Pemerintah Pantau Balita yang Gemar Makan Tanah Kini Mengalami Anemia

Pihak puskesmas akan terus memantau kondisi dari balita tersebut

16 September 2021

Pemerintah Pantau Balita Gemar Makan Tanah Kini Mengalami Anemia
Dok. Istimewa

Di umur yang masih dini, balita seharusnya mendapat perhatian khusus bagi orang tua. Anak yang rentan terkena sesuatu hal harus selalu berada dalam pengawasan orangtua. Hal ini guna menghindari anak dari kebiasan-kebiasan tidak normal yang nantinya akan mengganggu tumbuh kembang anak.

Namun, terdapat orangtua yang biasanya juga mengalami beberapa faktor ekonomi, sehingga sulit untuk memberi makan keluarganya. 

Salah satunya adalah anak ketiga dari pasangan suami istri Carmo dan Umrotun, yaitu VF (3) diketahui suka memakan tanah dan juga puing tembok.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Sudah memulai kebiasaan tersebut dari umur 1,5 tahun

1. Sudah memulai kebiasaan tersebut dari umur 1,5 tahun
Pixabay/Onyotomo
Ilustrasi

Ibu dari VF menyampaikan bahwa anaknya ini sudah gemar memakan tanah dan puing-puing tembok dari umum 1,5 tahun. 

Hal ini terjadi karena mereka sulit untuk membeli makan karena faktor ekonomi, sehingga membuat keluarga tersebut kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Ketika ibunya tidak melihat, VF akan memakan tanah dan pasir bahkan puing tembok yang berada di dekatnya. Namun, ketika dilarang anaknya kerap akan mengamuk dan menangis.

Tentunya hal ini membuat orangtua khawatir mengenai tumbuh kembang anak karena mengkonsumsi sesuatu yang bukan makanan.

2. Orangtua belum mendapatkan kartu keluarga

2. Orangtua belum mendapatkan kartu keluarga
rumah.com

Mengetahui anaknya yang memiliki kebiasaan sering memakan tanah dan puing tembok, tentu membuat Carmo sebagai ayah ingin sekali membawa anaknya tersebut ke rumah sakit. 

Namun, karena keterbatasan biaya dari pekerjaannya yang hanya sebagai tukang service elektronik membuat Carmo tidak dapat melakukannya. Selain faktor ekonomi, keluarga tersebut ternyata belum memiliki kartu keluarga (KK).

Akibatnya membuat mereka belum dapat tersentuh bantuan dari pemerintah di Kota Tegal. 

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Tegal agar dapat memfasilitasi dalam pembuatan kartu keluarga dan juga data kependudukan lainnya supaya dapat mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan.

3. Menderita anemia dan hiperaktif

3. Menderita anemia hiperaktif
Freepik

Mengetahui kondisi ini, Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Prima Indraswari dan Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengunjungi kediaman keluarga tersebut. Mereka pun membawa VF ke RSUD Kardinah pada Senin (13/9/2021) pagi.

Fikrie El Mujahid selaku Kepala Puskesmas Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat menyampaikan bahwa VF diketahui adalah anak yang hiperaktif. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa VF didiagnosis menderita anemia, sedangkan kondisi lainnya tampak normal.

Sebelumnya, VF pernah mengalami sakit perut karena kebiasaannya yang memakan tanah. Orangtua VF pun mengaku hanya memberikan obat warung pada VF karena tidak mampu membawa ke rumah sakit.

Pihak puskesmas pun menyampaikan akan terus memantau kondisi pertumbuhan VF.

Tidak lupa pula Rahmad memberikan bantuan langsung kepada VF berupa jajanan sehat dan sembako yang dapat dikonsumsi.

Itu dia informasi lengkap mengenai balita yang gemar memakan tanah. Sudah sepatutnya Mama sebagai orangtua untuk dapat selalu memantau tumbuh kembang anak. Jangan sampai hal ini terjadi pada anak mama ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.