5 Cara Mendidik si Kecil agar Bersikap Ramah pada Orang Lain

Anak mama sulit untuk bersikap ramah pada orang lain? Yuk ketahui cara mendidiknya melalui cara ini

13 Mei 2020

5 Cara Mendidik si Kecil agar Bersikap Ramah Orang Lain
Freepik/pressfoto

Sebagai orangtua, sangat penting bagi untuk selalu membekali tumbuh kembang si Kecil dengan hal-hal yang baik. Tidak hanya bagi perkembangan tubuhnya, tetapi juga terhadap perkembangan sikap dan perilakunya. 

Mama pastinya menginginkan anak untuk memiliki sikap yang ramah dan sopan ketika berhadapan dengan orang lain. Sehingga anak dapat berinteraksi dengan dan disukai oleh orang-orang disekitarnya.

Untuk itu, Mama perlu mengajarinya agar sikap ramah dapat bertumbuh seiring perkembangannya.

Tidak perlu binggung Ma, Popmama.com akan membagikan 5 cara mendidik anak untuk bersikap ramah kepada orang lain. 

1. Mulai membiasakan si Kecil menggunakan sapaan yang benar

1. Mulai membiasakan si Kecil menggunakan sapaan benar
Freepik/Rawpixel.com

Sebelum Mama mengajarkan cara menyapa yang baik, pertama-tama, Mama perlu untuk mulai memberitahukannya mengenai sapaan ramah dan sopan yang perlu ia gunakan ketika menyapa orang lain. 

Mama dapat mulainya dengan mengajari ucapan yang sopan saat menyapa orang-orang terdekat dalam keluarga. Seperti mengajari si Kecil memanggil anggota keluarga yang lebih tua yang lebih tua menggunakan sebutan 'om', 'tante', atau 'kakak'. 

Ketika Mama membiasakan hal ini pada anak, nantinya kebiasaan itu akan terbawa seterusnya . Itu akan terlihat ketika si Kecil menyapa orang lain dengan ramah tanpa perlu perintah darimu.

Editors' Picks

2. Ajak si Kecil untuk selalu tersenyum

2. Ajak si Kecil selalu tersenyum
healthengine.com.au

Anak memang lucu, tapi ketika ia tersenyum akan membuatnya semakin lucu dan menarik. Senyum di wajahnya juga akan memberi kesan kalau ia merupakan orang yang ramah. Untuk itulah mengapa tersenyum menjadi penting dalam indikasi ramah di mata orang lain. 

Mama bisa mengajarkan si Kecil untuk tersenyum sejak dini. Mama dapat mempraktikkannya di depan si Kecil agar memudahkannya untuk mengerti apa yang kamu maksud.

Mama juga dapat menjelaskan pada si Kecil kalau ia murah senyum menandakan bahwa ia telah bersikap ramah pada orang lain, dan itu sangat bagus.

3. Beritahu dan tunjukan cara menyalam yang benar

3. Beritahu tunjukan cara menyalam benar
thestir.cafemom.com

Sebagai orangtua, si Kecil akan lebih memperhatikan dan meniru perilakumu. Untuk itu, berikanlah contoh yang baik terutama dalam memberikan salam.

Beritahukan kepadanya dengan memberi salam berarti si Kecil menghargai orang lain di hadapannya. Ini juga akan membuat si Kecil mengerti tindakan yang baik dan buruk.

Ketika Mama sering mengajarkan si Kecil hal-hal yang baik, maka semakin sering juga ia akan melakukan hal baik tersebut.

4. Biarkan si Kecil berada di sampingmu saat tamu berkunjung

4. Biarkan si Kecil berada sampingmu saat tamu berkunjung
sittercity.com

Apa yang anak mama lakukan ketika ada tamu di rumah? Mungkin ia bersikap malu-malu atau menghindari terjadinya pertemuan jika kamu tidak membujuknya. Tanpa kamu sadari, peristiwa yang satu ini ternyata dapat mejadi salah satu cara mendidiknya bersikap ramah. 

Cobalah ajak si Kecil untuk duduk dan diam di ruangan yang sama denganmu ketika ada tamu yang datang ke rumahmu. Wajar jika dia tidak ikut berbicara, dan itu tidak masalah. Daripada membiarkannya pergi bermain di ruangan yang lain. 

Pengalamannya berinteraksi bersama tamu akan memberikan pembelajaran hidup yang bagus saat berinteraksi, menyapa, dan memberi salam pada orang lain. 

5. Berikan si Kecil hadiah sederhana sebagai bentuk apresiasi

5. Berikan si Kecil hadiah sederhana sebagai bentuk apresiasi
Pixabay/Free-Photos

Memberikan hadiah pada anak juga ternyata dapat menjadi sebuah cara untuk mengajarkannya bersikap ramah.

Memberinya hadiah akan membuatnya merasa segala usahanya dihargai dan semakin termotivasi untuk melakukannya. Dalam kasus ini, itu akan membuatnya semakin bersikap ramah ada sesama.

Mama tidak perlu memberikan hadiah yang terlalu mewah.

Cukup berikan dia hadiah kecil seperti kue atau bisa juga melalui pujian. Namun perlu diingat, ada baiknya Mama tidak memberinya hadiah dan pujian terlalu sering. Karena dapat membuatnya memiliki sikap pamrih tehadap segala hal. 

Mama perlu menamkan hal-hal baik pada diri si Kecil dengan penuh cinta, agar ia memahami dan mau melakukan apa yang kamu berikan kepadanya. Selalu berikan contoh yang baik padanya, khususnya selama proses pembelajarannya.

Itulah cara mendidik anak agar ramah pada orang lain sedini mungkin. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.