5 Jenis Vitamin B yang Baik untuk Tumbuh Kembang Balita

Ternyata vitamin B6 bisa memaksimalkan fungsi organ tubuh bagian dalam anak balita

11 Desember 2019

5 Jenis Vitamin B Baik Tumbuh Kembang Balita
Freepik/Freepic.diller

Tentunya sebagai orangtua Mama sering memberikan sang buah hati multivitamin agar tubuhnya dapat bekerja dengan baik, sehingga si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal.

Salah satu vitamin yang tidak boleh terlewat selama masa pertumbuhan anak balita adalah vitamin B.

Menurut Health Communities, bahwa vitamin B sangat penting untuk kesehatan dan berperan penting pada fungsi organ maupun jaringan tubuh.

Di mana vitamin B dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti sayuran atau hewani.

Pada kesempatan kali ini Popmama.com akan memaparkan mengenai 5 jenis Vitamin B beserta manfaatnya yang baik untuk tumbuh kembang anak balita. Berikut penjelasan lebih detail mengenai manfaat ragam vitamin B:

1. Vitamin B1 (thiamine) yang dapat memproduksi energi anak balita

1. Vitamin B1 (thiamine) dapat memproduksi energi anak balita
Freepik/Prostooleh

Vitamin B1 (thiamin) berperan penting untuk memproduksi energi dan membantu melindungi sistem saraf dari segala jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada anak usia dini.

Medical Xpress memaparkan dari sebuah studi baru Universitas Tel Aviv yang diterbitkan dalam Maternal and Child Nutrition, jika kekurangan vitamin B1 tentunya sangat memengaruhi fungsi motorik anak-anak pra-sekolah.

Sementara untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa memberikan si Kecil makanan kaya vitamin B1 seperti jagung, biji bunga matahari, ikan, kacang polong, kacang hijau dan roti gandum.

Selain itu berikan juga mereka daging merah dan ikan yang disajikan dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.

2. Vitamin B2 (riboflavin) yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak

2. Vitamin B2 (riboflavin) membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak
Unsplash/Kim Gorga

Jenis vitamin B yang kedua adalah vitamin B2 (riboflavin).

Vitamin B2 memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh anak balita seperti menjaga kesehatan kulit, mata, lapisan usus dan sel-sel darah agar tetap sehat.

Dikutip dari Live Science, bahwa vitamin B2 yang dikenal sebagai riboflavin adalah salah satu dari delapan vitamin B-kompleks. Jenis vitamin ini berperan untuk pertumbuhan dan kesehatan anak yang baik secara keseluruhan.

Cara terbaik agar si Kecil mendapatkan vitamin B2 yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya akan riboflavin.

Sementara riboflavin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ada di dalam kandungan telur, kedelai, produk susu, daging, brokoli, jamur dan sayuran berwarna hijau.

Editors' Picks

3. Vitamin B6 (pyridoxine) berperan penting untuk masa pertumbuhan anak balita secara maksimal

3. Vitamin B6 (pyridoxine) berperan penting masa pertumbuhan anak balita secara maksimal
Freepik

Selain vitamin B2, ada juga vitamin B6 yang tak kalah pentingnya membentuk hemoglobin untuk mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Vitamin B6 (pyridoxine) sangat dibutuhkan si Kecil dalam masa pertumbuhannya, karena vitamin ini membantu organ dalam tubuh untuk dapat bekerja secara maksimal.

SmartyPants Vitamins mengatakan bahwa asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan adalah 2 mg untuk anak-anak di atas usia 4 tahun dan 0,66 mg pada anak usia di bawah 4 tahun.

Orangtua dapat memberikan anak asupan vitamin B6 dari makanan seperti daging atau hati sapi, ikan tuna, pisang, dan bayam yang dapat mendukung sistem pencernaannya dengan baik.

4. Vitamin B9 (folic acid) yang berperan untuk memproduksi sel darah merah pada tubuh anak

4. Vitamin B9 (folic acid) berperan memproduksi sel darah merah tubuh anak
Pexels/Buenosia Carol

Selanjutnya ada vitamin B9 yang berperan penting dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh anak.

Dikutip dari DrWeil.com, di mana vitamin B9 lebih dikenal sebagai folat atau asam folat (bentuk sintetis) yang dapat membantu menenangkan dan memelihara sistem saraf maupun fungsi otak.

Sedangkan AKG harian vitamin B9 untuk anak-anak dari usia 1-3 tahun sebesar 150 mikrogram dan 4-8 tahun sebanyak 200 mikrogram.

Sumber vitamin B9 bisa ditemukan pada brokoli, kacang polong, asparagus, bayam, dan sereal.

5. Vitamin B12 (cobalamin) berfungsi untuk menjaga sistem saraf anak

5. Vitamin B12 (cobalamin) berfungsi menjaga sistem saraf anak
Unplash/Caroline Attwood

Sementara pada jenis vitamin B12 juga sangat penting Mama berikan untuk sang buah hati.

Manfaat dari vitamin B9 ialah dapat mengubah makanan menjadi energi dan menjaga sistem saraf tubuh anak agar tetap sehat. Bahkan vitamin ini mampu melawan asma yang menyerang anak usia dini.

Menurut Kantor Suplemen Makanan dari National Institutes of Health (NIH) yang dilansir dari Health Communities, nutrisi penting dari vitamin B12 bisa ditemukan dalam sumber makanan hewani seperti ikan salmon, daging, susu dan telur.

Demikianlah pemaparan mengenai lima ragam jenis manfaat vitamin B untuk anak balita. Untuk mendapatkan manfaat vitamin B secara maksimal, sebaiknya menerapkan pola makan dengan gizi seimbang sejak anak usia dini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.