Bisa Cegah Corona dan Penyakit Lain, Ajarkan Cuci Tangan Sejak Dini

Langkah sederhana ini efektif menjauhi anak dari penyakit

2 Maret 2020

Bisa Cegah Corona Penyakit Lain, Ajarkan Cuci Tangan Sejak Dini
pediatriccenterofroundrock.com

Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara efektif untuk mencegah berbagai penyakit. Maka, tidak heran jika hal tersebut sudah diajarkan sejak dini.

Nah, salah satu bagian dari menjaga kebersihan diri yang paling penting adalah mencuci tangan.

Frekuensi tangan kita bersentuhan dengan benda sangat tinggi. Otomatis, bakteri dan virus yang berkumpul di telapak tangan pun sangat banyak. Jika tidak rajin dicuci, bakteri dan virus tersebut berpotensi masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Salah satu virus yang rentan terinfeksi adalah Corona atau dikenal juga COVID-29. Virus ini merupakan wabah penyakit dari Tiongkok yang menyebar kurang lebih akhir 2019 dan World HealthOrganization (WHO) telah menyatakan wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional. 

Hari ini, Senin (2/3/2020) Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah memberitahukan kepada masyarakat luas bahwa dua orang warga negara Indonesia (WNI) positif virus corona.

Keduanya tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat, diantaranya seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Keduanya tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok. Dua pasien tersebut, kini sedang menjalani perawatan secara intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Virus corona dapat meyebar lewat udara, caranya menyebar dari manusia ke manusia lainnya melalui batuk atau bersin. Selain itu, kontak dengan feses juga bisa tersebar lho. Cuci tangan menjadi salah satu bentuk pencegahan yang dapat dilakukan keluarga.

Oleh karena itu, biasakan anak mencuci tangan mulai dari sekarang yuk! Ingatkan dia untuk selalu mencuci tangan setiap kembali dari luar rumah, sebelum makan, dan setelah buang air.

Dengan rutin mencuci tangan, Mama bisa menghindari anak dari lima penyakit berikut:

1. Cuci tangan mengurangi risiko flu

1. Cuci tangan mengurangi risiko flu
suryahospitals.com
Gejala ISPA pada anak

Flu adalah salah satu penyakit yang mudah menular. Penyakit ini dapat menular lewat cairan tubuh orang yang sedang terinfeksi. Makanya, ketika kita mengalami flu, kita disarankan menutup mulut dengan tangan ketika bersin atau batuk.

Namun ternyata, tindakan tersebut belum mencegah penularan flu sepenuhnya lho, Ma.

Virus flu yang menempel di tangan dapat berpindah tempat ketika orang tersebut bersalaman atau memegang benda. Ketika orang lain menyentuh benda tersebut, virus flu pun akan berpindah ke tangannya dan berpotensi menginfeksi.

2. Cuci tangan mencegah pneumonia

2. Cuci tangan mencegah pneumonia
healthline.com

Sama seperti flu, pneumonia atau infeksi paru-paru juga dapat menular melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi. Virus atau bakteri penyebab pneumonia dapat berpindah ketika penderitanya bersin dan menutup tangan, lalu bersalaman atau menyentuh benda.

Berbeda dengan flu, pneumonia adalah penyakit yang perlu diwaspadai. Berdasarkan data dari UNICEF, sebanyak 14% dari 147.000 balita meninggal dunia karena penyakit ini pada tahun 2015.

Melihat kondisi ini, lebih baik biasakan anak cuci tangan agar tidak terhindar dari penyakit tersebut ya, Ma!

Editors' Picks

3. Cuci tangan agar tidak terkena diare

3. Cuci tangan agar tidak terkena diare
todaysparent.com

Salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi pada anak-anak adalah diare. Penyakit ini dapat mengurangi jumlah cairan di dalam tubuh anak sehingga anak berpotensi mengalami dehidrasi.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan diare, salah satunya adalah bakteri, virus, jamur dari tangan yang tidak terjaga kebersihannya. Apalagi, jika anak tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan.

4. Cuci tangan agar tangan bersih dari telur cacing

4. Cuci tangan agar tangan bersih dari telur cacing
cdnparenting.com

Semua orang, baik dewasa maupun anak-anak berisiko cacingan jika tidak rajin mencuci tangan. Ada banyak cacing yang menyerang manusia, seperti cacing pita, cacing gelang, cacing kremi, dan cacing tambang.

Telur-telur cacing tersebut dapat berpindah ke tangan manusia saat kita bersentuhan dengan kotoran atau tanah.

Oleh karena itu, biasakan anak untuk mencuci tangan setelah bermain dari luar atau buang air ya, Ma. Jika tidak, telur cacing dapat masuk ke dalam tubuh ketika anak memasukan tangan ke mulut atau saat makan dengan tangan. Telur pun akan menetas dan berkembang biak di dalam tubuh.

5. Cegah hepatitis A dengan cuci tangan setelah buang air

5. Cegah hepatitis A cuci tangan setelah buang air
bundoo.com

Hepatitis A dapat menular dengan mudah di lingkungan yang kebersihannya tidak terjaga. Virus dari satu orang penderita dapat menempel di benda atau makanan dan berpindah ke orang lain.

Jika ada orang lain yang menyentuh benda atau makanan tersebut dan tidak mencuci tangan, orang itu pun berisiko tertular.

Nah, Mama bisa mencegah penyakit infeksi hati ini dengan membiasakan anak cuci tangan sebelum makan dan setelah buang air.

Itulah lima penyakit yang bisa dihindari jika anak rajin mencuci tangan. Ternyata, mencuci tangan tidak boleh diremehkan ya, Ma? Langkah kecil dan sederhana ini dapat memberikan dampak besar pada kesehatan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.