Toddler Milestones: Perubahan Nutrisi Anak 14 Bulan dan Bahasa Planet

Jangan kuwalahan menghadapi permintaan jajanan dan bahasa si kecil yang mungkin sulit Mama mengerti

4 Juni 2019

Toddler Milestones Perubahan Nutrisi Anak 14 Bulan Bahasa Planet
Pexels.com/Pixabay

Senang rasanya, memasuki bulan ke-14, makanan sehari-hari si kecil sudah makin bervariasi. Kalau beberapa bulan kemarin fokus di ASI, kini Mama bisa bergeser pada pisang. Atau jika si kecil terbiasa minum susu formula, kini saatnya memperkenalkan roti panggang.

Dalam fase ini, Mama mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengontrol makanan sehat yang jadi konsumsi sehari-hari si kecil. Memberi mereka makanan yang bervariasi, sekaligus jadi cara untuk memperkenalkan nutrisi yang baik untuk lidah dan tubuhnya. 

Dilansir dari WebMD, Mama juga harus mulai tegas melarang beberapa jenis makanan, seperti yang manis atau junk food. Ini bakal jadi pertarungan terberat, karena pada umumnya anak bakal langsung menggemari dua jenis makanan tersebut sejak pertama mereka mencicipinya.

Jika tak ingin melarang, Mama bisa membuat perjanjian dengan si kecil, bahwa mereka boleh sesekali makan cookies atau kentang goreng di sela daftar makanan sehat yang sudah Mama susun. Namun, Mama tetap harus memilih snack apa saja yang bisa mereka konsumsi, loh!

Editors' Picks

Bahasa Planet Anak Usia 14 Bulan

Bahasa Planet Anak Usia 14 Bulan
Pexels.com/kelvin octa

Bahasa planet. Itu yang sering dijadikan istilah untuk bahasa si kecil yang baru mulai belajar berkomunikasi. Mereka bakal mulai paham saat diajak mengobrol, meski membalasnya dengan kata-kata yang mungkin Mama bahkan tak bisa memahaminya. Tetu akan sangat menggemaskan!

Di fase ini, si kecil mulai bisa mengungkapkan rasa lapar, mengantuk, atau ingin bermain, dengan 'bahasa planet' yang mau tak mau Mama harus belajar memahaminya.

Di akhir tahun keduanya nanti, mereka harusnya bisa mengucapkan sekitar 50 kata yang berbeda.

Nah, jika anak Mama ternyata lambat bicara, tak perlu khawatir. Kebanyakan anak laki-laki butuh waktu lebih lama untuk menguasai keterampilan berbahasa, ketimbang anak perempuan. Atau jika Mama merasa kurang puas berdiam menunggu, coba konsultasikan ke dokter anak saja.

Well, selamat menikmati perkembangan si kecil di bulan ke-14, Ma. Tetap sabar dan semagat menghadapi hal-hal ajaib dari mereka ya!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!