5 Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini

Membangun pondasi yang positif bagi kehidupan anak di masa mendatang

30 Oktober 2021

5 Alasan Penting Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Freepik/Gpointstudio

Usia dini adalah usia emas di mana perkembangan otak anak berkembang dengan sangat pesat. Inilah yang menjadi alasan para ahli mengatakan masa-masa ini disebut sebagai golden age.

Pada usia ini pendidikan karakter sangat penting diberikan, karena akan lebih mudah membentuk karakter balita yang akan menjadi dasar yang kuat hingga saat ia dewasa nanti.

Menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak usia dini bertujuan agar anak bisa menerapkan berbagai hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Pendidikan ini juga sangat penting untuk membentuk moral dan akhlak anak.

Tak hanya itu saja, ada beberapa hal lainnya yang membuat pendidikan karakter ini juga penting bagi balita.

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 alasan pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini, di bawah ini!

1. Menciptakan karakter yang baik dan menunjukkan nilai positif pada sesama

1. Menciptakan karakter baik menunjukkan nilai positif sesama
Freepik/Wirestock

Secara umum, pendidikan karakter pada anak usia dini memiliki fungsi untuk membentuk karakter anak. Maka itu, pemberian pendidikan yang baik pada si Kecil berguna untuk menciptakan karakter yang baik pula.

Pendidikan karakter sejak usia dini bekerja dengan mengembangkan potensi nurani anak, yang akhirrnya membentuk akhlak dan moral yang baik. Pendidikan ini dapat mengembangkan potensi hati atau kalbu sehingga anak dapat menunjukkan nilai positif kepada sesama.

Diharapkan anak sejak usia dini dapat menerapkan nilai-nilai budaya dan juga karakter bangsa Indonesia.

Editors' Picks

2. Mengembangkan kebiasaan atau perilaku baik sesuai nilai-nilai universal

2. Mengembangkan kebiasaan atau perilaku baik sesuai nilai-nilai universal
Freepik/Katemangostar

Selain untuk mengembangkan potensi nurani, pendidikan karakter juga bermanfaat untuk mengembangkan kebiasaan atau perilaku. Pendidikan ini bertujuan untuk membiasakan anak melakukan berbagai hal yang terpuji sejak usia muda.

Anak juga diharapkan dapat berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku secara universal.

Tak hanya itu saja, dengan memberikan pendidikan karakter sejak usia dini, Mama juga dapat mengembangkan kebiasaan pada anak untuk melakukan tradisi budaya bangsa yang religius berdasarkan keyakinan yang dianut.

3. Menanamkan jiwa kepemimpinan

3. Menanamkan jiwa kepemimpinan
Freepik/Jcomp

Alasan selanjutnya adalah pendidikan usia dini dapat menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak. Penanaman jiwa kepemimpinan ini tidak hanya untuk memimpin sebuah kelompok saja, namun juga mengajarkan anak nilai-nilai kepemimpinan yang baik dan benar.

Anak perlu diajarkan memimpin suatu kelompok dengan penuh tanggung jawab.

Dengan menanamkan pendidikan ini, balita akan diajarkan menjadi pemimpin dan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang bermanfaat bagi banyak orang.

4. Mengembangkan jenis kemampuan yang baik

4. Mengembangkan jenis kemampuan baik
Freepik/Racool_studio

Karakter sangat erat kaitannya dengan personalitas seseorang. Karakter adalah bagaimana anak mampu bersikap dalam menghadapi segala hal. Karakter bersifat spontan dan dapat menyatu pada diri sendiri berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Nah, dengan memberikan pendidikan karakter yang baik pada anak sejak usia dini, ini menjadi aspek pendorong untuk mengembangkan jenis kemampuan yang baik.

Misalnya, seorang anak diajarkan mengembangkan karakter yang mandiri, kreatif, mampu memecahkan masalah, dan juga memiliki wawasan kebangsaan yang baik.

5. Menjadi bekal untuk anak sebelum memasuki usia sekolah

5. Menjadi bekal anak sebelum memasuki usia sekolah
Freepik/User18526052

Pendidikan karakter pada usia dini juga penting diberikan sebelum anak memasuki usia sekolah. Hal ini agar Mama dapat mengembangkan nilai atau norma sosial terlebih dahulu pada balita, sebelum ia mengenal lingkungan yang lebih luas.

Menanamkannya sejak usia muda juga dapat sebagai bekal untuk anak saat melakukan interaksi sosial dengan siapa saja. Baik orangtua di rumah, guru dan teman di sekolah, dan lain-lain.

Selain itu, pendidikan karakter ini juga bertujuan untuk mengembangkan lingkungan sekolah yang baik bagi proses belajar anak nantinya. Ini berperan penting untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, jujur, dan memiliki rasa kebangsaan yang tinggi.

Nah itulah beberapa alasan pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini. Sejak anak sudah mampu menyerap informasi, penting bagi setiap orangtua untuk memberikan pendidikan karakter.

Karena dengan menanamkan karakter yang baik sejak dini, dapat menjadi pondasi yang kuat bagi anak untuk memiliki kehidupan yang sehat, positif, dan menjalani norma-norma kehidupan yang diyakini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.