Bolehkah Anak Balita Minum Susu Kedelai?

Susu kedelai tidak kalah dari susu sapi, tapi tidak sebaiknya Mama berikan pada anak balita.

26 September 2021

Bolehkah Anak Balita Minum Susu Kedelai
Freepik

Susu erat kaitannya dengan makanan penuh manfaat bagi anak-anak balita. Mereka membutuhkan susu sebagai sumber nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan. 

Sebenarnya tidak banyak jenis susu yang dapat kamu berikan pada anak balita. Hanya susu ASI dan formulalah yang baik bagi mereka. 

Lalu bagaimana dengan susu kedelai? Susu ini dikenal memiliki banyak manfaat karena terbuat dari tumbuhan lalu kaya akan vitamin dan protein. Sebaiknya Mama tidak sembarang memberikan susu kedelai bagi anak balita terlepas kandungan nutrisi di dalamnya. 

Tidak perlu binggung, Ma! Bersama Popmama.com, kita cari tahu apakah anak balita boleh mengonsumsi susu kedelai.

1. Bolehkah anak balita minum susu kedelai?

1. Bolehkah anak balita minum susu kedelai
Pixabay/bigfatcat

Anak-anak yang berusia 1 tahun ke bawah atau berada di masa pemberian ASI sebenarnya belum boleh mengonsumsi susu jenis lain. Termasuk susu sapi dan susu kedelai. 

Mengutip dari whattoexpect.com, jenis susu yang berasal dari tumbuhan seperti susu kedelai dinilai tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita. Kandungan nutrisi dalam susu kedelai bahkan tidak selengkap kandungan nutrisi pada ASI atau susu formula.

Itulah mengapa tetap berikan anak mama yang berusia di bawah 1 tahun susu ASI atau susu formula saja. Kecuali ada saran atau rekomendasi dari dokter.

Memaksa si Kecil mengonsumsi susu kedelai hanya dapat berakibat buruk. Susu kedelai yang mengandung banyak gula dapat merusak gigi mereka. Mengonsumsi susu kedelai di usia 6 bulan dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terjadinya reaksi alergi di dalam tubuh anak mama. Ada kemungkinan juga anak balita mama memiliki alergi terhadap protein yang ada dalam susu kedelai.

Editors' Picks

2. Bagaimana jika anak mengalami alergi susu sapi?

2. Bagaimana jika anak mengalami alergi susu sapi
Freepik/jcomp

Susu kedelai sebaiknya tidak diberikan kepada anak balita di bawah 1 tahun. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang memiliki kondisi intoleransi laktosa susu sapi atau mengalami gangguan metabolik, seperti galaktosemia.

Bagi anak-anak balita yang memiliki kondisi alergi, mereka boleh minum susu kedelai. Namun pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab sekitar 50% anak yang memiliki alergi susu sapi juga alergi terhadap susu kedelai. 

Jika Mama ingin memberikan si Kecil susu kedelai, pilihlah susu yang terbuat dari kedelai utuh (whole). Pastikan juga tersebut mengandung vitamin A, vitamin D, omega-3, dan kalsium. Penuhi juga kebutuhan vitamin B-12nya, karena vitamin ini hanya terdapat pada makanan hewani. 

3. Di usia berapa anak sebaiknya diberikan susu kedelai?

3. usia berapa anak sebaik diberikan susu kedelai
Pexels/Rawpixel.com

Mama dapat mulai memberikan anak balita susu kedelai ketika mereka menginjak usia 1-5 tahun. Sebab di usia tersebut anak-anak mulai membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dan beragam.  

Pastikan anak-anak mengonsumsi jenis susu kedelai tanpa pemanis. Bagi anak 1-5 tahun, berikan mereka maksimal 2-2.5 gelas maksimal, tidak lebih dari itu. 

Melansir dari mamaknowsnutrition.com, Mama juga dapat memenuhi kebutuhan anak dari kacang kedelai melalui makanan seperti tahu ataupun tempe. 

Anak-anak dengan kondisi yang alergi da[pat mengonsumsi susu kedelai lebih awal, namun perlu dilakukan atas seijin dokter. 

4. Manfaat susu kedelai

4. Manfaat susu kedelai
Pixabay/Bigfatcat

Bagi anak balita yang berusia 1-5 tahun, mereka dapat memperoleh berbagai nutrisi dari susu kedelai. 

Susu kedelai merupakan minuman dengan protein nabati yang tinggi. Minuman sehat ini juga memiliki sejumlah vitamin seperti tiamin, folat, riboflavin, dan vitamin D, E, dan K. 

Susu kedelai dikenal rendah lemak, bebas kolesterol, rendah sodium, bahkan tidak mengandung laktosa. Kandungan di dalam susu kedelai mendukung kesehatan dan perkembangan si Kecil. Kandungan rendah lemaknya menurunkan risiko masalah jantung dan obesitas pada anak. 

Meskipun bermanfaat, ingat berikan anak mama susu kedelai ketika mereka berusia 1 tahun ya. Memberikan anak susu kedelai terutama di masa pemberian ASI dapat mendatangkan bahaya bagi mereka, Semoga bermanfaat.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.