Ibuprofen: Manfaat, Dosis, Efek samping dan Harga

group-image

Waktu anak sakit, apakah Mama perah dapat obat Ibuprofen? Sudah tau belum apa itu obat Ibuprofen?

Menurut yang aku tau, Ibuprofen ini obat yang banyak diresepkan dokter untuk menurunkan demam anak. Kalo udah demam pastinya anak bakal rewel kan ya Ma. Nah obat ini tuh bisa bantu menurunkan demam, sehingga rasa sakit jadi reda dan anak lebih tenang.

Khusus buat Mama, kali ini aku mau sharing tentang Ibuprofen: manfaat, dosis, efek samping dan harga.

 

 

Ibuprofen: manfaat, dosis, efek samping dan harga

Manfaat

Obat Ibuprofen ini tergolong ke dalam obat anti inflamasi nonsteroid atau NSAID, yang bisa bantu menurunkan demam, mengurangi rasa sakit, meredakan nyeri dan peradangan juga Ma.

Nggak cuma buat orang dewasa, anak-anak juga boleh minum obat ini kok Ma. Bahkan FDA juga udah menyetujui penggunaan obat ini untuk anak di atas usia 6 bulan.

Tapi sebelum minum Ibuprofen, konsultasikan diri terlebih dahulu ke dokter ya!

Dosis

  • Dosis untuk dewasa: dua tablet 200 mg, tiap empat sampai enam jam.
  • Dosis untuk anak-anak usia 6 bulan – 1 tahun: 50 mg – 74 mg, tergantung dari berat badan anak.

Efek samping

Berikut ini efek samping minum Ibuprofen yang mungkin muncul, yakni gangguan pencernaan, perut terasa mulas, asam lambung naik, mual, serta muntah.

Tapi perlu diperhatikan jika Mama dan keluarga mengalami efek samping yang lebih serius, sebaiknya hentikan penggunaan obat dan segera periksakan diri ke dokter ya. Efek samping serius ini diantaranya mual hingga muntah darah, sesak napas, telinga berdenging, urine berdarah, tinja berwarana gelap, hingga timbul reaksi alergi di kulit.

Harga

Menurut pengalamanku, obat Ibuprofen bisa di beli di apotek tanpa resep dokter. Buat harganya, saat aku beli itu sekitar Rp 5.000. Tapi tergantung dari jenis dan jumlah tablet yang dibeli ya Ma.

Oh iya, di pasaran obat Ibuprofen dijual dengan beragam merek dagang. Seperti Brufen, Calprofen, Genpril, Midol, Nuprin, Cuprofen, Nurofen, Advil, dan Motrin.

Semoga informasi mengenai obat Ibuprofen: manfaat, dosis, efek samping dan harga ini bisa membantu ya Ma. Tetap yaa, aku ingetin lagi.. yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum minum obat.

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords