Eksklusif: Fanny Fabriana Ungkap Strategi Jitu Mengatasi Anak GTM saat Tumbuh Gigi

Anak ketiga mengalami GTM saat tumbuh gigi, Fanny Fabriana berusaha melakukan banyak strategi

22 Agustus 2020

Eksklusif Fanny Fabriana Ungkap Strategi Jitu Mengatasi Anak GTM saat Tumbuh Gigi
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual saat pandemi virus corona

Gerakan Tutup Mulut atau GTM menjadi salah satu masalah yang seringkali dirasakan oleh orangtua. Sebagian anak yang enggan untuk makan berusaha menolak dengan menutup mulutnya. 

Tak jarang, anak-anak yang sudah mulai menolak makanan yang diberikan oleh orangtua memang terkadang memicu rasa stres. 

Sebagai seorang mama tiga orang anak, Fanny Fabriana sempat berada di situasi seperti ini. Anak terakhirnya yang bernama Dylan Arrayan Badruddin sempat mengalami GTM, sehingga menolak saat diberikan makanan. 

Ma, anak-anak yang mengalami GTM biasanya meningkatkan karena ada masalah di dalam kondisi mulut. Si Kecil sudah mulai susah diberikan makan berarti ada kemungkinan terjadi sariawan, sakit tenggorokan, sakit gigi, gusi luka atau sedang tumbuh gigi.  

Fanny pun berbagi cerita terkait GTM yang sempat dialami oleh anak ketiganya. Jika Mama ingin mengetahui pembahasan menarik bersama Fanny Fabriana terkait permasalahan GTM pada anak serta cara mengatasinya, kali iniPopmama.com telah merangkum pembahasan yang menarik. 

Simak hasil wawancara eksklusif bersama Fanny Fabriana disela-sela virtual photoshoot sebagai Millennial Family of the Month Agustus 2020 yuk, Ma!

1. Fase GTM yang dialami oleh anak ketiga Fanny Fabriana karena terjadi gigi tumbuh

1. Fase GTM dialami oleh anak ketiga Fanny Fabriana karena terjadi gigi tumbuh
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual saat pandemi virus corona

Sebagai seorang aktris yang seringkali mewarnai pertelevisian dan layar lebar, Fanny Fabriana juga memiliki banyak perjuangan di dunia nyata. Warna di dalam hidup Fanny semakin bertambah ketika sudah berperan menjadi mama dari tiga orang anak. 

Setiap anak membuat seorang Fanny kian belajar menjadi sosok orangtua yang semakin baik dari hari ke hari. 

Ketika diwawancarai oleh Popmama.com, Fanny Fabriana pun bercerita tentang fase GTM yang sempat dialami oleh Dylan. Fase tersebut muncul karena anaknya mengalami tumbuh gigi, sehingga sulit untuk diberi makanan. 

"Fase GTM yang terjadi pada Dylan itu cukup luar biasa jika dibandingkan dengan kedua kakaknya. Ini terjadi karena pertumbuhan giginya terbilang cepat, sehingga menjadi susah untuk dikasih makan," kata Fanny. 

Fanny menjelaskan kalau pertumbuhan gigi sangat cepat dan banyak, bukan hanya dua saja melainkan bisa empat secara bergantian. 

"Terkadang ketika Dylan sedang berusaha mau makan lagi, tiba-tiba giginya tumbuh. Saat giginya yang satu membaik setelah tumbuh, besoknya ada lagi pertumbuhan gigi yang lain," ujar Fanny. 

Dari fase GTM yang dialami oleh Dylan ini membuat Fanny belajar terkait cara mengatasinya supaya si Kecil mau makan kembali. 

Editors' Picks

2. Tetap konsultasi bersama dokter agar anak ketiganya mendapatkan nutrisi yang sesuai

2. Tetap konsultasi bersama dokter agar anak ketiga mendapatkan nutrisi sesuai
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual saat pandemi virus corona

Demi mengatasi anak yang sedang berada di fase GTM, Fanny pun berkonsultasi dengan dokter. Berbagai ajuran diterapkan oleh Fanny agar dapat menghadapi fase tersebut dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang dicoba oleh Fanny untuk memancing nafsu makan anak ketika fase GTM yakni mencari tahu makanan favoritnya. 

