Lakukan 6 Hal Menyenangkan saat Perjalanan Libur Panjang Bersama Anak

Kegiatan sederhana ini dapat menghilangkan rasa bosan anak sepanjang perjalanan lho, Ma

25 Desember 2020

Lakukan 6 Hal Menyenangkan saat Perjalanan Libur Panjang Bersama Anak
Freepik/rawpixel.com

Menjelang libur panjang di akhir tahun, tidak sedikit dari kita yang memanfaatkan waktu melakukan perjalanan berlibur bersama keluarga menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan panjang seperti itu sering sekali membuat si Kecil tidak betah dan merasa bosan. Apalagi jika tempat yang kamu tuju sangatlah jauh dan perlu waktu berjam-jam untuk tiba di sana. 

Ada beberapa hal yang dapat Mama dan lakukan untuk menghibur si Kecil selama di perjalanan. Hal-hal ini juga sangatlah mudah untuk dilakukan jadi tidak ada salahnya jika kamu ingin mencobanya di perjalanan liburan akhir tahun kali ini. 

Untuk itu, Popmama.com mengulas beberapa kegiatan menyenangkan saat perjalanan libur panjang bersama anak yang bisa Mama lakukan. Apa saja ya? Temukan jawabannya di sini!

1. Bermain

1. Bermain
yuuworld.com

Bermain merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan rasa bosan anak sepanjang perjalanan liburan. Meskipun hanya berada di kendaraan, ada banyak permainan sederhana yang dapat Mama mainkan bersama anak-anak. 

Ajak anak-anak untuk bermain games sederhana, seperti menghitung jumlah truk, bus, atau objek tertentu lainnya di sepanjang jalan. Mama juga dapat mengajaknya untuk bermain ABC 5 dasar, tebak kata, ataupun juga sambung kata. 

2. Beristirahat

2. Beristirahat
Freepik/prostooleh

Faktanya, permainan dan obrolan yang ramai tidak selalu dapat menghilangkan rasa lelah dan bosan yang si Kecil alami. Terkadang, istirahat saja cukup untuk menghibur si Kecil di sepanjang perjalanan kalian. 

Perjalanan yang panjang tentunya sangat melelahkan. Rasa lelah ini membuat anak jadi tidak semangat berada dalam kendaraan. Untuk itu, Mama dapat memberikan waktu baginya untuk beristirahat tidur atau berhenti di rest area agar tubuhnya kembali fit untuk melanjutkan perjalanan liburan kalian. 

Editors' Picks

3. Makan cemilan sepanjang perjalanan

3. Makan cemilan sepanjang perjalanan
bestshinecarwash.com

Sebenarnya makan camilan ringan dapat menjadi salah satu cara menghilangkan rasa lelah dan bosan berada di kendaraan untuk waktu yang sangat lama. Cara satu ini dapat Mama terapkan agar membuat anak tetap bersemangat. 

Sediakan beberapa makanan ringan dan minuman ringan sepanjang perjalanan. Berikan makanan dan minuman tersebut pada anak ketika ia mulai bosan di jalan. 

Sebagai tambahan, Mama dapat meminta anak untuk memperhatikan detail makanan dan minuman yang ia konsumsi. Apa bentuknya, rasanya, besar atau kecil, juga bahan apa yang terkandung di dalamnya. Ini dapat menjadi satu cara membuat perjalanan panjang jadi tidak terasa. 
 

4. Bercerita

4. Bercerita
Freepik/drobotdean

Perjalanan yang memakan waktu sangat lama tentunya membosankan. Namun akan jadi lebih membosankan lagi jika sepanjang jalan tidak terdengar suara apapun. 

Mama dan Papa dapat mengajak si Kecil bercerita sepanjang perjalanan untuk membuatnya tetap bersemangat dan terhibur. Kamu dapat bercerita apapun, baik itu cerita fiksi kesukaan anak, cerita pengalamanmu, atau bahkan cerita yang kamu buat sendiri. Selama itu menghibur, cerita yang aneh ataupun tidak nyambung pun tidak menjadi masalah. 

Mama dan keluarga juga dapat melakukan permainan bercerita sederhana. Misalnya Mama menyebutkan satu kalimat, lalu dilanjutkan oleh Papa, dan si Kecil dengan kalimat yang berbeda. Lakukan seterusnya sampai membentuk sebuah cerita. 
 

6. Mendengarkan musik

6. Mendengarkan musik
Pexels/Ketut Subiyanto

Menghabiskan waktu yang sangat lama di perjalanan akan mudah menguras energi anak-anak. Untuk mengatasinya, Mama dapat memutarkan lagu-lagu kesukaan si Kecil dalam kendaraan sepanjang perjalanan kalian. 

Mendengarkan lagu dikatakan dapat membantu anak mengalihkan pikirannya dari rasa jenuh dan bosan. Khususnya ketika terjadi hal-hal tidak menyenangkan seperti macet di jalanan. 

Selain mendengarkan, Mama juga dapat mengajak si Kecil ikut menyanyikan lagu yang ia dengarkan agar tetap membuatnya terhibur juga bersemangat. 

5. Perjalanan dengan mobil yang dimodifikasi

5. Perjalanan mobil dimodifikasi
amazon.com

Umumnya Mama melakukan perjalanan liburan dengan kendaraan biasa bukan? Pernah terbayang tidak Ma, jika sewaktu-waktu Mama melakukan liburan dengan mobil yang telah dimodifikasi hingga bagian belakangnya memiliki kasur untuk beristirahat. Wow!

Hal tersebut dengan mudahnya dapat memberikan hiburan bagi si Kecil ketika melakukan perjalanan. Meski begitu, tetap pastikan ia untuk berada pada posisi duduk dan memakai seat belt. Barulah ketika berhenti di rest area, ia boleh bermain di atas kasur di mobilmu. 

Itu penting sekali lho Ma, sebab mobil tersebut telah dirancang sedemikian rupa pembagian duduknya untuk masing-masing penumpang. Dan akan sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan saat anak bermain di atas kasur. Risikonya akan menjadi lebih fatal. 

Itulah kegiatan menyenangkan saat perjalanan libur panjang bersama anak. Akhir kata hiburan dan kebahagiaan sepanjang perjalanan memang penting. Namun keselamatan dan keamanan perjalanan liburanmu lebih penting lagi. Maka dari itu, tetap pastikan keamanan dalam perjalanan liburanmu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.