7 Cara Membuat Anak Semakin Dekat dengan Papanya

Sosok Papa biasanya digambarkan dengan sifat kaku, cuek, dan cenderung galak

1 Desember 2020

7 Cara Membuat Anak Semakin Dekat Papanya
Unsplash/Danielle MacInnes

Terkadang, Mama menjadi sosok yang paling dekat dengan anak-anaknya. Hal ini karena biasanya Mama memiliki waktu yang lebih banyak bersama si Kecil saat di rumah. 

Terlebih, Mama merupakan orangtua yang selalu ada untuk anak. Bahkan sejak dalam kandungan hingga tidak heran apabila anak lebih merasa nyaman, aman, dan dekat dengan Mamanya. 

Sementara sosok Papa, lebih dikenal sebagai pribadi yang kaku, cuek, atau galak di mata anak-anak. Jadi, hal tersebut lah yang mungkin menyebabkan tidak adanya kedekatan antara Papa dengan anak. 

Meski demikian, bukan berarti Papa tidak bisa memiliki kedekatan dengan buah hati, lho. Ada beragam cara yang dapat Papa lakukan untuk menciptakan hubungan erat dengan anak. Seperti yang telah Popmama.com rangkum berikut ini, Pa. 

Kedekatan Papa dan si Kecil berikan banyak manfaat

Kedekatan Papa si Kecil berikan banyak manfaat
Pexels/Naassom Azevedo

Orangtua perlu mengetahui bahwa kedekatan antara Papa dan anak memiliki banyak manfaat. Baik dari segi psikologis maupun sosial. Berikut manfaat hubungan erat bagi Papa dan anak:

  • meningkatkan perkembangan fisik dan mental anak,
  • mencegah stres dan meningkatkan rasa percaya diri Papa,
  • ikatan Papa dengan anak yang kuat dapat membantu mengatasi masalah, seperti depresi di kemudian hari,
  • anak-anak yang dekat dengan Papa cenderung lebih berhasil secara akademis,
  • anak memiliki hubungan yang lebih baik dengan teman sebayanya, dan
  • anak cenderung tidak terlibat dalam kejahatan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang, serta alkohol.

Maka, penting bagi Papa untuk membangun kedekatan dengan anak sedini mungkin agar berbagai manfaat di atas bisa didapatkan. 

Cara membuat anak dekat dengan Papanya

Cara membuat anak dekat Papanya
Unsplash/Istiaque Emon

Setelah mengetahui fakta bahwa hubungan Papa dan anak yang dekat memiliki banyak manfaat. Berikut cara yang bisa dilakukan agar anak dekat dengan Papanya. Langsung praktikkan yuk, Pa!

1. Kasih sayang dalam bentuk perhatian

1. Kasih sayang dalam bentuk perhatian
Unsplash/Brittani Burns

Sudah sepatutnya bagi setiap orangtua untuk memberikan kasih sayang dan cinta bagi anak-anaknya. Papa dapat memanfaatkan cara ini agar si Kecil merasa dekat. 

Kasih sayang dapat ditunjukkan dalam beragam hal. Salah satunya dengan memberikan perhatian pada anak, Pa. Misalnya, menenangkan anak saat sedang sedih atau menangis. Papa juga bisa melindunginya ketika anak merasa ketakutan. 

Perhatian ini dapat berupa kata-kata positif maupun sentuhan fisik, seperti pelukan, pegangan tangan, atau bahkan dengan menggendong anak. Ciptakan suasana yang aman dan nyaman sehingga anak merasa lebih dekat dengan Papa. 

Cara tersebut tidak hanya membantu untuk menjalin kedekatan saja, tetapi juga dapat melatih anak belajar simpati dan empati. Jika Papa menunjukkan perilaku-perilaku penuh perhatian ini sejak kecil, anak pun akan terbiasa melakukan hal yang sama hingga dewasa.

Editors' Picks

2. Ciptakan kedekatan melalui makan bersama

2. Ciptakan kedekatan melalui makan bersama
Pexels/Tatiana Syrikova

Semua orang tampaknya memahami betul bahwa Papa tidak bisa menjadi sosok yang selalu ada bagi anak. Hal ini karena Papa memiliki kewajiban untuk bekerja sehingga akan jarang bertemu anak. 

Namun tidak perlu khawatir karena Papa tetap bisa membangun kedekatan dengan anak melalui cara sederhana. Misalnya, dengan makan bersama sebelum atau sepulang berkegiatan dari luar rumah. 

Cobalah untuk menyiapkan dan menyuapi anak. Meskipun hal ini mungkin akan sulit dilakukan karena anak biasa makan dengan Mamanya, tidak ada salahnya untuk dicoba, Pa. 

Teruslah berusaha agar anak tertarik untuk makan bersama. Papa bisa menyuapi si Kecil dengan cara kreatif, seperti menyanyikan lagu atau menyediakan mainan kesukaannya saat waktu makan tiba. 

3. Luangkan waktu senggang untuk bermain

3. Luangkan waktu senggang bermain
Pexels/Josh Willink

Setiap Papa mungkin akan setuju bahwa anak merupakan salah satu pelepas penat yang cukup ampuh setelah seharian bekerja. Untuk itu, sebisa mungkin Papa dapat meluangkan waktu bersama anak. 

Manfaatkan hal ini untuk bermain bersama. Anak-anak usia 1–3 tahun biasanya sangat senang bermain. Jadi, buatlah anak merasa aman dan nyaman saat bermain dengan Papa. 

Bermain bersama dapat dilakukan di mana saja. Mulai dari kamar, ruang keluarga, maupun di halaman luar rumah. Percayalah bahwa bermain bersama bisa menciptakan kedekatan antara Papa dengan si Kecil, meskipun hanya sebentar. 

4. Membantu Mama merawat si Kecil

4. Membantu Mama merawat si Kecil
Pexels/Vlada Karpovich

Ketika Papa memiliki waktu luang di rumah, sebisa mungkin untuk membantu Mama merawat si Kecil. Selain meringankan pekerjaan istri, cara ini dapat meningkatkan kedekatan Papa dengan anak, lho. 

Hanya perlu kemauan dan cara sederhana saja. Misalnya, menggantikan popok anak saat penuh atau memandikan anak dengan membawa mainan kesukaannya.

Selain itu, Papa bisa membantu dengan mengenakan pakaian hingga sepatu anak. Lakukanlah kegiatan ini dengan mengajak anak bernyanyi bersama sehingga terasa lebih menyenangkan. 

5. Komunikasi sederhana bisa membangun kedekatan

5. Komunikasi sederhana bisa membangun kedekatan
Pexels/Josh Willink

Komunikasi merupakan kunci atau hal yang paling penting dalam suatu hubungan. Tak terkecuali dalam hubungan Papa dengan anak-anak. 

Jalinan komunikasi yang baik dapat menciptakan kedekatan antara Papa dengan si Kecil, lho. Usahakan untuk membangun komunikasi bersama anak sejak dini. 

Misalnya, Papa bisa mengajak anak berbicara saat memberikan susu atau mengganti popok bayi meski belum bisa merespon. Sementara ketika anak memasuki usia balita, ajaklah mereka untuk bercerita. Tanyakan apa yang telah dilakukannya selama satu hari itu atau ajak diskusi film kartun kesukaan anak. 

Iringi setiap percakapan dengan sendau gurau yang mengundang senyum atau tawa anak. Hal ini akan menciptakan suasana nyaman pada anak. Kebiasaan bercerita ini juga dapat membuat anak lebih terbuka pada orangtuanya. 

6. Berikan dukungan serta pujian pada anak

6. Berikan dukungan serta pujian anak
Pexels/Tatiana Syrikova

Lingkungan yang baik akan membantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka, berikanlah anak dukungan secara penuh atas segala hal yang menjadi keputusannya. Cara seperti akan membuat anak merasa lebih dekat dengan Papa. 

Dukungan dapat dilakukan dalam beragam cara, seperti menawarkan bantuan saat anak melakukan sesuatu atau mengutarakannya melalui kalimat-kalimat positif. Apabila anak berhasil, jangan ragu untuk memberikan pujian, Pa. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi. Jadi, anak akan tergerak untuk melakukan sesuatu yang lain dengan lebih baik. Namun, jangan segan juga untuk menegur atau memberi hukuman apabila anak melakukan kesalahan ya, Papa. 

7. Hindari bersikap keras atau memaksa anak, Pa

7. Hindari bersikap keras atau memaksa anak, Pa
Pexels/Vlada Karpovich

Jika Papa ingin memiliki kedekatan dengan buah hati. Hindari untuk bersikap keras, seperti memaksa pada anak. Hal ini akan menciptakan rasa tidak nyaman bagi anak. 

Ketika anak tidak mau menuruti perkataan atau perintah Papa, sebaiknya jangan terlalu memaksa. Apabila Papa bersikap keras dan penuh emosi, anak justru akan semakin memberontak juga membangkang. 

Perilakukanlah anak dengan lembut serta penuh kasih sayang. Jika ingin melarang atau memerintahkan suatu hal, jelaskan secara perlahan disertai dengan alasannya agar anak dapat mengerti. 

Itulah 7 tips meningkatkan kedekatan antara Papa dengan si Kecil. Tetap sabar dan semangat dalam menjalin hubungan yang lebih erat dengan anak. Papa pasti bisa, kok!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.