TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Mainan untuk Anak Speech Delay, Latih Kemampuan Bicara

Gunakan mainan ini, yuk!

15 September 2022

7 Mainan Anak Speech Delay, Latih Kemampuan Bicara
Freepik/Jcomp

Jika anak mengalami speech delay (keterlambatan bicara), orangtua harus memberikan dukungan penuh. Selain memeriksakan anak ke dokter, orangtua juga bisa memberikan penanganan mandiri.

Tujuannya agar kemampuan bicara anak terstimulasi dengan baik. Sehingga, si Kecil dapat berbicara sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Salah satu cara mengatasi speech delay adalah dengan memberikan mainan sebagai stimulasi. Lantas, apa saja mainan untuk anak speech delay?

Berikut ulasan Popmama.com. Simak penjelasannya, yuk!

1. Buku cerita

1. Buku cerita
Freepik/Racool Studio

Buku cerita adalah mainan untuk anak speech delay.

Ajak anak untuk membaca buku cerita bersama. Dengan cara ini, anak mengenal beragam kosakata. Sesekali minta anak untuk mengulangi kata tertentu dalam buku cerita.

Agar menarik perhatian anak, pilih buku cerita bergambar. Pastikan buku cerita juga mengangkat tema atau topik yang sesuai dengan minat anak.

2. Permainan balok

2. Permainan balok
Freepik/Freepik

Dilansir Speech Ease, permainan blok bangunan adalah mainan untuk anak speech delay yang cukup efektif.

Mainan ini biasanya terbuat dari balok kayu. Apabila disusun, balok kayu akan berbentuk bangun tertentu. Cara menggunakan mainan balok mirip dengan permainan lego. 

Permainan balok ini dapat memicu kreativitas serta imajinasi si Kecil. Selain itu, permainan balok cukup efektif untuk melatih kemampuan bicara dan bahasa anak. 

Editors' Picks

3. Puzzle

3. Puzzle
Freepik/Freepik

Selain permainan balok, puzzle juga termasuk mainan untuk anak speech delay. Permainan ini dapat mendukung kemampuan berbahasa dan berbicara si Kecil.

Ada baiknya pilih puzzle dengan gambar binatang agar anak mengetahui nama binatang tersebut. Dengan cara ini, anak belajar kosakata baru dengan cara yang menantang.

Setelah anak berhasil menyusun puzzle, ajak dia untuk mengenali karakteristik binatang tersebut. Kemudian, minta anak untuk mengulangi karakteristiknya. 

4. Mobil-mobilan

4. Mobil-mobilan
Freepik/Freepik

Mobil-mobilan adalah mainan untuk anak speech delay.

Mainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Mobil-mobilan dapat merangsang kemampuan motorik dan kognitif anak.

Saat bermain mobil-mobilan bersama, ajak anak berinteraksi. Sehingga, anak mengetahui kosakata tertentu, seperti kata "dorong, "tarik", atau "ambil".

Ajarkan juga kosakata lain dengan memantik pertanyaan pada anak. Contoh pertanyaannya, "Apa warna mobil ini?"

5. Rumah boneka

5. Rumah boneka
Freepik/8photo

Salah satu mainan untuk anak speech delay yang menarik dan efektif adalah rumah boneka. 

Dengan mainan ini, si Kecil belajar mengenali beragam peran sekaligus melatih kemampuan berbicara. Ajak anak untuk bermain boneka agar kemampuan berbahasanya berkembang.

Mainan ini juga bisa merangsang ingatan dan memperluas kosakata anak.

6. Mainan binatang

6. Mainan binatang
Freepik/PV Productions

Mainan binatang juga termasuk mainan untuk anak speech delay.

Dengan mainan ini, orangtua bisa mengajak anak untuk mencari nama binatang atau meniru suara binatang. Sehingga, anak belajar mengenal kosakata baru. 

Orangtua juga bisa mengajak anak untuk bermain peran dengan menggunakan mainan binatang, agar anak terlatih untuk memulai obrolan dengan orang lain.

7. Tenda mainan

7. Tenda mainan
Freepik/Lookstudio

Bermain kemah dengan dengan tenda adalah salah satu cara melatih anak yang mengalami speech delay.

Mainan untuk anak speech delay ini cukup efektif merangsang anak berbicara dan berbahasa. Orangtua juga dapat melatih kemandirian anak dengan mainan ini.

Nah, itulah 7 mainan untuk anak speech delay.

Selain memberikan anak mainan sebagai stimulasi, berikan juga terapi yang tepat untuk si Kecil. Sehingga, anak bisa segera berbicara sesuai perkembangan umurnya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk