Bolehkah Balita Makan Buah Nanas?

Buah nanas ternyata memiliki peran penting dalam memperkuat sistem imun lho, Ma!

29 September 2021

Bolehkah Balita Makan Buah Nanas
Pexels/Lisa

Nanas termasuk salah satu buah yang paling sering dikonsumsi. Selain karena memiliki banyak manfaat buah nanas juga sering ditemui di daerah yang beriklim tropis, seperti di Indonesia.

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun masih banyak orangtua yang khawatir memberikan buah nanas pada anak.

Lalu, bolehkah balita makan nanas?

Nanas dapat dikonsumsi oleh anak ketika ia sudah berusia 6 bulan. Namun, apabila Mama ragu, maka dapat menunda memberikan anak buah nanas sampai ia berusia 1 tahun, demikian Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP).

Berikan dalam jumlah yang sedikit seperti sesuap atau dua suap, kemudian perhatikan reaksinya. 

Buah nanas memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk tubuh, diantaranya 73 kalori, 12.5 RE (Retinol Ekivalen), vitamin A, vitamin C, kalium, asam folat dan juga tiamin.

Mama dapat memberikan buah nanas pada si Kecil  kapan saja, namun harus dibatasi dan tidak boleh terlalu banyak. Hal ini karena buah nanas mengandung glikosida yang dapat merangsang kulit dan selaput lendir pada rongga mulut. 

Selain itu nanas juga tinggi gula, sehingga konsumsinya pun juga harus dibatasi.

Berikut Popmama.com sudang merangkum apa saja manfaat yang terkandung dalam buah nanas dan dapat dikonsumsi oleh anak. Simak penjelasannya yuk, Ma!

1. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun

1. Meningkatkan memperkuat sistem imun
freepik/master1305

Salah satu manfaat nanas yang penting bagi tubuh adalah untuk meningkatkan sistem imun. Nanas dapat menjadi pengganti dari pil multivitamin karena mengandung vitamin C.

Vitamin C dan enzim bromelain yang terdapat pada nanas memiliki peran dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat mengatasi terjadinya peradangan.

Sehingga, si Kecil akan terhindar dari paparan virus dan juga bakteri berbahaya yang akan menyerangnya.

Editors' Picks

2. Membantu memperlancar sistem pencernaan

2. Membantu memperlancar sistem pencernaan
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, bromelain yang terkandung di dalam buah nanas juga membantu dalam sistem pencernaan.

Dengan mengkonsumsi satu potong buah nanas setelah makan maka akan mengurangi terjadinya kembung, mual, sembelit serta gejala sindrom terjadinya iritasi pada usus besar.

Selain itu, enzim bromelain juga berfungsi sebagai protease, yakni pemecah molekul protein dalam ukuran yang lebih kecil agar mudah dicerna.

Tidak hanya itu, enzim ini juga dapat mencegah terjadinya masuknya bakteri jahat yang dapat menginfeksi saluran pencernaan sehingga akan mengurangi terjadinya diare terhadap orang yang mengkonsumsinya.

3. Memperkuat tulang

3. Memperkuat tulang
freepik/master1305

Buah nanas ternyata juga berfungsi untuk memperkuat tulang. Menurut Life Hack, buah nanas memiliki fungsi untuk memperkuat tulang serta sebagai penghubung jaringan lainnya. 

Buah nanas mengandung mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh dalam membangun tulang dan jaringan pengikat sehingga akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, dalam kurun waktu jangka panjang, dapat pula membantu untuk mengurangi terjadinya osteoporosis.

4. Mencegah terjadinya radikal bebas dan kanker

4. Mencegah terjadi radikal bebas kanker
Freepik

Memiliki manfaat lain ternyata buah nanas juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker lho, Ma!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health, nanas mengandung antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan sel. 

Apabila sel tubuh tersebut dapat terlindungi dari radikal bebas, maka anak yang mengkonsumsi nanas juga dapat terbebas dari risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker. Selain itu, nanas juga dapat mengoptimalkan kinerja dari organ penglihatan. 

5. Dapat memperkuat gusi

5. Dapat memperkuat gusi
Pexels/Jessica Lewis

Tidak hanya memiliki manfaat bagi perkembangan tubuh, nanas juga berfungsi untuk memperkuat gusi. 

Gusi yang kuat tentu juga akan membuat gigi menjadi lebih kuat. Dengan mengkonsumsi buah nanas tentu akan membuat gusi menjadi lebih kuat pada anak.

Selain itu, nanas juga dapat berperan penting dalam mencegah terjadinya kanker mulut pada anak.

Jadi jika ada yang menanyakan bolehkan balita makan nanas, sekarang Mama sudah mengetahui jawabannya ya!

Itulah berbagai macam manfaat yang terkandung di dalam buah nanas. Bagaimana? Sekarang Mama tidak perlu ragu lagi dalam memberikan buah nanas pada anak, bukan?

Walaupun bermanfaat, tetap beri batasan bagi anak dalam mengkonsumsi buah nanas ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.