7 Rekomendasi Susu Formula untuk Balita 1-3 Tahun

Berbagai jenis susu formula ini dapat menjadi pilihan Mama untuk si Kecil

19 April 2022

7 Rekomendasi Susu Formula Balita 1-3 Tahun
Freepik/mdjaff

Susu termasuk dalam makanan pelengkap yang memiliki kandungan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Tetapi, tetap menjadikan makanan sebagai sumber nutrisi yang paling utama.

Umur 1 sampai 3 tahun merupakan usia golden years bagi mereka. Pada saat inilah perkembangan otak anak sudah mulai berkembang dan mulai menyerap berbagai hal. Usia ini juga termasuk masa usia anak menjadi susah makan.

Untuk menambah asupan gizi dari si Kecil, Mama dapat memberikan asupan susu formula untuk anak. Namun, harus diketahui bahwa tidak semua susu formula cocok untuk anak.

Berikut Popmama.com sudah merangkum rekomendasi susu formula terbaik untuk balita 1-3 tahun.

1. Bebelac 3

1. Bebelac 3
blibli.com

Susu Bebelac 3 tersedia sebagai susu pertumbuhan lanjutan dari Nutricia untuk anak usia 1-3 tahun. Tersedia dua varian rasa yaitu madu dan vanila, pastinya rasa ini adalah favorit bagi anak. 

Susu ini mengandung tinggi serat pangan dan dibuat dengan FOS:GOS 1:9 dan pati jagung 1,07%. Diperkirakan dengan minum 3 kali sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak.

Susu ini juga mengandung 12 Vitamin dan 9 Mineral, terdapat kandungan Zat Besi, Zinc, lodium, vitamin A dan Kalsium. Dilengkapi juga dengan Minyak Ikan yang mengandung Asam Alfa Linolenat sebagai Asam Lemak Esensial.

Sudah diformulasikan dengan baik untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun. Produk ini dijual dengan harga Rp275.000 untuk berat 1800 gram.

2. ENFAGROW A+ 3

2. ENFAGROW A+ 3
enfa.co.id

Tidak semua jenis susu formula cocok untuk anak, terdapat bebera merek susu yang ternyata membuat anak jadi mengalami diare. Enfagrow A+ 3 merupakan salah satu susu yang tidak memiliki rasa terlalu manis dan tidak menimbulkan efek samping sembelit pada anak.

Susu ini mengandung Beta-Glucan dan GOS yang berguna dalam memperkuat saluran pencernaan pada anak. Sehingga ketika anak memiliki pencernaan yang sehat, tentu daya tahan tubuhnya juga akan meningkat.

Selain itu, susu Enfagrow A+ 3 ini juga memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil. Susu ini juga terdapat DHA, vitamin B dan zat besi yang dapat mencukupi segala kebutuhan hariannya.

Tidak hanya itu, Enfagrow A+ 3 juga mengandung zat besi yang baik dalam menjaga kesehatan jantung dan imunitas anak. Walaupun susu ini mempunyai rasa original, namun anak pasti akan menyukai jenis susu ini karena memiliki rasa yang segar.

Harga: Rp. 135.000/400gram

Editors' Picks

3. Frisian Flag Primagro

3. Frisian Flag Primagro
Dok. Lazada

Mungkin Mama sudah pernah mendengar kalau 1000 hari pertama kehidupan sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan si Kecil. Pada masa keemasannya ini, pastikan si Kecil mendapat asupan protein hewani yang tinggi ya, Ma, agar ia tidak mengalami malnutrisi atau stunting. Lalu, bagaimana caranya agar ia tetap mendapatkan nutrisi yang kaya akan protein hewani untuk bantu dukung tumbuh kembangnya lebih optimal?

Mama tidak perlu khawatir, Frisian Flag PRIMAGRO merupakan susu pertumbuhan dengan kandungan 9AAE dan DHA 4x lebih tinggi, tentunya dapat menjadi nutrisi kaya protein hewani yang tepat untuk si Kecil.

Susu ini bisa jadi pilihan mengingat kandungan 9AAE atau 9 Asam Amino Esensial sangat dibutuhkan oleh si Kecil. Bahkan menurut penelitian, kekurangan 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan dan kecerdasan si Kecil sampai dengan -50%, lho, Ma.

Mengapa demikian? Ini karena 9AAE bekerja sebagai komponen protein esensial yang berperan penting dalam fungsi dasar tubuh, yaitu untuk perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang.

Tanpa 9AAE yang lengkap, penyerapan nutrisi lain tidak akan sempurna, Ma. Sayangnya, 9AAE tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga Mama harus memastikan asupan nutrisi untuk si Kecil sudah mengandung 9AAE setiap harinya, ya.

Selain 9AAE dan DHA 4x lebih tinggi, PRIMAGRO 1+ untuk anak 1-3 tahun juga diperkaya dengan 9 nutrisi prima seperti Asam Sialat, Sphingomyelin, Omega 3 & 6, Kolin & Tirosin, di mana kandungannya ini dapat memaksimalkan kecerdasan dan akal kreatif si Kecil.

Tidak hanya itu, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung Minyak Ikan, 14 Vitamin dan 9 Mineral, untuk menjadikan si Kecil tangkas dan berani.

