20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis

Hai, Ma! Hari ini aku mau sharing tentang 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis

Daerah Jawa Tengah terkenal banget dengan keanekaragaman wisata alam yang menarik perhatian dan banyak didatengi oleh wisatawan. Tapii, masih banyak lhoo wisata alam yang ternyata nggak banyak orang tau dan masih sepi pengujung. Padahal wisata alam tersebut bisa memanjakan mata karena menawarkan pemandangan yang indah sekaligus menjadi inspirasi berlibur di tahun ini.

Penasaran kan apa aja 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis yang wajib untuk dikunjungi? Yukk, langsung simak aja thread di bawah ini yang udah aku lansir dari berbagai sumber. 

1. Pantai Pecaron 

 

Lokasinya ada di bagian selatan Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini masih asri banget dan berada di antara perbukitan hijau jadi nggak keliatan gersang. Selain asri, Pantai Pecaron cukup bersih dan memanjakan mata. 

 

2. Goa Rong

 

Berada di daerah Tuntang, Semarang, destinasi wisata alam ini nggak boleh Mama lewatkan karena menyajikan pemandangan bukit yang indah. Ketinggiannya mencapai 690 meter dari atas permukaan laut, jadi bisa liat pemandangan alam berupa perkebunan karet yang ada di sekitar Goa Rong.

 

3. Pantai Bandengan 

 

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota sekitar 7 km dengan berkendara. Pantai Pandengan punya banyak fasilitas menarik yang mengundang wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini seperti banana boat, flying fish, waterski, dan masih banyak lagi. 

 

4. Putuk Setumbu

 

Buat Mama yang mau liat pemandangan sunrise dan sunset, boleh banget nih mengunjungi Putuk Setumbu yang menawarkan pemandangan Candi Borobudur dan Gunung Merbabu. Putuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.

 

5. Telaga Sunyi

 

Berlokasi di Hutan Wisata Baturaden, Banyumas, wisata alam ini punya pemandangan air telaga yang bersih dan asri lhoo. Tapi, kalo Mama ajak si Kecil harus hati-hati yaa karena kedalamannya bisa mencapai 3 meter. 

 

6. Curuk Cipendok

 

Berada di Desa Karang Tengah, Cilongok, Banyumas. Curuk Cipendok terkenal dengan wisata alam yang sering dijadikan sebagai tempat kemah. Apalagi fasilitasnya udah banyak tersedia seperti tempat parkir dan taman anak-anak.

 

7. Candi Ngempon

 

Candi Ngempon adalah candi Hidu yang berlokasi di Ngempon, Bergas, Kabupaten Semarang. Candi Ngempon terdiri dari candi relatif kembar dan punya ukuran besar. Sayangnya, Candi Ngempon banyak yang hancur dan lagi tahap proses rekontruksi. 

 

8. Hutan Pengaron

 

Terletak di Desa Susukan, Ungaran, Semarang. Hutan Pengaron cocok banget dijadikan sebagai tempat wisata outdoor karena berupa hutan belantara. Apalagi hutannya asri dan masih banyak beberapa jenis satwa burung yang ada di dalam hutan.

 

9. Taman Air Panas Guci


Mama yang lagi ingin merasakan pemandingan air panas bisa mengunjungi wisata alam satu ini lhoo. Lokasinya berada di Bumijawa, Kabupaten Tegal sekitaran bawah kaki gunung Slamet di bagian Utara. 

Areanya cukup luas sekitar 210 hektar dan banyak fasilitas yang tersedia seperti tempat bermain dan restoran.

 

10. Mata Air Cokro

 

Mata Air Cokro populer banget sebagai tempat wisata yang menawarkan mata air yang jernih dan bersih. Bahkan, Mata Air Cokro tuh belum tercampur dengan air PAM lhoo. Pantesan aja yaa jernih banget. Lokasinya ada di Desa Cokro, Tulung, Kota Klaten.

 

11. Brown Canyon

 

Nggak cuma luar negeri aja yang punya wisata canyon tapi Indonesia pun ada Brown Canyon di daerah Semarang. Wisata alam ini jarang banget ada di daerah Pulau Jawa dan sering dijadikan sebagai objek fotografi oleh wisatawan. 

 

12. Pantai Menganti

 

Yuk, mampir ke Pantai Menganti yang menyajikan arus laut dan pemandangan perbukitan yang hijau asri. Lokasinya deket banget sama Pantai Pecaron di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. 

 

13. Air Terjun Kali Pancur

 

Di daerah Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ada wisata alam berupa Air Terjun Kali Pancur yang masih asri dan banyak orang nggak tau. Lumayan jauh dari kota Salatiga karena harus menempuh sekitar 14 km untuk mencapai lokasi ini.

Selain air terjunnya yang indah, Mama bakal melihat pemandangan sungai dan batu-batu alam yang tersedia di wisata alam ini.

 

14. Ketep Pass

 

Deket banget dengan Gunung Berapi, Ketep Pass berada di daerah Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Di sini Mama bakal menemukan museum vulkanis dan bioskop mini sekaligus objek fotografi yang menarik.

 

15. Bukit Gombel

 

Buat yang penasaran dengan indahnya Kota Semarang mending lansung aja mengunjungi Bukit Gombel karena menyajikan pemandangan yang nggak kalah menarik. Banyak banget pemandangan lampu dan keramaian kota yang menarik perhatian beserta keindahan alam lainnya. 

 

16. Air Terjun Montel

 

Berada di kaki Gunung Muria, Air Terjun Montel menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Tinggi air terjunnya bisa mencapai 50 meter dan aman untuk bermain air. Apalagi udaranya cukup sejuk dan air terjunnya terlihat bersih.

 

17. Pantai Pasir Kencana

 

Wisata alam unik selanjutnya aku sarankan Mama mengunjungi jembatan cinta yang ada di Pantai Pasir Kencana. Walaupun menyimpan banyak mitos di dalamnya, wisata alam ini punya panorama yang indah lhoo. Apalagi kalo ajak pasangan, bakal lebih romantis deh. Lokasinya ada di daerah Pekalongan yaa, Ma. 

 

18. Bukit Pangonan

 

Deket banget di daerah dataran tinggi Dieng, menjadikan Bukit Pangonan memiliki panorama yang asri disertai dengan padang savana. Pas kena cahaya matahari di pagi hari, rumput di padang savana akan terlihat menguning seperti coklat keemasan. Bagus banget deh buat dinikmati.

 

19. Tlogo Muncar

 

Tlogo Muncar berada di antara perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang yang berada di daerah Kaliurang. Tlogo Muncar memiliki air terjun setinggi 40 meter dan pohon hijau yang menjulang tinggi sekaligus bikin sejuk. Suhunya juga dingin banget bisa di bawah 20 derajat.

 

20. Benteng Vander Wijck

 

Terakhir, ada wisata yang berasal dari bangunan sejarah zaman penjajahan Belanda dulu sekitar abad ke-18. Atmosfir bangunan ala Belanda masih berdiri kokoh dan meninggalkan kesan kuno di dalamnya. Lokasinya berada di Kota Gombong dengan luas mencapai 3,6 kilometer. 

Demikian 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis yang sudah aku bagikan di atas. Tempatnya emang keren-keren banget yaa nggak sabar mau mengunjungi semua wisata alam itu hihi. 

Hai, Ma! Hari ini aku mau sharing tentang 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis.  Daerah Jawa Tengah terkenal banget....

Hai, Ma! Hari ini aku mau sharing tentang 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis

Daerah Jawa Tengah terkenal banget dengan keanekaragaman wisata alam yang menarik perhatian dan banyak didatengi oleh wisatawan. Tapii, masih banyak lhoo wisata alam yang ternyata nggak banyak orang tau dan masih sepi pengujung. Padahal wisata alam tersebut bisa memanjakan mata karena menawarkan pemandangan yang indah sekaligus menjadi inspirasi berlibur di tahun ini.

Penasaran kan apa aja 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis yang wajib untuk dikunjungi? Yukk, langsung simak aja thread di bawah ini yang udah aku lansir dari berbagai sumber. 

1. Pantai Pecaron 

 

Lokasinya ada di bagian selatan Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini masih asri banget dan berada di antara perbukitan hijau jadi nggak keliatan gersang. Selain asri, Pantai Pecaron cukup bersih dan memanjakan mata. 

 

2. Goa Rong

 

Berada di daerah Tuntang, Semarang, destinasi wisata alam ini nggak boleh Mama lewatkan karena menyajikan pemandangan bukit yang indah. Ketinggiannya mencapai 690 meter dari atas permukaan laut, jadi bisa liat pemandangan alam berupa perkebunan karet yang ada di sekitar Goa Rong.

 

3. Pantai Bandengan 

 

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota sekitar 7 km dengan berkendara. Pantai Pandengan punya banyak fasilitas menarik yang mengundang wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini seperti banana boat, flying fish, waterski, dan masih banyak lagi. 

 

4. Putuk Setumbu

 

Buat Mama yang mau liat pemandangan sunrise dan sunset, boleh banget nih mengunjungi Putuk Setumbu yang menawarkan pemandangan Candi Borobudur dan Gunung Merbabu. Putuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.

 

5. Telaga Sunyi

 

Berlokasi di Hutan Wisata Baturaden, Banyumas, wisata alam ini punya pemandangan air telaga yang bersih dan asri lhoo. Tapi, kalo Mama ajak si Kecil harus hati-hati yaa karena kedalamannya bisa mencapai 3 meter. 

 

6. Curuk Cipendok

 

Berada di Desa Karang Tengah, Cilongok, Banyumas. Curuk Cipendok terkenal dengan wisata alam yang sering dijadikan sebagai tempat kemah. Apalagi fasilitasnya udah banyak tersedia seperti tempat parkir dan taman anak-anak.

 

7. Candi Ngempon

 

Candi Ngempon adalah candi Hidu yang berlokasi di Ngempon, Bergas, Kabupaten Semarang. Candi Ngempon terdiri dari candi relatif kembar dan punya ukuran besar. Sayangnya, Candi Ngempon banyak yang hancur dan lagi tahap proses rekontruksi. 

 

8. Hutan Pengaron

 

Terletak di Desa Susukan, Ungaran, Semarang. Hutan Pengaron cocok banget dijadikan sebagai tempat wisata outdoor karena berupa hutan belantara. Apalagi hutannya asri dan masih banyak beberapa jenis satwa burung yang ada di dalam hutan.

 

9. Taman Air Panas Guci


Mama yang lagi ingin merasakan pemandingan air panas bisa mengunjungi wisata alam satu ini lhoo. Lokasinya berada di Bumijawa, Kabupaten Tegal sekitaran bawah kaki gunung Slamet di bagian Utara. 

Areanya cukup luas sekitar 210 hektar dan banyak fasilitas yang tersedia seperti tempat bermain dan restoran.

 

10. Mata Air Cokro

 

Mata Air Cokro populer banget sebagai tempat wisata yang menawarkan mata air yang jernih dan bersih. Bahkan, Mata Air Cokro tuh belum tercampur dengan air PAM lhoo. Pantesan aja yaa jernih banget. Lokasinya ada di Desa Cokro, Tulung, Kota Klaten.

 

11. Brown Canyon

 

Nggak cuma luar negeri aja yang punya wisata canyon tapi Indonesia pun ada Brown Canyon di daerah Semarang. Wisata alam ini jarang banget ada di daerah Pulau Jawa dan sering dijadikan sebagai objek fotografi oleh wisatawan. 

 

12. Pantai Menganti

 

Yuk, mampir ke Pantai Menganti yang menyajikan arus laut dan pemandangan perbukitan yang hijau asri. Lokasinya deket banget sama Pantai Pecaron di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. 

 

13. Air Terjun Kali Pancur

 

Di daerah Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ada wisata alam berupa Air Terjun Kali Pancur yang masih asri dan banyak orang nggak tau. Lumayan jauh dari kota Salatiga karena harus menempuh sekitar 14 km untuk mencapai lokasi ini.

Selain air terjunnya yang indah, Mama bakal melihat pemandangan sungai dan batu-batu alam yang tersedia di wisata alam ini.

 

14. Ketep Pass

 

Deket banget dengan Gunung Berapi, Ketep Pass berada di daerah Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Di sini Mama bakal menemukan museum vulkanis dan bioskop mini sekaligus objek fotografi yang menarik.

 

15. Bukit Gombel

 

Buat yang penasaran dengan indahnya Kota Semarang mending lansung aja mengunjungi Bukit Gombel karena menyajikan pemandangan yang nggak kalah menarik. Banyak banget pemandangan lampu dan keramaian kota yang menarik perhatian beserta keindahan alam lainnya. 

 

16. Air Terjun Montel

 

Berada di kaki Gunung Muria, Air Terjun Montel menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Tinggi air terjunnya bisa mencapai 50 meter dan aman untuk bermain air. Apalagi udaranya cukup sejuk dan air terjunnya terlihat bersih.

 

17. Pantai Pasir Kencana

 

Wisata alam unik selanjutnya aku sarankan Mama mengunjungi jembatan cinta yang ada di Pantai Pasir Kencana. Walaupun menyimpan banyak mitos di dalamnya, wisata alam ini punya panorama yang indah lhoo. Apalagi kalo ajak pasangan, bakal lebih romantis deh. Lokasinya ada di daerah Pekalongan yaa, Ma. 

 

18. Bukit Pangonan

 

Deket banget di daerah dataran tinggi Dieng, menjadikan Bukit Pangonan memiliki panorama yang asri disertai dengan padang savana. Pas kena cahaya matahari di pagi hari, rumput di padang savana akan terlihat menguning seperti coklat keemasan. Bagus banget deh buat dinikmati.

 

19. Tlogo Muncar

 

Tlogo Muncar berada di antara perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang yang berada di daerah Kaliurang. Tlogo Muncar memiliki air terjun setinggi 40 meter dan pohon hijau yang menjulang tinggi sekaligus bikin sejuk. Suhunya juga dingin banget bisa di bawah 20 derajat.

 

20. Benteng Vander Wijck

 

Terakhir, ada wisata yang berasal dari bangunan sejarah zaman penjajahan Belanda dulu sekitar abad ke-18. Atmosfir bangunan ala Belanda masih berdiri kokoh dan meninggalkan kesan kuno di dalamnya. Lokasinya berada di Kota Gombong dengan luas mencapai 3,6 kilometer. 

Demikian 20 Wisata Alam Jawa Tengah yang Eksotis yang sudah aku bagikan di atas. Tempatnya emang keren-keren banget yaa nggak sabar mau mengunjungi semua wisata alam itu hihi. 

pemandangannya keliatan asri banget

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords