Inilah 5 Makanan Penambah Tinggi Anak

Berikan menu ini secara rutin agar anak tumbuh tinggi

21 Januari 2020

Inilah 5 Makanan Penambah Tinggi Anak
Freepik/Rawpixel.com

Tinggi badan yang ideal bisa dikejar sedari anak masih kecil. Salah satu caranya adalah dengan memberikan menu-menu yang tinggi kalsium dan protein. 

Tak sulit mencari menu yang bisa membantu menambah tinggi anak. Bahkan beberapa menu ini bisa dikonsumsi bergantian setiap hari. Sehingga tinggi badan si Kecil bisa dikejar jika memang ada yang kurang. 

Untuk memperkaya menu harian si Kecil, disusun Popmama.com, berikut 5 menu yang bisa membantu menambah tinggi anak.

1. Susu dan turunannya membuat anak tumbuh tinggi dan sehat

1. Susu turunan membuat anak tumbuh tinggi sehat
Freepik

Kandungan kalsium yang tinggi di susu membuat menu ini sering jadi andalan untuk menambah tinggi anak. Setidaknya, biasakan si Kecil untuk minum susu 2 gelas per hari. 

Untuk menghindari kelebihan gula, usahakan untuk memberikan susu yang bebas gula atau yang rendah gula. Susu berperisa dan berwarna boleh saja diberikan namun tidak setiap hari. 

Selain susu, ada juga produk turunannya yang kaya akan kalsium dan vitamin D seperti yoghurt dan keju. Memberikan menu-menu ini ke dalam makanan harian mereka bisa jadi salah satu cara membuat anak lebih tinggi dan juga sehat. 

2. Telur tumbuhkan jaringan otot

2. Telur tumbuhkan jaringan otot
Freepik/jcomp

Dalam sebuah penelitan, terlihat bagaimana telur bisa membuat tubuh anak lebih tinggi. 

Para penguji memberikan telur secara rutin kepada anak berusia 6 sampai 8 bulan. Anak yang diberikan telur secara rutin di menu hariannya memiilki penambahan tinggi yang drastis dibanding anak seusianya. 

Protein dari telur bisa membantu pertumbuhan jaringan tubuh dan otot anak. Itulah yang bisa membantunya juga untuk jadi lebih tinggi. 

Editors' Picks

3. Gandum utuh bantu tingkatkan perkembangan anak

3. Gandum utuh bantu tingkatkan perkembangan anak
Freepik/trumronnarong

Gandum utuh memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang tinggi. Nutrisi dalam gandum utuh mampu meningkatkan perkembangan anak dan metabolisme tubuhnya. 

Memberikan gandum utuh setiap hari bisa membantunya lebih sehat dan lebih tinggi lebih cepat. Mama bisa memberikan roti gandum, sereal gandum, atau oatmeal di dalam menu hariannya.

4. Buah dan sayur tingkatkan metabolisme anak

4. Buah sayur tingkatkan metabolisme anak
Pexels/Ella Olsson

Sumber vitamin seperti vitamin K, vitamin B, vitamin A banyak ditemui di buah dan sayur. Juga kandungan laiinya seperti zat besi dan magnesium yang juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan anak. 

Beberapa sayuran yang bisa masuk daftar adalah brokoli, bayam, kembang kol, kangkung, wortel dan bit. 

Buah-buahan juga tak kalah penting untuk membantu menambah tinggi anak karena memiliki vitamin dan antioksidan yang tinggi. Beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk meningkatkan tinggi anak adalah jeruk, semangka, jambu biji, kiwi, dan buah naga. 

Kandungan vitamin dan nutrisinya bisa meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh anak-anak.

5. Kacang kedelai jadi pasokan protein yang baik

5. Kacang kedelai jadi pasokan protein baik
Pixabay/Bigfatcat

Salah satu sumber protein nabati yang juga penting untuk mempercepat pertumbuhan anak adalah kacang kedelai. Kacang ini mudah ditemui dalam menu harian. 

Selain diberikan kacang dalam bentuk utuh, Mama bisa memberikan susu kedelai pada si Kecil. Tak hanya itu, memberikan tahu dan tempe secara rutin untuk anak juga bisa jadi salah satu caranya. 

Itulah 5 makanan yang bisa mempercepat pertumbuhan anak dan membantu anak lebih cepat tinggi. Jangan ragu memasukkannya dalam menu harian si Kecil. 

Asal pastikan untuk memberikan variasi agar mereka tidak bosan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!