Seluruh nutrisi prima dari Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa Mama dapatkan dengan harga yang terjangkau, pilihan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan mulai dari 150gr, 400gr, 800gr, 1200gr hingga 2000gr, serta tersedia dalam 3 pilihan rasa yang lezat yaitu Madu, Vanila, dan Cokelat, si Kecil sudah bisa mendapatkan semua nutrisi untuk tumbuh kembang yang optimal. 

Harga: mulai dari Rp. 19.000

4. Friso Gold 3

4. Friso Gold 3
friso.co.id

Susu formula yang satu ini diketahui memiliki kandungan prebiotik serta vitamin A, C dan E. Prebiotik dalam Friso Gold 3 berfungsi untuk membantu dalam pertumbuhan bakteri baik pada pencernaannya, sedangkan vitamin A, C, E membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Susu Friso Gold 3 juga memiliki kandungan zinc, zat besi serta selenium yang juga berfungsi dalam membantu daya tahan tubuh anak. 

Berbeda dengan susu yang lain, jenis susu ini menggunakan konsep nature science, yang berarti dalam proses pembuatannya produk ini dibuat dan dilakukan sendiri oleh Friesland Campina, mulai dari pemilihan makanan pada ternak hingga pengolahannya menjadi susu.

Selain itu, susu ini juga menerapkan teknologi Locknutri. Cara memproduksikannya digunakan untuk membuat protein dalam susu menjadi lebih berkualitas sehingga mudah dicerna dan diserap oleh anak-anak.

Susu jenis ini juga memiliki tekstur yang tidak terlalu kental ketika diseduh, sehingga tidak akan memberikan efek yang terlalu mengenyangkan pada anak. Dijual dengan harga Rp190.000 untuk berat 400gram.

5. Lactogrow Happynutri 3

5. Lactogrow Happynutri 3
blibli.com

Nestle Lactogrow Happynutri adalah susu formula untuk anak usia 1-3 tahun yang diformulasikan secara khusus untuk membantu menjaga saluran pencernaan anak yang aktif dan ceria.

Susu bubuk rasa vanila dan madu ini diperkaya dengan 13 vitamin, 7 mineral, kalsium, omega 3 & 6, minyak ikan, dan Lactobacillus reuteri untuk dukung pertumbuhan si Kecil.

Cara membuatnya mudah, siapkan sesuai dengan usia anak dan campurkan susu bubuk dengan air bersuhu hangat, kocok atau aduk hingga merata. 

Produk ini memiliki kisaran harga Rp109.000 untuk berat 1 Kg, atau 50.000 untuk berat 350 gram.

6. Nutrilon Royal 3

6. Nutrilon Royal 3
nutriclub.co.id

Nutrilon Royal 3 memiliki kandungan yang sudah dipatenkan, yaitu FOS:GOS 1:9. Kandungan ini diketahui dapat merangsang terjadinya pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan, yakni bifidobacteria dan lactobacili. 

Bakteri ini diketahui dapat mendukung perkembangan dari sistem imun dengan cara memproduksi antibodi, memperkuat sistem saluran pencernaan serta mendukung toleransi makanan terhadap tubuh. Hal inilah yang nantinya dapat melindungan pencernaan si Kecil.

Selain itu, susu ini juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas anak, sehingga anak tidak akan mudah terkena penyakit, terutama ketika memiliki banyak aktivitas.

Susu ini juga mempunyai kandungan dari omega 3 yang tentunya sangat penting bagi tubuh dan berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir pada anak. Adanya asam lemak ini akan menjadi sebuah komponen utama dalam pembentukan struktur dan juga membran sel otak anak.

Nutrilon Royal 3 mempunyai tekstur yang cukup unik. Apabila menyentuh atau mengambilnya dengan sejumput jari, maka akan merasakan gumpalan seperti bola. Tetapi ketika sudah terkena air panas, bubuk ini nantinya akan mudah larut.

Selain itu, Nutrilon Royal 3 ini juga memiliki rasa seperti es krim vanila, sehingga akan membuat anak menyukainya.

Harga: Rp. 180.000/800gram

7. Puregrow Organic 1+

7. Puregrow Organic 1+
shopee.co.id

Apabila Mama ingin memberikan susu organik pada anak, maka Puregrow Organic 1+ ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Mama. Susu ini berasal dari sapi organik asli dan tidak memiliki kandungan gula tambahan. Tentunya, hal ini akan membuat anak terhindar dari obesitas.

Walaupun tidak memiliki gula tambahan, namun susu ini sudah memiliki rasa manisnya sendiri. Selain itu, susu ini juga memberikan rasa yang pas, gurih, dan memiliki aroma yang segar sehingga akan membuat anak menyukainya.

Susu ini memiliki kandungan zat besi yang dapat menjaga kesehatan dari jantung anak. Tidak hanya itu, susu ini juga memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang berguna dalam meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Adanya kandungan vitamin dan mineral mampu berperan dalam menjaga daya tahan tubuh serta imunitas anak agar tidak mudah sakit.

Dijual dengan harga Rp185.000 untuk berat 360 gram.

Nah, itulah berbagai rekomendasi susu formula terbaik untuk balita 1-3 tahun. Jadi, apakah Mama sudah menentukan susu formula jenis apa untuk si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk