7 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet dengan Praktis

group-image

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi di dalam kamar mandi adalah tersumbatnya saluran toilet atau WC. Selain bisa menghambat kegiatan atau aktivitas, masalah ini juga bisa menyebabkan WC yang meluap dan kerusakan air pada saluran lainnya.

Oleh karena itu, kali ini aku akan bagikan 7 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet dengan Praktis. Buat Mama Papa yang bingung dalam mengatasi masalah ini, yuk merapat!

7 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet dengan Praktis

1. Menggunakan soda kue dan cuka

Cara pertama yang bisa dicoba oleh Mama Papa dalam mengatasi WC tersumbat adalah dengan menuangkan dua cangkit cuka ke dalam lubang toilet. Tuanglah secara perlahan dan berhati-hati.

Selanjutnya, Biarkan campuran cuka dan soda kue bekerja selama beberapa menit. Siram toilet untuk melihat apakah sumbatan telah hilang.

2. Menggunakan gantungan baju kawat

Berikutnya, Mama Papa bisa menggunakan gantungan baju kawat. Pertama-tama, buka dan luruskan gantungan. Selanjutnya, bungkus ujung kawat dengan kain. Tempelkan ujung kawat yang terbungkus ke saluran pembuangan. Setelah kawat berada di saluran pembuangan, putar, dorong, dan gerakkan dengan gerakan memutar untuk membersihkan saluran pembuangan.

Apabila Mama Papa bisa merasakan ada benda yang menyebabkan penyumbatan, segera dorong benda tersebut kea rah dalam. Selanjutnya, bilas toilet sampai air mengering. Kamu juga bisa rutin melaukan hal seperti ini agar mencegah penyumbatan berkala pada WC.

3. Menggunakan garam

Langkah selanjutnya yang bisa Mama Papa lakukan ketika mengalami penyumbatan pada toilet adalah dengan menggunakan garam. Lho, memangnya bisa? Bisa dong! Kamu hanya perlu mempersiapkan garam setidaknya dua bungkus. Lalu, tuangkan garam secukupnya ke lubang toilet dan diamkan selama kurang lebih 2 jam, atau tergantung seberapa parah kloset kamu tersumbat. 

Setelah mendiamkannya, Mama Papa bisa menyiram lubang toilet dengan menggunakan air panas. Selain mudah dan praktis, garamm merupakan solusi ketika kamu gak mau mengeluarkan banyak pengeluaran.

4. Menggunakan plunger

Plunger menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang memang berfungsi untuk mengatasi permasalahan WC mampet. Alat ini tersedia di beberapa supermarket dan toko peralatan rumah tangga.

Cara penggunaan alat ini juga gak sulit kok, Ma Pa! Pertama-tama, kamu bisa memposisikan mangkok karet ke arah lubang toilet. Selanjutnya, pastikan terdapat air pada lubang. Tekan dan tarik batang plunger ke atas dan bawah secara cepat dan kuat. Kamu bisa mengulangi tindakan ini sampai memastikan tidak ada barang yang bisa menyumbat toilet lagi.

5. Memakai sabun cuci piring dan air panas

Cara kelima yang bisa Mama Papa lakukan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Pertama, tuangkan sabun cuci piring ke toilet. Kemudian dengan hati-hati tuangkan air panas ke dalam lubang toilet.

Selanjutnya, pastikan agar air panas tidak terlalu mendidih. Dan, hanya dnegan dua langkah mudah tersebut toilet kamu sudah tidak terseumbang lagi. Sangat mudah dan simple, bukan?

6. Menggunakan plastic wrap

Kamu pasti bertanya-tanya dan merasa bingung karena apakah cairan ini benar-benar bisa mengatasi masalah WC mampet? Langkah pertama untuk melakukan ini adalah memasang plastic wrap mengelilingi lubang WC hingga rapat dan pastikan tidak ada celah udara sama sekali.

Jika sudah tertutup dengan rapat, segeralah untuk flush WC. Hal tersebut akan mengakibatkan plastik menjadi mengembang. Mama Papa bisa langsung menekan gelembung tersebut agar udara bisa benar-benar masuk ke lubang toilet.

7. Memakai soda api

Soda api juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah WC mampet. Nama kimianya sendiri ialah Sodium Hidroksida atau Natrium Hidroksida (NaOH). Bahan ini dikenal memiliki kekuatan untuk melarutkan penyumbat organik di dalam WC dengan membentuk gelembung air.

Mama Papa hanya perlu menyiapkan sarung tangan, pelindung mata, masker , dan membuka setiap jendela serta pintu di kamar mandi. Tuangkan soda api sebanyak setengah cangkir ke dalam lubang WC, biarkan selama 15 menit. Kamu bisa mengecek apakah toilet masih tersumbat atau tidak.

Itu dia 7 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet dengan Praktis dan bisa dipraktikkan oleh kamu yang mengalami penyumbatan pada WC. Semoga membantu!

 

Baca juga :

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords