5 Manfaat Konsumsi Keju untuk Proses Tumbuh Kembang Anak Balita

Ayo, sajikan cemilan sehat dari olahan keju

17 Juni 2019

5 Manfaat Konsumsi Keju Proses Tumbuh Kembang Anak Balita
Freepik

Menurut Livestrong.com, bahwa keju merupakan sumber kalsium yang baik dan menyediakan banyak protein. Keju juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral penting.

Sementara anak-anak cenderung memilih makanan dan lebih menyukai makanan yang berasa gurih. Nah, salah satu solusinya adalah membuat cemilan sehat dengan memerhatikan kandungan nutrisi maupun rasa gurih pada makanan tersebut.

Penggunaan keju sebagai bahan dasar makanan terbilang sangat baik bagi pertumbuhan anak-anak. Berikut ada 5 manfaat keju yang penting untuk proses tumbuh kembang anak-anak yang sudah dirangkum oleh Popmama.com :

1. Menunjang perkembangan otak anak

1. Menunjang perkembangan otak anak
Freepik

Dilansir dari Healthline Media, ternyata para peneliti menyimpulkan bahwa produk susu seperti keju bisa menjadi sumber anti oksidan yang baik. Sifat anti oksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak dalam mencegah degenerasi.

Selain itu keju juga mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3 yang berguna untuk menunjang pertumbuhan maupun perkembangan otak si Kecil.

Inilah mengapa cemilan sehat berbahan dasar keju dapat mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak-anak secara optimal.

2. Menunjang pertumbuhan anak

2. Menunjang pertumbuhan anak
Pexels/Tabitha Mort

Banyak orangtua yang mengkhawatirkan anaknya menjadi kegemukan jika mengonsumsi keju.

Padahal keju terkandung lemak baik seperti asam lemak omega-3 yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak, sehingga tidak menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Sementara dalam setiap sajian 28 gram atau 1 lembar keju cheddar terdapat 9 gram kandungan lemak. Jumlah lemak tersebut setara dengan 14% dari kebutuhan lemak harian.

Asalkan dikonsumsi dengan porsi seimbang, lemak pada keju tidak berpotensi meningkatkan risiko anak menjadi obesitas atau gangguan kesehatan lainnya.

Selain itu keju mengandung zat yang disebut dengan CLA (Conjugated Linoleic Acid). Senyawa ini merupakan bentuk modifikasi dari asam lemak omega-3 dan asam linoleat yang bisa dijadikan sebagai nutrisi tambahan dalam menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan anak-anak. 

Editors' Picks

3. Memperkuat tulang dan gigi anak

3. Memperkuat tulang gigi anak
Freepik/Freepic.diller

Dikutip dari Livestrong.com, bahwa kalsium sangat penting bagi anak-anak untuk pertumbuhan tulangnya. Oleh karenanya keju maupun produk susu lainnya adalah sumber terbaik untuk sumber mineral dan bagian dari diet sehat bagi sebagian besar anak balita.

Susu merupakan bahan dasar pembuatan keju. Di mana keju mengandung banyak kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

Keju pun juga mengandung nutrisi lainnya seperti magnesium, potassium, fosfor dan juga zat besi yang dapat mencegah risiko keropos tulang (osteoporosis) dan menguatkan otot-otot tubuh anak.

4. Pencegah stres

4. Pencegah stres
Freepik/Freepic.diller

Jika anak kekurangan kandungan gizi pada makanan kemungkinan dapat menyebabkan pertumbuhannya tidak optimal dan suplai gizi yang diperlukan tubuh pun menjadi tidak tercukupi, sehingga menimbulan stres pada usia dini.

Oleh karena itu Mama dapat memberikan si Kecil keju yang mengandung tryptophan, yakni suatu senyawa alami yang mampu meningkatkan kualitas tidur dan meminimalkan stres pada anak-anak.

Menyajikan camilan sehat seperti keju tentunya bisa membuat si Kecil menjalani harinya merasa lebih rileks dan tenang.

5. Sumber energi anak

5. Sumber energi anak
Freepik/fabrikasimf

Dilansir dari Doctor.ndtv, bahwa keju dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak. Bakteri baik dalam keju mampu meningkatkan kesehatan usus dalam melawan infeksi.

Pemberian satu lembar roti tawar yang disajikan dengan keju cheddar ternyata mengandung banyak kalori dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan energi anak-anak setiap harinya.

Saat memiliki energi yang cukup, maka anak akan menjalani harinya dengan semangat dan tidak lemas saat beraktivitas.

Demikian 5 manfaat keju untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Dengan mengetahui manfaat keju untuk anak-anak, ada baiknya Mama membuat kreasi makanan berbahan dasar keju untuk membantu meningkatkan selera makan sang buah hati.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;