"Soal makanan, saya berusaha untuk tetap variatif. Kalau Dylan sendiri untuk menyiasati GTM, saya harus membuat makanan yang lebih tasty dan gurih. Saya suka menambahkan keju atau butter, sehingga Dylan lebih gampang untuk makan," kata Fanny. 

Berdasarkan pengalaman yang sudah dialami oleh Fanny selama fase GTM, dirinya semakin paham varian makanan yang memang disukai oleh Dylan. 

3. Dalam mengatasi GTM, Fanny Fabriana berusaha mencari varian makanan yang disukai oleh Dylan termasuk buah

3. Dalam mengatasi GTM, Fanny Fabriana berusaha mencari varian makanan disukai oleh Dylan termasuk buah
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual saat pandemi virus corona

Kepada pembaca Popmama.com, Fanny memberikan semangat kepada para orangtua yang sedang menemani anak-anaknya ketika berada di fase GTM. Mengingat orangtua dituntut untuk selalu sabar serta perlu mengelola emosi, sehingga tidak mudah menyerah.

"Pertama, orangtua perlu pintar-pintar mencari makanan yang sekiranya anak memang suka. Hanya saja perlu kesabaran lebih karena anak di fase GTM seringkali enggan makan, meskipun makanan yang diberikan sudah enak," kata Fanny.

Selain itu, Fanny menyarankan orangtua untuk mempersiapkan alternatif buah-buahan di rumah. 

"Kalau Dylan sendiri, biasanya dia suka sekali sama semangka. Mungkin buat dia rasa dari semangka itu enak. Apalagi kalau gusinya bengkak terus dikasih makan semangka, terkadang saya djuga berikan buah naga sebagai selingan," ujar mama tiga anak ini. 

Biasanya Fanny berusaha menaruh buah-buahan yang disukai oleh Dylan di lemari es, sehingga tekstur buah menjadi dingin. Tidak hanya menyegarkan, jenis buah yang disukai oleh Dylan memang sangat mudah untuk dicerna. 

Dengan adanya persiapan buah segar untuk Dylan, Fanny bisa memenuhi nutrisi putranya agar tetap mau makan. 

4. Dukungan dari keluarga membantu Fanny Fabriana selama mengatasi fase GTM pada anak ketiganya

4. Dukungan dari keluarga membantu Fanny Fabriana selama mengatasi fase GTM anak ketiganya
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan secara virtual saat pandemi virus corona

Dalam mengatasi fase GTM yang terjadi pada anak-anak, Fanny mengatakan bahwa dukungan dari keluarga  sangat dibutuhkan.

"Dukungan dari lingkungan keluarga sangat dibutuhkan ketika sedang menghadapi anak selama fase GTM. Dukungan sang Papa hingga kakak-kakaknya diperlukan, termasuk menjadi tim hore," kata Fanny. 

Sebagai solusi, Fanny harus bisa mendisiplinkan diri sendiri sebagai orangtua. Jam makan pada anak ketika fase GTM diperlukan, Fanny pun menerapkan setiap dua jam sekali walau hanya sedikit.

Menurut Fanny tidak apa-apa makan sedikit ketika anak sedang berada di fase GTM, asalkan kebutuhan nutrisi dan gizi anak terpenuhi dengan baik.  

Itulah beberapa cerita GTM yang sempat terjadi pada Dylan, anak ketiga dari Fanny Fabriana. Semoga curahan hati yang sempat dibagikan oleh Fanny ini bisa menjadi sebuah pembelajaran baru dalam mengatasi anak-anak ketika berada di fase GTM. 

Terus semangat mendampingi anak di setiap perkembangannya ya, Ma!

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Agustus 2020 – Fanny Fabriana

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Shalsabilla Nursyah
Photographer - Michael Andrew

#MillennialMama of the Month

Fanny Fabriana
Millennial Mama

Fanny Fabriana

"Hormati pola asuh orangtua lain, mereka berhak tentukan yang terbaik untuk anaknya"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.