9 Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

Mama dan Papa pastinya pernah ngerasain sariwan dong? Kalo udah gini, rasanya mau makan atau ngomong aja sakit ya.

Menurut yang aku baca dari Mayoclinic, sariawan adalah luka terbuka yang berbentuk bulat atau oval. Biasanya bagain tengahnya berawarna putih atau kekuningan, sedangkan bagian pinggirannya berwarna merah. Meski nggak menular, sariawan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di mulut.

Nah buat Mama dan Papa yang belum tau, kali aku mau coba sharing tentang 9 penyebab sariawan dan cara mengobatinya. Simak yuk!

Penyebab sariawan dan cara mengobatinya.

Penyebab sariawan:

  1. Kurang vitamin. Kurang vitamin jadi salah satu penyebab sariawan. Dalam hal ini yang lebih khusus adalah vitamin B12. Makanya Mama dan Papa sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Diantaranya kerang, telur, susu dan daging.
  2. Penggunaan obat-obatan tertentu. Penggunaan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid, misalnya ibuprofen, bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami sariawan. Karenanya jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter mengenai penggunaan obat, dan mintalah metode pengobatan alternatif ya.
  3. Makan makanan pedas, berminyak atau asam. Menurut WebMD, makanan yang terlalu asam, pedas, dan berminyak jadi penyebab sariawan. Tak hanya itu, makanan panas juga meningkatkan risiko yang sama nih Ma.
  4. Perubahan hormon pada perempuan. Pada perempuan, setiap bulannya akan mengalami menstruasi. Nah dalam kondisi ini, kadar hormon dalam tubuh cenderung berubah. Menurut penelitian hal ini bisa bikin mood menjadi berantakan dan tak jarang menyebabkan sariawan.
  5. Gejala penyakit tertentu. Sariawan juga bisa muncul sebagai tanda atau gejala penyakit tertentu. Misalnya orang dengan HIV AIDS, atau penderita radang usus.
  6. Kurang nutrisi. Menurut penelitian, kurang nutrisi juga jadi penyebab sariawan. Diantaranya nutrisi seperti seng, zat besi, kalium dan asam folat.
  7. Ada luka di dalam rongga mulut. Melansir Mayoclinic, luka yang ada pada jaringan atau lapisan di dalam mulut bisa jadi penyebab sariawan. Ini bisa terjadi misalnya saat menyikat gigi atau saat makan sesuatu yang keras.
  8. Sistem imun tubuh menurun. Kalo daya tahan tubuh menurun, Mama dan Papa lebih rentan mengalami sariawan. Ini karena sistem imun yang lemah akan menurunkan kemampuan tubuh melawan penyakit, termasuk sariawan Ma.
  9. Kondisi mulut kering. Mulut kering, selain bikin napas jadi bau, juga bisa menyebabkan sariawan Ma. Karena, mulut kering memungkinkan bakteri dan kuman untuk tumbuh, serta berkembang di dalam rongga mulut.

 

 

Cara mengobati sariawan

Nah setelah tau penyebabnya, aku mau kasih info juga tentang cara mengobati sariawan. Berikut ya Ma!

  • Lakukan kumur dengan air garam.
  • Lakukan kumur dengan air dan soda kue.
  • Mengoleskan madu di titik sariawan.
  • Mengoleskan minyak kelapa di titik sariawan.
  • Mengoleskan lidah buaya di titik sariawan.
  • Konsumsi lebih banyak makanan kaya nutrisi dan vitamin.
  • Perbanyak mengonsumsi yoghurt atau probiotik.

Demikian Ma, Pa, informasi dari aku mengenai 9 penyebab sariawan dan cara mengobatinya. Sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi seimbang, serta perhatikan faktor kebersihan gigi dan mulut, agar terhindar dari sariawan ya. Semoga bisa membantu Ma!

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords