5 Makanan Mentah yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Hallo Ma, saat masa kehamilan mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik merupakan kebutuhan para ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Hal inilah yang perlu diperhatikan untuk para ibu hamil saat ini. Tahukah Mama, bahwa tidak semua olahan makanan dapat Mama konsumsi lho, salah satunya adalah daging mentah. Dengan Mama mengonsumsi daging mentah, dapat menimbulkan beberapa risiko yang akan membahayakan kesehatan sang janin. Selain daging mentah, Kira-kira apa saja ya makanan yang patut dihindari untuk ibu hamil? Simak informasinya!

1. Telur

Meskipun telur memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, ada baiknya untuk menghindari konsumsi telur mentah atau setengah matang ya Ma. Hal ini dikarenakan untuk menghindari dampak buruk yang terjadi, seperti terpapar bakteri Salmonella. Bakteri ini memang tidak berdampak langsung pada janin, tetapi akan berdampak pada ibu hamil yang menyebabkan keracunan. 

2. Susu tanpa pasteurisasi

Susu yang dikonsumsi ibu hamil tanpa melalui proses pasteurisasi akan menyebabkan infeksi pada kehamilan. Hal ini dikarenakan susu berisiko mengandung bakteri bakteri, seperti listeria, salmonella, E.Coli, toksoplasma, Micobacterium bovis, dan Campylobacter. 

Selain menyebabkan infeksi pada kehamilan, mengonsumsi susu tanpa pasteurisasi juga dapat menyebabkan bayi lahir prematur, keguguran, pneumonia pada bayi, serta kelahiran mati. Jadi, sebaiknya konsumsi susu yang sudah melalui proses pasteurisasi ya Ma.

3. Kecambah

Mengonsumsi kecambah dalam keadaan mentah dapat menyebabkan dampak buruk untuk ibu hamil, seperti risiko keguguran dan kelahiran bayi prematur. Jadi, Jika Mama ingin mengonsumsi kecambah pada saat keadaan hamil, sebaiknya konsumsi dalam keadaan matang dan sebelumnya dicuci bersih.

4. Seafood

Seafood memang salah satu makanan yang menggugah selera ya Ma. Akan tetapi, mengonsumsi seafood dalam keadaan mentah bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan penghambatan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil lho Ma. Jenis seafood, seperti kerang, lobster, dan udang harus diolah dengan tingkat kematangan yang sempurna agar tidak membahayakan kondisi janin. Hal ini dikarenakan, jenis seafood tersebut mudah tercemar bakteri dan kuman yang sifatnya beracun. 

5. Ikan

Olahan ikan mentah memang disukai oleh beberapa ibu hamil. Namun, untuk ibu hamil sangat tidak disarankan dan perlu dihindari mengonsumsinya ya. Ikan mentah mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Selain itu, ibu hamil juga harus selektif dalam memilih ikan, hal ini dikarenakan ikan rentan mengandungan merkuri. 

Itulah 5 makanan mentah yang wajib Mama hindari. Pastikan untuk mengonsumsi segala jenis makanan apapun dalam keadaan matang yang sempurna ya Ma, guna menghindari hal yang menyebabkan permasalahan pada kandungan. 

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords