TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Obat Sariawan Anak 3 Tahun di Apotek yang Efektif Redakan Nyeri

Obat sariawan anak 3 tahun ini efektif bantu redakan nyeri lho

22 September 2022

5 Obat Sariawan Anak 3 Tahun Apotek Efektif Redakan Nyeri
Freepik/Yanadjana

Anak juga rentan mengalami sariawan. Apalagi jika anak sering mengunyah makanan dengan tekstur keras atau tak sengaja menggigit bibir. 

Meski sariawan cenderung bisa sembuh sendiri, tapi rasanya perih dan tidak nyaman. Bahkan, sering kali anak menjadi tidak nafsu makan saat luka sariawan tersenggol makanan.

Untuk itu, ada baiknya segera berikan obat sariawan anak, ya. Berikut daftar obat sariawan anak 3 tahun di apotek yang dirangkum Popmama.com.

1. Ibuprofen

1. Ibuprofen
Freepik/Wirestock

Obat sariawan anak 3 tahun di apotek ini cukup populer dan aman. Pasalnya, ibuprofen bisa dikonsumsi anak yang berumur lebih dari 6 bulan.

Obat ini tergolong obat pereda nyeri yang dapat mengurangi peradangan karena bersifat antiinflamasi.

Selain sering dikonsumsi saat demam, obat ini juga dapat mengatasi sariawan. Bahkan khasiat ibuprofen lebih efektif ketimbang paracetamol.

Meskipun bisa mengatasi sariawan, jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter agar penggunaan ibuprofen tidak membahayakan si Kecil.

Editors' Picks

2. Kortikosteroid

2. Kortikosteroid
Freepik/Azerbaijan_stockphoto

Obat sariawan anak 3 tahun di apotek selanjutnya adalah kortikosteroid. Obat dengan kandungan kortikosteroid dapat mengatasi sariawan anak yang cukup parah.

Meskipun obat ini bisa didapatkan di apotek, tapi harus atas resep dokter, ya.

Obat sariawan ini berbentuk salep mulut yang berfungsi sebagai antiperadangan. Salah satu obat yang mengandung kortikosteroid adalah triamcinolone acetonide.

3. Benzocaine (Obat Topikal)

3. Benzocaine (Obat Topikal)
Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Obat sariawan anak 3 tahun di apotek ini dapat meredakan nyeri. Hindari penggunaan untuk anak di bawah 2 tahun, ya.

Benzocaine (Obat Topikal) bisa jadi solusi bila obat pereda nyeri lainnya tidak dapat mengatasi sariawan. Umumnya, obat ini berbentuk obat kumur atau gel oles. 

Perlu diingat, obat yang bisa didapatkan di apotek ini harus sesuai dengan resep dokter. Bahkan, penggunaannya pun tidak boleh sembarangan. Ada batas waktu yang harus diperhatikan.

4. Obat antijamur

4. Obat antijamur
Freepik/User7920588

Apabila sariawan disebabkan oleh infeksi jamur, berikan obat sariawan anak 3 tahun di apotek yang bersifat sebagai antijamur.

Lantaran penyebabnya tidak bisa dipastikan sendiri, diperlukan pemeriksaan dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antijamur bila sariawan anak memang disebabkan infeksi jamur.

Jadi, obat ini mungkin beredar di apotek tapi harus didapatkan sesuai resep dokter.

5. Obat antiseptik

5. Obat antiseptik
Freepik/Whitebearstudio

Chlorhexidine gluconate adalah salah satu obat sariawan yang berfungsi sebagai antiseptik. Obat dengan kandungan chlorhexidine gluconate termasuk obat sariawan anak 3 tahun di apotek.

Obat ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri di mulut serta meredakan peradangan akibat sariawan. Obat antiseptik ini biasanya berbentuk obat kumur.

Konsultasikan dulu penggunaan obat ini pada dokter agar tidak memberikan efek samping berbahaya untuk si Kecil.

Itulah 5 obat sariawan anak 3 tahun di apotek.

Ingat, ya, beberapa obat bisa didapatkan dengan mudah di apotek. Namun, pembelian beberapa obat sariawan anak harus sesuai dengan resep dokter.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk