Cara Mudah Membuat Mainan Mobil-Mobilan untuk Anak dari Botol Plastik

Tak perlu mahal karena mainan bisa dibuat dari bahan bekas!

12 September 2019

Cara Mudah Membuat Mainan Mobil-Mobilan Anak dari Botol Plastik
diytomake.com

Mainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak tidak selalu mahal. Sebagai orangtua Mama seharusnya bisa saja berkreativitas untuk membuat sebuah mainan sendiri dari barang-barang bekas di rumah. 

Jika memiliki anak laki-laki, Mama bisa membuat mobil-mobilan dari bahan bekas di sekitar seperti botol plastik.

Selain mengajarkan anak untuk berhemat, proses pembelajaran ini dapat membuat anak mampu menciptakan sebuah mainan sendiri sekaligus mengasah kemampuan motorik kasarnya. 

Bahkan anak-anak yang mampu menciptakan sebuah karya dalam bentuk mainan dapat lebih menghargai proses hingga hasilnya sendiri.

Tak perlu selalu mahal jika si Kecil ingin sebuah mainan mobil-mobilan karena bisa dibuat sendiri di rumah.

Jika Mama masih bingung ketika ingin membuat mainan mobil-mobilan untuk anak, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa langkah pembuatan agar mempermudah prosesnya.

Intip proses pembuatan mobil-mobilan dari barang bekas ini yuk, Ma! 

1. Menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan selama proses pembuatan

1. Menyiapkan semua bahan-bahan diperlukan selama proses pembuatan
Pixabay/stux

Saat ingin berniat membuat sebuah mobil-mobilan plastik pasti si Kecil langsung ingin membantu Mama dalam proses pembuatnya agar bisa cepat selesai.  Namun, sebelum proses pembuatan perlu sekali menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu antara lain: 

  • Spidol
  • Cat air
  • Gunting
  • Kuas kecil
  • Lem tembak
  • 1 botol plastik bekas
  • 4 buah tutup botol plastik bekas
  • 2 batang sedotan kecil
  • 2 batang sedotan besar

Beberapa alat dan bahan ini akan berguna selama proses pembuatan berlangsung agar lebih cepat dan lancar selama membuat mobil-mobilan. Lalu pastikan untuk memilih cat air yang tidak berbahaya bagi anak-anak. 

Alat dan bahan di atas ini bisa juga ditambah jika Mama bersama si Kecil ingin membuat beberapa modifikasi agar mobil-mobilannya semakin menarik. Bahan-bahan yang disiapkan harus sesuai dengan kreativitas ketika membuat mobi-mobilan dari plastik ya, Ma.

2. Cuci semua bahan-bahan termasuk botol bekas agar steril

2. Cuci semua bahan-bahan termasuk botol bekas agar steril
Pixabay/Hans

Walau terbuat dari barang bekas saat membuat mobil-mobilan untuk anak, sebaiknya Mama tetap perlu menjaga kebersihan mainan. 

Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu buang plastik label pada botol, lalu botol plastik bekas perlu dicuci hingga bersih sebelum digunakan. Perlu Mama ingat kalau sisa minuman di dalam botol bekas dapat menjadi sarang penyakit. 

Kemudian keringkan terlebih dahulu sebelum proses pembuatan dimulai agar bakteri hingga kuman tidak berkembang biak di dalam botol plastik bekas. Selain itu, pastikan semua tutup botol dan sedotan bekas yang nantinya akan dijadikan sebuah roda mobil juga dicuci bersih. 

Editors' Picks

3. Mulai membuat desain untuk menciptkan mainan mobil yang menarik

3. Mulai membuat desain menciptkan mainan mobil menarik
Pixabay/Skitterphoto

Usai mencuci bersih botol plastik, tutup botol hingga sedotan cobalah untuk mulai mencari tahu desain yang menarik ketika ingin diterapkan ke dalam sebuah mainan mobil-mobilan. 

Sebelum membuat beberapa pola pada botol plastik yang sudah dipersiapkan, ada baiknya untuk mencari referensi di internet atau sosial media lainnya. Jika sudah mendapatkan desain yang sudah diinginkan, cobalah untuk membuat sebuah pola seperti jendela di bagian kiri atau kanan menggunakan spidol. 

Ketika ingin membuat sebuah desain pola jendela berupa bulat atau persegi, cobalah untuk membuat pola dengan ukuran yang sama antara sisi kanan dan kiri agar terkesan lebih menarik. Setelah itu, Mama pun bisa mengajak si Kecil untuk berkontribusi selama proses pembuatan seperti mengecat beberapa bagian dari mobil atau melukiskan sebuah gambar tertentu di mainannya. 

Jika si Kecil ingin dibuatkan sebuah karakter khusus pada mobilnya, tidak ada salahnya untuk bersama-sama berkreasi seperti membuat karakter kucing atau anjing dalam sebuah mobil. Perlu diingat saat melibatkan si Kecil selama proses pembuatan, anak mama dapat berusaha lebih menghargai mainan tersebut. 

4. Merakit botol bekas plastik menjadi kerangka mobil 

4. Merakit botol bekas plastik menjadi kerangka mobil 
msn.com

Satu botol plastik bekas yang sudah disiapkan sebagai kerangka mobil bisa diberikan lubang untuk memasukan sedotan. Sedotan ini nantinya dapat membantu berputarnya roda. 

Gunting sedotan berukuran sekitar 1 cm lebih panjang dari kerangka mobil. Pastikan panjangnya memiliki diameter 0,5 di bagian kanan maupun kiri.  Setelahnya Mama dapat memanaskan lem tembak untuk segera digunakan. 

Lalu, cobalah untuk menempelkan kedua batang sedotan di sisi depan dan belakang secara sejajar. Usai di lem tembak pastikan untuk menunggu sebentar hingga kering serta sedotan merekat pada bagian botol.

5. Bagian roda sebagai poros mobil perlu dirakit

5. Bagian roda sebagai poros mobil perlu dirakit
instructables.com

Di awal tadi, Mama sudah menyiapkan 4 buah tutup botol plastik bekas. Ini waktunya Mama dan si Kecil merakit bagian roda sebagai poros mainan mobil si Kecil.

Setelah melubangi bagian tengah botol menggunakan gunting, Mama dan si Kecil bisa menempelkan tutup botol kecil pada bagian sedotan yang sudah dimasukkan ke dalam poros mobil.

Lalu eratkan sedotan dan tutup botol sebagai sebuah roda kecil dengan menggunakan lem tembak. 

Pastikan kalau mobil dari botol plastik ini dilengkapi dengan 4 roda, 2 roda depan dan 2 roda belakang agar dapat berfungsi dengan baik. Usai semua bagian terpasang dengan baik, ajak si Kecil menghias kembali hasil karya mobil-mobilannya dari barang bekas.  

Itulah beberapa cara mudah yang bisa diterapkan dalam membuat mobil-mobilan dari botol plastik. Tak hanya bisa bermain dari barang sederhana saja, namun si Kecil bisa memiliki beragam ide kreativitas saat membuat sebuah mobil hasil kreasinya sendiri. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;