Menambah Energi, Temukan 7 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Anak

Minuman tradisional ini menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh si Kecil.

22 Oktober 2020

Menambah Energi, Temukan 7 Manfaat Jamu Beras Kencur Anak
Stephealthylife.wordpress.com

Mama tahu mengenai jamu beras kencur? Beras kencur merupakan sebutan minuman penyegar asal Jawa. Di sana, jamu beras kencur sendiri sangatlah populer karena memiliki rasa yang manis juga menyegarkan.

Pada dasarnya, minuman ini tergolong sebagai jamu karena memiliki berbagai khasiat bagi tubuhmu dan tubuh si Kecil. Tentu saja bermanfaat, minuman satu ini dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti beras dan rimpang kencur.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat diperoleh ketika si Kecil mengonsumsi beras kencur. Jamu ini membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umumnya terjadi pada tubuh anak-anak. 

Simak pembahasan selengkapnya di Popmama.com ya, Ma!

Yuk, telusuri berbagai manfaat jamu beras kencur untuk anak dan kesehatannya berikut ini.

1. Meningkatkan energi pada tubuh

1. Meningkatkan energi tubuh
Activekids

Di usia pertumbuhannya, si Kecil pastinya sangat aktif dan senang bermain. Untuk itu, Mama perlu memastikan ia memiliki energi yang cukup untuk aktivitasnya sehari-hari. 

Meminum jamu beras kencur merupakan salah satu solusinya, Ma. Jamu ini diketahui mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan memulihkan energi. Tidak hanya itu, jamu beras kencur juga dapat mengatasi tubuh yang lelah. 

Ajak si Kecil meminum jamu beras kencur setiap malamnya sebelum tidur. Esok pagi, ia pasti merasa tubuhnya lebih segar dan bertenaga. 

2. Meredakan batuk

2. Meredakan batuk
homeremediesfororalthrush.com

Terkadang batuk yang menyerang anak mama bisa menjadi hal yang menyebalkan, apalagi jika batuk tersebut tak kunjung sembuh. Kondisi ini jelas sangat menganggu Mama dan si Kecil.

Kini Mama tak perlu lagi pusing, sebab jamu beras kencur merupakan obat batuk alami yang sangat berkhasiat. Kencur sendiri dikenal sebagai obat batuk alami juga pelega tenggorokan, tak heran jamu ini dapat mengobati batuk. 

Untuk memperoleh manfaat maksimal, anak-anak dapat mengonsumsi jamu beras kencur sebanyak 3 kali sehari. Pastikan ia tetap meminumnya hingga gejala batuk benar-benar sudah hilang. 

Editors' Picks

3. Meningkatkan nafsu makan anak

3. Meningkatkan nafsu makan anak
Pixabay/LuidmilaKot

Tidak selamanya anak-anak makan dengan nafsu dan lahap. Ada saja waktu-waktu tertentu ia menjadi tidak nafsu makan, dan menolak makanan yang kamu berikan. Jika itu terjadi, Mama dapat memberikan si Kecil segelas jamu beras kencur, hangat ataupun dingin.  

Salah satu manfaat dari jamu beras kencur lainnya ialah membantu meningkatkan nafsu makan si Kecil. Jamu beras kencur memiliki kandungan curcumin di dalamnya.

Zat curcumin dalam jamu beras kencur dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan selera makan anak. Zat ini juga dapat menangkal radikal bebas, membantu memperbaiki metabolisme, juga menghalau peradangan.

Sedikit informasi buatmu, zat curcumin sering ditemukan pada obat-obat penambah nafsu makan. 

4. Mengatasi flu

4. Mengatasi flu
Freepik/Tashahorse1984

Ketika anak-anak flu, sebaiknya mereka mengonsumsi minuman dan makanan hangat, salah satunya mereka dapat mencoba jamu beras kencur. 

Tidak hanya berkhasiat mengatasi batuk, jamu beras kencur juga sangat bermanfaat dalam menangkal flu. Kandungan kencur dalam minuman ini dapat memberikan efek hangat yang melegakan, khususnya hidung yang tersumbat akibat flu.

Gejala flu seperti mual dan meriang pun dapat diatasi dengan konsumsi jamu beras kencur secara teratur.

5. Membantu mengatasi diare

5. Membantu mengatasi diare
Mottchildren.org

Sebuah jurnal internasional pernah membahas manfaat dari jamu beras kencur. Mereka melaporkan bahwa minuman tradisional ini dapat mengatasi diare. 

Kencur berkhasiat meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah. Sifat anti bakteri yang dimilikinya juga dapat membantu mengatasi bakteri penyebab diare.

Meminum jamu beras kencur juga dapat mengatasi penyakit perut lainnya, seperti kembung.

6. Obat antiinfeksi alami

6. Obat antiinfeksi alami
pharmamum

Jamu beras kencur ternyata juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi. Keduanya membuat minuman ini berkhasiat menyembuhkan berbagai infeksi dan radang. 

Ketika anak mama terkena penyakit akibat infeksi, untuk meringankan kondisinya Mama dapat memberikannya jamu beras kencur. Manfaat jamu ini diperoleh dari kandungan kencur di dalamnya yang merupakan antibakteri alami. 

7. Mencegah tumbuhnya sel berbahaya

7. Mencegah tumbuh sel berbahaya
nursingcenter.com

Terakhir, namun tidak kalah penting, jamu beras kencur ternyata dapat membantu mencegah tumbuhny sel berbahaya seperti kanker lho.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kencur bereaksi terhadap berbagai garis sel kanker. Ini dapat terjadi karena beberapa hal yaitu akibat adanya konstituen kimia aktif dalam kencur, yang meliputi galangin, 4-hydroxycinnamaldehyde, curcuminiods, dan diarylheptanoids.

Reaksi-reaksi tersebut dapat menghambat terjadinya pertumbuhan tumor atau sel kanker pada tubuh.

Jamu beras kencur juga dapat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antiosidan ini membuat tubuh si Kecil terhindar dari beragam penyakit berbahaya, semisal gagal ginjal, dan penyempitan pembuluh darah.

Mama mungkin masih bertanya-tanya, apakah aman memberikan jamu pada si Kecil.

Sebenarnya ketika anak sudah lepas dari masa pemberian ASI eksklusif yaitu 6 bulan, boleh saja kamu memberikannya jamu. Karena pada dasarnya jamu terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya. 

Itulah 7 manfaat jamu beras kencur untuk anak, Ma. Mudah ditemukan atau dibuat sendiri kan. Selamat mencoba ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.