5 Cara Menumbuhkan Minat Baca si Kecil 

Agar si Kecil tumbuh jadi anak yang senang dengan buku

11 Desember 2019

5 Cara Menumbuhkan Minat Baca si Kecil 
Pexels/cottonbro

Buku adalah sumber segala ilmu. Membiasakan anak dekat dengan buku adalah cara penting membentuk masa depannya. 

Pada dasarnya, anak selalu tertarik dengan segala sesuatu, termasuk buku. Namun jika tidak diasah, maka kedekatannya dengan buku tidak bisa terbentuk. 

Oleh karena itulah, penting sekali untuk menumbuhkan minat baca anak sedari dini. 

Disusun Popmama.com, inilah 5 cara meningkatkan minat baca si Kecil.

1. Membaca dengan nyaring

1. Membaca nyaring
I See Me!

Konsep read aloud atau membaca dengan nyaring sudah banyak mendatangkan efek positif. Kebiasaan ini bisa dilakukan bahkan sejak bayi di kandungan. 

Sering membaca dengan suara memmbantu stimulasi otak anak, bisa melatih pendengarannya, merangsang imajinasi dan meningkatkan rentang konsentrasinya. 

Begitu banyak efek positif yang didapat dengan melakukan konsep read aloud. Mama bisa memulainya sedini mungkin. 

Bisa juga dilakukan kapan saja, sepanajng si Kecil menginginkannya. Namun alangkah baiknya untuk membiasakan membaca sebelum tidur karena bisa mendekatkan bonding orangtua dan anak, serta merangsang ingatan mereka. 

2. Buat kantong dongeng

2. Buat kantong dongeng
Freepik

Salah satu cara menarik meningkatkan kedekatan anak dengan buku adalah membuat dongeng lebih hidup. 

Mama bisa mengajak buah hati untuk memilih buku yang jadi favoritnya. Dari sana, ajak si Kecil mencari benda-benda yang sekiranya mirip ada di dalam buku tersebut. 

Kumpulkan dalam satu kantong khusus. Saat membaca buku favoritnya, Mama bisa mengajaknya membuka kantong tersebut untuk mendukung cerita di buku. 

Jika si Kecil sudah memahami konsep tersebut, biarkan ia yang melanjutkan cerita. Jadilah pendengar yang baik. 

Kebiasaan ini bisa dilakukan ke buku-buku lainnya. Selain membuat anak lebih kreatif, kegiatan ini bisa membuatnya semakin senang dengan buku. 

Editors' Picks

3. Buat kartu bergambar

3. Buat kartu bergambar
BookBub

Cara lain meningkatkan minat baca anak adalah dengan membuat kartu bergambar. Mama bisa memotret beberapa bagian menarik dari buku favorit si Kecil. 

Setelahnya, ajak si Kecil menceritakan ulang mengenai gambar tersebut. Jika si Kecil belum terbiasa, boleh saja sembari membuka bukunya. 

Semakin sering dilakukan, anak semakin tertarik dengan cerita yang ada di buku. Yang paling menarik, Mama bisa melakukannya pada buku apa saja!

4. Ajak si Kecil beraksi

4. Ajak si Kecil beraksi
Freepik/rawpixel.com

Hampir semua anak sennag bergerak. Jika ia adalah tipe anak yang mudah bosan duduk berlama-lama, maka bisa mencoba metode ini. 

Mama bisa mengajak si Kecil mencari buku favoritnya dan mengajaknya membaca sambil berakting seperti pemeran di dalam buku. 

Biarkan si Kecil memilih peran favoritnya. Semakin ramai, semakin seru ia akan terbawa dalam cerita. Jangan heran jika besok ia meminta untuk membaca buku lainnya ya, Ma. 

5. Buatlah pojok baca

5. Buatlah pojok baca
decoist.com/Sara Bergando

Untuk menumbuhkan kegemaran membaca, dibutuhkan tempat membaca khusus si Kecil. Ruang yang nyaman sangatlah penting untuk menarik perhatiannya. 

Jika ia sudah senang dengan area membaca, secara otomatis ia juga akan tertarik melihat buku-buku yang ada di sana. 

Mama bisa menyediakan karpet dengan kursi atau bantal empuk yang bisa jadi area membaca. Di dekatnya, tempatkan rak buku yang sesuai dengan tingginya. 

Dengan begitu ia bisa mengambil sendiri buku yang diinginkannya. Selain itu, anak juga butuh ruang yang tenang untuk membaca, sehingga pojok baca ini sangat penting baginya.

Kalaupun ia belum bisa membaca, Mama bisa membacakan buku di sana di kala ia menginginkannya. Saat ia sudah bisa baca, tanpa perlu diminta, ia akan dengan senang hati menghabiskan waktu di pojok baca.

Itulah 5 tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak. Saat buku menjadi teman baik anak, maka ia akan tumbuh menjadi anak dengan wawasan luas. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.