Keunggulan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca Anak

Anak bisa belajar sambil bermain dengan fitur menarik di dalamnya

24 November 2021

Keunggulan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca Anak
Pexels/Tatiana Syrikova

Ma, saat ini kita sedang berada di dunia digital, di mana semua aktivitas serba dimudahkan, salah satunya dalam mendidik dan membantu meningkatkan minat baca anak. Buku digital menjadi salah satu referensi yang digunakan beberapa orang tua untuk bisa mengajak anak gemar membaca. 

Namun, semakin maju, anak kita juga menjadi candu terhadap gadget dan semua hal yang bisa diakses dengan mudah menggunakan handphone. Minat membaca pada anak juga berkurang karena dunia mereka tergantikan dengan gadget dan screen time berlama-lama. 

Untuk itu, beberapa pihak yang memberikan perhatian pada minat baca anak mencoba untuk bagaimana caranya supaya era digital ini tidak merusak perkembangan anak, tapi justru membuat anak semakin pintar. 

Saat ini sudah banyak buku digital yang bisa diakses oleh Mama untuk mengajari anak membaca. Nah, Mama yang saat ini belum pernah mencoba buku digital pastinya penasaran apa saja sih peran buku tersebut dalam membantu minat baca anak?

Di bawah ini Popamam.com akan rangkum keunggulan buku digital dalam meningkatkan minat baca anak. Simak hingga akhir ya, Ma! 

1. Buku digital cukup interactive

1. Buku digital cukup interactive
Pexels/Tatiana Syrikova

Mama dan Papa yang saat ini mungkin masih mempertimbangkan mengenalkan gadget pada anak, dipikir-pikir kembali untuk mencoba buku digital. Buku digital cukup interactive untuk membantu Mama dan Papa mengajarkan anak membaca serta menumbuhkan minat baca anak. 

Dengan banyak cerita bagus yang disuguhkan, serta layout yang menarik membuat anak tertarik untuk membaca. Mama pastinya tahu kalau anak-anak sangat menyukai seseuatu yang kontras untuk menarik perhatian mereka. 

Nah, kebanyakan dari buku digital didesain sedemikian rupa baik secara kemasan ataupun kontennya dengan mengikuti minta anak sesuai usianya. 

Editors' Picks

2. Banyak fitur menarik yang diberikan

2. Banyak fitur menarik diberikan
Pexels/Tatiana Syrikova

Buku digital punya banyak fitur yang merangsang pemahaman anak akan konteks cerita. Banyak sekali fitur-fitur di dalamnya yang memudahkan anak. Terutama untuk anak yang belum bisa membaca. Didesain agar tidak menyulitkan anak ketika bereksplorasi mencari cerita yang diinginkan. 

Berbeda dengan buku cetak, biasanya ketika anak tidak paham akan sesuatu, mereka akan berhenti karena tidak ada fitur lain yang bisa dimainkan. 

Sedangkan pada buku digital, banyak fitur yang bisa digunakan anak. Itu juga yang akan menumbuhkan rasa ingin tahu mereka untuk mencoba menyelesaikan apa yang membuat mereka kesulitan saat membaca. 

Salah satu aplikasi buku digital Vocacio contohnya. Vocacio adalah aplikasi membaca buku cerita berbahasa inggris yang bertujuan untuk memperluas wawasan anak melalui pengalaman belajar dan membaca yang menyenangkan. 

3. Buku digital memiliki voice recognation

3. Buku digital memiliki voice recognation
Pexels/Tatiana Syrikova

Salah satu kelebihan buku digital ialah memiliki voice recognation. Fungsi dari voice recognation untuk merekam. Terdapat voice over yang dimainkan anak sehingga anak bisa menirukan kembali apa yang diucapkan oleh voice recognation.

Voice recognation bisa melatih kelancaran anak dalam membaca. Di sini bisa terlihat, nantinya pelan-pelan anak akan belajar membaca lewat mendengarkan. Bahkan anak bisa belajar sendiri di sela-sela waktu senggangnya dengan memanfaatkan voice recognation. 

Jadi, Mama dan Papa tidak perlu khawatir ketika misalnya sedang mengajarkan anak bahasa Inggris namun ragu dengan pelafalannya, atau mengajarkan anak mengaji tapi lupa tajwidnya, dengan adanya voice recognation di buku digital semua bisa dimudahkan. 

4. Keunggulan buku digital berupa kemudahan

4. Keunggulan buku digital berupa kemudahan
Pexels/Tatiana Syrikova

Membuat anak gemar membaca dimulai dengan memancing bagaimana kegiatan membaca tersebut menjadi menyenangkan. Bagaimana anak merasa layaknya sedang bermain sambil membaca, bukan hanya sekadar belajar yang mereka kenal cukup membosankan. 

Keunggulan buku digital adalah kemudahan untuk mengaksesnya. Buku digital bisa dibawa kemana-mana Ma bersama anak. Jika anak mendapati belajar membaca menyenangkan, mereka akan terus membuat buku digital ada di sampingnya. 

Buku cetak ataupun buku digital masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk bisa menumbuhkan minat baca anak, kembalikan lagi bagaimana pola asuh yang Mama dan Papa sudah terapkan. 

Semoga anak-anak kita menjadi anak yang gemar membaca ya Ma, Pa. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.