, 4 Tanda Kanker Pembuluh Darah dan Penyebabnya. Semoga informasi ini bisa menambah kesadaran kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh ya!

Baca juga:

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords