9 Rekomendasi Mainan Anak Laki-Laki 2 Tahun Paling Banyak Disukai

Pilih mainan yang bisa melatih perkembanganya ya, Ma!

17 Januari 2022

9 Rekomendasi Mainan Anak Laki-Laki 2 Tahun Paling Banyak Disukai
Freepik

Anak akan mengalami perkembangan yang cukup pesat di usia 2-3 tahun. Misalnya saja anak laki-laki pada usia tersebut mulai banyak tingkah dan berbicara. Hal tersebut wajar-wajar saja terjadi, karena disebut sebagai periode golden age.

Tentunya di usia ini sebagai orang tua bisa memberikan berbagai mainan anak laki-laki 2 tahun yang dapat melatih perkembangannya.

Untuk menemukan berbagai jenis mainan tentu mudah sekali. Namun, untuk anak laki-laki berusia 2 tahun ada mainan tersendiri yang tepat dipilih, seperti halnya berikut ini yang sudah Popmama.comrangkum.

1. Papan tulis

1. Papan tulis
Blibli.com

​​​​​​Papan tulis bisa menjadi mainan yang tepat untuk anak laki-laki pada usia 2 tahun. Pasalnya di usia ini anak akan mempunyai imajinasi yang tinggi, sehingga adanya papan tulis bisa dijadikan sebagai media untuk berimajinasi.

Selain itu, anak di usia 2 tahun juga mempunyai rasa ingin tahu lebih besar serta banyak penemuan-penemuan yang didapatkan. Adanya papan tulis ini bisa dijadikan anak untuk menggambar sesuka hati. Setidaknya apa yang ada di imajinasi anak dapat tertuangkan dalam media tersebut. 

2. Sepeda roda tiga

2. Sepeda roda tiga
Pixabay/Hainguyen1982

Kebanyakan anak di usia ini cenderung lebih aktif bermain di luar rumah. Hal ini disebabkan anak akan banyak hal yang ingin diketahui dan itu akan ditemui saat berada di luar rumah. Dalam rangka menunjang keaktifan anak, orang tua bisa memberikannya mainan berupa sepeda roda tiga.

Keuntungan yang didapatkan dengan memberikan mainan ini yaitu dapat melatih keseimbangan anak. Di sisi lain, saat berada di luar ruangan anak akan berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Belum lagi mendapatkan hal-hal baru yang dapat meningkatkan perkembangan anak.

3. Blocks

3. Blocks
Freepik/Maria-sbytova

Rekomendasi mainan anak yang selanjutnya yaitu blocks atau menyusun balok-balok. Keuntungan yang didapatkan oleh anak jika bermain ini yaitu belajar menyusun. Selain itu, anak laki-laki yang berusia 2 tahun dengan adanya permainan ini dapat mengasah daya pikir.

Lebih sering memainkannya, maka anak akan mudah untuk memecahkan berbagai masalah. Apalagi jika balok-balok tersebut mempunyai warna dan bentuk unik, ketertarikan anak akan semakin meningkat. Di sisi lain juga bisa belajar mengenal bentuk dan warna. 

Editors' Picks

4. Buku

4. Buku
Pexels/mentatdgt

Meskipun anak di usia 2 tahun belum bisa membaca, tetapi memberikan mainan berupa buku juga bisa membantu perkembangan anak. Dalam hal ini sangat disarankan untuk memilih buku yang berisi gambar dan berwarna. Dari sinilah anak dapat meningkatkan imajinasinya serta mengenal warna-warna.

Adapun jenis buku yang bisa dipilih seperti gambar-gambar hewan, tanaman, animasi dan lain sebagainya. Sedangkan orang tua juga bisa membacakan buku cerita tersebut sebelum anak tidur. Selain itu, petunjuk arah untuk memperhatikan pemilihan buku yang tidak mudah robek. 

5. Puzzle

5. Puzzle
Lazada.co.id

Rekomendasi mainan anak laki-laki 2 tahun selanjutnya yaitu puzzle. Mungkin para orangtua sudah tidak asing lagi dengan jenis permainan yang satu ini. Ada banyak Puzzle yang dapat dipilih seperti halnya angka, huruf, karakter hewan dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya puzzle yang dimasukkan ini mengharuskan anak untuk memasukkan angka atau huruf dengan tepat. Permainan sederhana ini mampu meningkatkan kemampuan motorik anak. Selain itu, juga bisa membantu anak untuk mengenal berbagai angka dan huruf. 

6. Truk pemadam kebakaran

6. Truk pemadam kebakaran
id.aliexpress.com

Anak laki-laki pasti suka dengan permainan yang berhubungan dengan alat transportasi. Di sini orang tua bisa memilih truk pemadam kebakaran yang mempunyai bentuk unik.

Di usia 2 tahun ini anak akan banyak tingkah, sehingga mainan ini bisa membuat anak melatih imajinasinya.

Imajinasi anak memang luar biasa, sehingga truk pemadam kebakaran bisa dijadikan untuk membuat cerita. Apalagi saat ini mainan tersebut mudah untuk didapatkan.

Namun, saat membelinya alangkah lebih baik jika mengajak anak agar mempunyai kesempatan dalam memilih sesuatu yang disukai.

7. Balok kayu berwarna-warni

7. Balok kayu berwarna-warni
shopee.co.id

Rekomendasi mainan yang cocok untuk anak laki-laki berusia 2 tahun yaitu balok kayu Berwarna-warni. Salah satu keuntungan yang didapatkan jika memilih mainan ini yaitu dapat memperkenalkan berbagai bentuk bangun datar seperti segiempat, segitiga, lingkaran, kotak dan lainnya.

Sedangkan pada balok kayu yang tersedia tersedia lubang dengan berbagai bentuk bangun datar. Jadi, disini anak akan dilatih untuk mencocokkan mana bentuk yang sesuai. Bahkan, apalagi jika mainan yang dipilih berwarna, tentu akan melatih anak untuk mengenal berbagai warna. 

8. Dokter-dokteran

8. Dokter-dokteran
tokopedia.com

Mainan dokter-dokteran juga bisa dipilih untuk anak laki-laki berusia 2 tahun. Adanya permainan ini dapat mengenalkan anak pada beberapa alat kedokteran. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dapat meningkatkan imajinasi anak untuk menjadi seorang dokter. 

Selain itu, dokter-dokteran juga bisa membantu anak untuk bisa meningkatkan cara berpikir kreatif. Di sini orang tua bisa berperan sebagai pasien dan anak akan menjadi dokternya. Bisa juga membeli jas putih yang pas untuk anak, agar lebih menjiwai menjadi dokter kecil.

9. Mainan kolintang

9. Mainan kolintang
tokopedia.com

Rekomendasi mainan terakhir yang bisa dipilih untuk anak berusia 2 tahun yaitu kolintang. Ini merupakan mainan edukasi yang dapat membantu anak untuk melatih kepekaan saraf pendengaran. Apalagi pada usia tersebut anak mulai banyak berbicara, sehingga orang tua dapat mengenalkan lagu-lagu sederhana.  

Keuntungan yang didapatkan dengan adanya mainan kolintang yaitu dapat meningkatkan gerak motorik halus. Belum lagi adanya berbagai warna pada setiap tangga lagunya, jadi bisa melatih anak untuk mengenal warna. 

Jadi mana mainan anak laki-laki 2 tahun yang akan Mama pilih? Dari semua rekomendasi tersebut sebenarnya semua mainan dapat dipilih, dikarenakan sangat membantu perkembangan anak di usia tersebut. Bahkan, mainan-mainan tersebut mudah didapatkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk