Simak Cara Seru Ajarkan Anak Cuci Tangan, Tonton Videonya Ma!

Ayo cuci tangan bareng anak sembari bernyanyi!!

31 Maret 2020

Simak Cara Seru Ajarkan Anak Cuci Tangan, Tonton Video Ma
Freepik

Musik sedari zaman bumi masih muda memang sudah digunakan untuk banyak kebutuhan-kebutuhan Ma. Dari mulai penyembahan lewat musik gospel sampai mengiringi perang juga ada. 

Tapi pada kesempatan ini bukan itu yang mau redaksi Popmama.com informasikan nih. Ini tentang bagaimana Mama mengajarkan suatu hal yang saat ini begitu menjadi perhatian di seluruh dunia? Apa itu? 

Cuci tangan! Benar sekali Ma, mengajarkan anak mengenai pentingnya berkebersihan diri adalah hal penting sejak dini, terlebih kala pandemik corona merajalela seperti sekarang ini.

Mama di seluruh dunia harus punya cara jitu untuk mengajarkan sekaligus melestarikan kebiasaan baik ini bagi si Anak. 

Nah bagaimana caranya, berikut Popmama.com sudah sediakan artikel berupa video musik yang mampu menjadi tema pengajaran seru bagi si Kecil untuk mengerti pentingnya mencuci tangan. 

1. Wash, wash, wash your hands-Little Angel: Nursery Rhymes & Kids Songs

Video musik dengan penampakan gambar kartun 3 dimensi animasi berjudul Wash, Wash, Wash Your Hands ini, terdapat pada rangkaian video musik kompilasi yang terdapat di kanal Youtube Songs and Nursery Rhymes Little Angel.

Videonya sendiri bercerita tentang pentingnya mencuci tangan, hal ini terpapar pada liriknya yang berbunyi "Sebelum kita makan, kita mencuci, mencuci tangan. Kami bermain, bermain, bermain, lalu kami membersihkan kuman. Jika kita melukis, kita harus mencuci, mencuci tangan. Jika kita melukis, mengecat, hore, kita harus membersihkan kuman." 

Dalam kanal ini tampak Baby John bermain dengan saudara laki-laki dan perempuannya, meskipun mereka sedang bermain tetapi mereka tidak lupa untuk mencuci tangan agar tetap sehat.

Video ini membantu mengajarkan keterampilan dasar dan meningkatkan kemampuan anak untuk memahami dan mengikuti arahan.

Melalui iramanya anak-anak mampu mempercepat kesadaran fonetik serta meningkatkan pemahaman terhadap kata, membaca dan keterampilan menulis.

Ayo Ma, mari kita belajar dengan video musik Baby John tentang pentingnya mencuci tangan sebelum makan, agar anak terhindar dari kuman. 

Editors' Picks

2. Wash your hands song-CoComelon Nursery Rhymes & Kids Songs

Video musik berikutnya berjudul Wash Your Hands Song yang diunggah pada kanal Youtube Cocomelon - Nursery Rhymes. Dalam video ini terdapat tokoh bernama JJ yang sedang bermain dengan teman-teman satwanya.

Sembari bermain JJ dan teman-teman satwanya, juga sembari mempelajari pentingnya mencuci tangan.

Melalui liriknya anak mama juga bisa mempelajari pentingnya mencuci tangan dengan amat ceria. Hal ini tergambar dari liriknya yang berbunyi "Cuci, cuci, cuci tangan biarkan gelembung menari, scrub scrub-a-dub, sekarang kamu berada di klub tangan bersih."

Video animasi 3 dimensi ini juga membantu anak-anak pra-sekolah untuk belajar huruf, angka, suara binatang, warna, dan banyak lagi.

Disamping itu, Mama juga terbantu dalam mengajar dan bermain dengan anak-anak saat menonton bersama.

3. Wash your hands song for kids-ChuChu TV Nursery Rhymes & Kids Songs

Video musik yang satu ini agak berbeda, kalau biasanya lagu anak-anak memiliki beat seperti lagu lullaby, yang ini lebih mengedepankan up beat. Terdengar bersemangat dan cerah dengan balutan gitar blues sebagai pemanis.

Video dengan tampilan kartun 2 dimensi ini mengajarkan untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu agar kuman tidak ikut masuk ke tubuh si Anak.

Lirik seperti "cucilah tangan sebelum menyentuh hewan peliharaan dan cucilah tangan sesudahnya" akan terdengar menghias sepanjang anak Mama menyetel video ini.

Disamping departemen lirik, penggambaran kuman yang sedang menaiki motor juga menambah lucu video tersebut lho Ma.

4. Wash your hands-Netflix Jr.

Kali ini kita simak video musik seru dari kanal youtube Netflix Jr berjudul 'Wash Your Hands'. Video musik berdurasi satu menit lebih dua puluh detik ini memiliki keunikan pada gambar corek dengan penokohan lucu yang berwarna-warni.

Lagunya sendiri memiliki sajak yang mudah untuk dimengerti, tapi tunggu sampai anak Mama mendengar irama musiknya, dijamin mudah dihapal dan dinyayikan.

Liriknya bercerita tentang keseharian bermain yang tidak boleh melupakan mencuci tangan.

Video musik ini sudah ditonton lebih dari 590 ribu kali dalam jangka waktu 20 hari.

5. Wash your hands with baby shark-Pinkfong! Kids' Songs & Stories

Terakhir yang paling familiar di telinga seluruh kids di seluruh dunia, siapa yang tidak tahu dengan lagu 'Sing and Dance' yang terkenal dengan animasi Baby Shark-nya, tapi bukan itu yang kami maksud. Diadopsi dari nada lagu tersebut kanal Youtube Pinkfong! Kids' Songs & Stories, mengunggah video musik berjudul Wash Your Hands with Baby Shark untuk mengajarkan anak mencuci tangan.

Dalam video musik yang berdurasi satu menit lebih empat puluh enam detik ini, terdapat karakter Baby Shark yang amat menggemaskan sedang memberi tahu pentingya cuci tangan dengan iringan lagu yang sangat ikonik.

Dikarenakan nada dan animasi yang menggugah selera, anak Mama dijamin akan cepat ke wastafel untuk mencuci tangannya.

Ayo cuci tangan dengan lagu ini, Wash your hands, doo doo doo doo doo. Dan, jangan lupa ajak si Kecil lakukan tantangan #BabySharkHandWashChallenge.

Nah Ma, jadi nggak akan pusing lagi deh untuk mengajarkan si Kecil menjaga kebersihan diri, karena sudah kita kasih tahu formulanya. 

Jadi kita menyanyi bersama anak sembari mencuci tangan minimal 20 detik. Yuk, yuk, yuk!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.