Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan si Kecil

1 Juli 2020

Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Buah Nanas Kesehatan si Kecil
Pexels/Migs Reyes

Nanas merupakan buah yang cukup lezat. Memiliki cita rasa manis dan asam yang menyegarkan. Nanas juga mempunyai kandungan vitamin dan zat bergizi lain sehingga baik untuk kesehatan. 

Buah nanas diperkaya dengan enzim pencerna protein yang disebut bromelain. Bromelain adalah enzim, khususnya enzim protease, yang ditemukan di batang dan buah nanas. Selain itu, nanas juga adalah buah yang banyak memiliki fitokimia, termasuk bioflavonoid dan tanin.

Maka, penting untuk Mama mengenalkan buah nanas bagi si Kecil karena banyak mengandung manfaat. Buah nanas dapat dimakan langsung sebagai buah potong atau diolah menjadi salad maupun jus. 

Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com rangkum kandungan bermanfaat dari buah nanas dan efek baiknya bagi kesehatan. 

1. Kandungan nutrisi dalam buah nanas

1. Kandungan nutrisi dalam buah nanas
Pexels/Snapwire

Mengutip fallhillpediatrics, nanas dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral. Nanas kaya akan vitamin C dan mangan, masing-masing memberikan 131% dan 76% dari rekomendasi kebutuhan tubuh harian.

Seperti yang Mama tahu, vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Sedangkan mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, mempertahankan metabolisme tubuh yang sehat dan memiliki sifat sebagai antioksidan.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels/Karolina Grabowska

Nanas merupakan buah yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan selama sembilan minggu dengan memberi makan 98 anak-anak yang sehat baik tanpa nanas, nanas (140 g) atau banyak nanas (280 g) setiap hari untuk melihat apakah itu meningkatkan kekebalan mereka.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah.

Kemudian, anak-anak yang makan nanas paling banyak memiliki hampir 4x lipat sel darah putih (granulosit) lebih banyak sehingga lebih baik dalam melawan penyakit daripada anak-anak yang makan nanas sedikit atau tidak sama sekali. 

3. Antioksidan yang baik sebagai penangkal penyakit

3. Antioksidan baik sebagai penangkal penyakit
Pexels/Pixabay

Nanas adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan merupakan molekul yang membantu tubuh melawan stres oksidatif, keadaan di mana terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya.

Namun, dengan mengonsumsi nanas yang banyak mengandung antioksidan maka tubuh dapat menangkal beragam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Kandungan antioksidan dalam nanas juga banyak yang terikat, jadi lebih mungkin memiliki efek tahan lama pada tubuh, Ma. 

4. Membantu sistem pencernaan lebih lancar

4. Membantu sistem pencernaan lebih lancar
Pexels/Naomi Shi

Melansir laman Healthline, Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Bromelain ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein ke dalam blok, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein tersebut dipecah sehingga lebih mudah diserap di usus kecil. Kandungan bermanfaat dalam nanas ini dapat sangat membantu orang-orang dengan kekurangan pankreas, di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Dengan mengonsumsi nanas dengan kandungan bromelain maka sistem pencernaan si Kecil akan bekerja lebih baik dan lancar, Ma. 

5. Mempercepat pemulihan operasi dan olahraga berat

5. Mempercepat pemulihan operasi olahraga berat
Pexels/Marta Ortigosa

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau berolahraga. Hal ini karena sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain yang terdapat dalam nanas.

Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan rasa sakit yang sering terjadi setelah operasi. 

Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bromelain sebelum operasi gigi dapat berkurang rasa sakitnya secara signifikan. 

Olahraga berat juga dapat merusak jaringan otot sehingga menyebabkan peradangan di sekitarnya. Namun, mengonsumsi nanas yang mengandung bromelain dapat mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan olahraga berat tersebut. 

Itulah beberapa manfaat buah nanas untuk anak yang baik bagi kesehatan tubuhnya. Jadi, Mama tidak perlu ragu lagi memberikan buah nanas pada si Kecil. Dengan catatan, berikan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.