5 Tips Hindarkan Si Kecil dari Virus Corona, Mama Jangan Khawatir

Mencegah lebih baik daripada mengobati Ma

27 Februari 2020

5 Tips Hindarkan Si Kecil dari Virus Corona, Mama Jangan Khawatir
Shutterstock/MIA Studio

Wabah virus corona belakangan menjadi sorotan. Korban dari beberapa negara berjatuhan. Bahkan kota Wuhan, China telah diisolasi untuk mewaspadai wabah virus ini tidak semakin menyebar luas. Tentunya Mama menjadi khawatir karena isu ini. Namun Mama nggak usah terlalu khawatir karena selama imun tubuh seseorang kuat, ia akan aman dari ancaman virus corona. Mama bisa mengantisipasi dengan menjaga imun tubuh si Kecil dengan lakukan 5 hal ini.

1. Selalu penuhi nutrisinya

1. Selalu penuhi nutrisinya
Shutterstock/ucchie79

Menjaga imunitas tubuh saat ini sangat penting Ma. Hal itu dikarenakan virus corona ini bisa berkembang dengan cepat pada orang yang memiliki sistem imun yang rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan memenuhi nutrisi sehari-hari. Mama bisa memberikan makanan bergizi seperti konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. 

2. Usahakan untuk memantau jam tidurnya, harus tidur cukup

2. Usahakan memantau jam tidurnya, harus tidur cukup
Shutterstock/Yuganov Konstantin

Selain asupan makanan, imun tubuh dipengaruhi oleh jam istirahat. Sebagai bentuk pencegahan ajak si Kecil untuk tidur tepat waktu. Buat jam tidur si Kecil tercukupi. Usahakan Mama memantau jam tidur si Kecil setiap hari ya. Jika si Kecil masih bayi berusia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-15 jam per hari. Untuk batita usia 1-2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11-14 jam per hari. Sementara balita 3-5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10-13 jam per hari.

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

3. Menjaga kebersihan diri lingkungan
Shutterstock/tomeqs

Ini juga nggak kalah penting. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sepertinya sudah menjadi kewajiban seorang Mama dan Papa. Rajin membersihkan rumah saja nggak cukup lho, Mama juga perlu menjaga kebersihan tubuh si Kecil. Misalnya ajarkan si Kecil untuk rajin mencuci tangan sebelum makan. Jika malas menggunakan sabun, Mama cukup gunakan wipes tissue antiseptik seperti Mitu Baby Antiseptic Wipes. Mitu Baby Antiseptic Wipes ini mengandung Tea Tree Oil sebagai antiseptik alami serta moisturizer agar kulit si Kecil tetap lembut, plus tisu basah ini telah tersertifikasi Halal.

Editors' Picks

5 Tips Hindarkan Si Kecil dari Virus Corona, Mama Jangan Khawatir
Popmama.com/Mitu Baby

Mitu Baby Antiseptic Wipes ini nggak hanya bisa dipakai di tangan dan kaki, tapi juga off body yaitu pemakaian selain di tubuh si Kecil seperti mainan, perabot, alas main, dan lain-lain. Jadi, Mama bisa menggunakan Mitu Baby Antiseptic Wipes untuk membersihkan mainan si Kecil agar terbebas dari kuman dan virus. Jadi lebih praktis dan anti ribet. Untuk info lebih lanjut, cek di sini ya Ma. Mama bisa membeli produknya di sini

4. Pakai masker wajah sebagai pelindung

4. Pakai masker wajah sebagai pelindung
Shutterstock/MIA Studio

Nah selanjutnya, jika Mama sudah melakukan pencegahan dari dalam, saatnya melakukan pencegahan dari luar. Jangan hanya Mama saja yang menggunakan masker, si Kecil juga butuh perlindungan tersebut. Masker ini tak hanya digunakan untuk mengurangi penyebaran virus atau bakteri bagi orang yang sedang sakit, tetapi juga melindungi dari virus, polutan udara atau bahan kimia yang merugikan tubuh. Mama bisa memilih jenis masker pelindung sesuai kebutuhan dan budget.

5. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan si Kecil

5. Sinar matahari pagi baik kesehatan si Kecil
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Sinar matahari pagi ternyata punya beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan si Kecil. Ajak si Kecil berjemur pagi hari, sebelum jam 10.00 pagi ya Ma. Dikutip dari doktersehat.com, saat kulit terkena sinar matahari pagi, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, cara mendapatkan manfaat matahari pagi dengan berjemur selama 10 menit di bawah matahari. Lakukan satu hingga dua kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko terkena flu hingga 30-40%. 

Gimana Ma? Yuk mulai lakukan dari sekarang. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sehat selalu untuk Mama dan keluarga ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.