Bangunkan Anak Secara Paksa untuk Tiup Lilin, Ikram Marki Kena Sindir

Warganet geram saat anak dijadikan sebuah konten. Ada yang sependapat?

11 Desember 2019

Bangunkan Anak Secara Paksa Tiup Lilin, Ikram Marki Kena Sindir
Instagram.com/ikramarki

Belum lama ini pengguna media sosial sedang dihebohkan dengan sebuah unggahan video dari akun @ikramarki di Twitter dan Instagram pribadinya.

Sebagai seorang, Papa Ikram ingin mengunggah sebuah video kejutan di hari ulang tahun anaknya yang bernama Alula ketika sedang tertidur pulas. 

Video berdurasi 70 detik yang diunggah oleh Ikram pada (8/12/2019) ini memperlihatkan saat dirinya bersama sang Istri berusaha membangunkan Alula yang sedang tertidur.

Dengan membawa sebuah kue berukuran kecil, Ikram ingin membangunkan putrinya untuk merayakan hari ulang tahun sekaligus tiup lilin. 

“Selamat ulang tahun, Alula,” tulis Ikram di kedua media sosialnya. 

Namun, cara Ikram dan istrinya yang membangunkan si Kecil dianggap terlalu memaksa sehingga menuai komentar negatif dari warganet. Tubuh Alula terlihat seperti diguncang-guncangkan oleh kedua orangtuanya hingga terbangun karena kaget dan membuatnya menangis. 

Jika Mama ingin mengetahui tanggapan dari warganet mengenai video tersebut, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga ini bisa menjadi sebuah pembelajaran ya, Ma!

1. Ada beragam reaksi negatif dari warganet

1. Ada beragam reaksi negatif dari warganet
Pixabay/Free-Photos

Bukannya senang, Alula yang dibangunkan untuk menitip kue ulang tahun justru menangis karena jam tidurnya terganggu akibat dibangunkan paksa. Alula yang menangis di dalam video tersebut pun mendapatkan beragam reaksi negatif dari warganet. 

Ya emang anaknya sih dan terserah mau digimanain juga. Cuma kalau gue jadi orangtuanya, manalagi anak baru setahun kan ya belum ngerti juga konsep ulang tahun. Kenapa nggak dibiarin dulu aja sampai anaknya bangun baru dikasih kue? Tapi yaudalah, anak juga bukan anak gue. Tapi jujur nggak tega gue liatnya - @putuchitra

Kasian anak-anak jaman sekarang. Hidupnya nggak tenang dijadikan bahan konten sama orangtuanya. Lagi tidur dibangunin padahal dia nggak ngerti juga ulang tahun itu apa. Tidur yang berkualitas di usia segitu tuh penting untuk tumbuh kembang anak, eh malah diganggu demi konten nggak penting - @primikici.

Demi konten anaknya yang masih tidur diginiin. Inget dia masih kecil, saraf otaknya bakalan keganggu kalo dibangunin paksa kayak gitu, anak kecil masih dalam masa pertumbuhan digituin. Selebgram selebtweet sekarang emang aneh-aneh kelakuannya. Btw happy birthday, Alula! Maafkan kebodohan orang tuamu yang membangunkan kamu secara paksa ya nak. Semoga tumbuh menjadi anak yang baik, berguna bagi bangsa dan negara. Semoga nanti Alula udah besar kalau mau ngasih surprise yang mendidik ya - @coffeemarksman.

Itulah beberapa komentar yang sempat dituliskan oleh beberapa warganet di Twitter. 

Jika diperhatikan, sebuah kejutan viral yang dilakukan Ikram bersama sang Istri ini akhrinya memicu komentar pedas di beberapa media sosial. Anji Manji yang sudah memiliki anak pun angkat bicara mengenai video yang diunggah oleh Ikram. 

“Gue terlalu serius mungkin, karena ini konten buat lo. Tapi kasian,” tulis Anji. 

Tak hanya warganet dan Anji Manji saja yang memberikan komentar atas video viral tersebut, namun Dwi Handayani juga ikut menanggapi saran dari salah satu warganet di Twitter yang memberitahukan agar ia tidak melakukan hal serupa saat anaknya sedang berulang tahun. 

"Freya ntar lagi ulang tahun besok banguninnya jangan kayak gini ya, aku selaku onty online nggak rela Freya dibangunin kayak gini," ucap salah satu akun Twitter bernama @palingseriussss.

"Jangan dong nggak boleh, dia lagi tidur kalau Mput tiba-tiba bersuara aja aku marahin," jawab Dwi Handayani menanggapi komentar tersebut. 

Kalau Mama sendiri setelah melihat video tersebut mau berkomentar apa nih?

Editors' Picks

2. Anak dibangunkan secara paksa saat tidur akan menganggu perkembangannya

Dalam video yang diunggah Ikram, Alula bukannya senang diberikan kejutan ulang tahun namun justru menangis kencang karena merasa kaget akibat dibangunkan secara paksa. 

Dilansir dari Times of India, membangunkan anak yang sedang tidur secara paksa tentu menjadi sebuah kesalahan karena dapat membahayakan. 

Saat anak sedang tertidur pulas, lalu dibangunkan secara paksa hanya akan mengganggu penyempurnaan waktu tidurnya saja. Apalagi jika pemaksaan tersebut terus terjadi berulang-ulang, sehingga dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan si Kecil menjadi terganggu. 

Perlu disadari juga bahwa saat seseorang dibangunkan secara paksa bahkan dengan cara dikagetkan, maka jantungnya akan terasa berdebar. Hal ini dikarenakan ada efek dari irma circadian atau sebuah irama yang secara fisiologis terjadi di otak atau jam biologis tubuh menjadi terganggu akibat kaget karena dibangunkan secara mendadak.

Tak hanya kaget, namun terbangun dari tidur dengan keadaan terpaksa bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa pusing dan jantung berdebar. Hal ini dikarenakan otak memicu hormon adrenalin dan senyawa neurotransmitter, sehingga menganggap kalau dirinya sedang berada dalam sebuah bahaya. 

Hati-hati kalau ingin membangunkan si Kecil nih, Ma. 

3. Tips memberikan kejutan untuk anak yang berulang tahun pertama

3. Tips memberikan kejutan anak berulang tahun pertama
Freepik/Nensuria

Ulang tahun anak yang pertama tentu menjadi momen paling dinantikan oleh orangtua. Meskipun ada banyak cara untuk merayakan ulang tahun pertama si Kecil, namun perlu diingat juga untuk tidak melupakan makna dari ulang tahun itu sendiri. 

Jika Mama ingin membuat sebuah kejutan kecil dan sederhana di rumah sewaktu si Kecil bangun tidur. Usahakan pahami jam bangun tidurnya, sehingga tak perlu memaksakan anak mama saat masih tertidur pulas. 

Saat pagi tiba dan mendekati jam bangun tidur si Kecil, Mama bisa membangunkannya dengan cara yang lembut.

Perlahan-lahanlah saat membangunkan hingga si Kecil membuka matanya dan siap untuk bangun. Lalu tuntunlah dia sampai ke arah meja makan untuk diberikan sebuah kejutan ulang tahun. 

Bila ingin membuat sebuah perayaan pesta ulang tahun, cobalah dari jauh-jauh hari mulai mencari tempat yang nyaman, detail dekorasi hingga mempersiapkan jumlah tamu undangan.

Perlu Mama ingat juga bahwa bagaimanapun bentuk perayaan ulang tahunnya kehadiran orangtua dan keluarga terdekat menjadi salah satu hadiah terindah untuk si Kecil saat bertambahnya usia.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.