Bocah 7 Tahun Mengungkapkan Bagaimana "CIlukba" Dapat Mengubah Dunia

Molly Wright membahas hubungan orangtua dan balita sangat penting bagi perkembangan sehat anak

20 September 2021

Bocah 7 Tahun Mengungkapkan Bagaimana "CIlukba" Dapat Mengubah Dunia
YouTube.com/TED

Seorang anak perempuan asal Australia berusia tujuh tahun baru-baru ini menjadi sensasi internet setelah menyampaikan presentasinya di TED Talk tentang perkembangan anak dan interaksi orang dewasa.

Molly Wright, dari Queensland, menjadi orang termuda yang pernah tampil TED Talk. Ia memberi tahu orang dewasa, khususnya orangtua di seluruh dunia bagaimana mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik, sambil berinteraksi dengan anak-anak mereka.

Molly ditemani oleh temannya Ari yang berusia satu tahun dan orangtua Ari yaitu Amarjot untuk membantu mengilustrasikan poin-poinnya.

Seperti apa pesan dari Molly? Simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Molly Wright berbicara tentang mengubah cara orangtua dan pengasuh di seluruh dunia

1. Molly Wright berbicara tentang mengubah cara orangtua pengasuh seluruh dunia
YouTube.com/TED

Pada Senin (9/8/2020), sebuah konferensi yang mengundang pembicara untuk menyampaikan edukasi, TED Talk, mengundang seorang anak perempuan berusia tujuh tahun yang berbicara tentang mengubah cara orangtua dan pengasuh di seluruh dunia.

Molly Wright, seorang siswa kelas dua dari Queensland, Australia mempresentasikan tentang bagaimana orangtua dan pengasuh memandang perkembangan otak anak usia dini, dan bagaimana berinteraksi dengan anak.

Molly menjadi salah satu pembicara TED talk termuda dalam sejarah, setelah presentasinya ditayangkan perdana di Monterey, California, Amerika Serikat, dan secara bersamaan diunggah ke media sosial melalui laman websitenya.

2. Membahas apa yang orangtua dapat lakukan untuk membentuk perkembangan anak-anak saat ini

2. Membahas apa orangtua dapat lakukan membentuk perkembangan anak-anak saat ini
Freepik

Pada awal penampilannya Molly memberikan pertanyaan tentang bagaimana permainan seperti "CIlukba" dapat mengubah dunia.

"Bagaimana jika saya memberi tahu kalian bahwa permainan cilukba dapat mengubah dunia? Terdengar mustahil bukan? Saya hari ini akan membuktikan bahwa itu tak mustahil,"

Ia melanjutkan bahwa pembicaraannya hari itu adalah tentang beberapa hal yang dapat orangtua lakukan, untuk membentuk anak-anak pada saat ini dan saat menjadi orang dewasa kelak.

Di usianya yang baru tujuh tahun, mungkin orang lain tak percaya bagaimana ia bisa mendapatkan pengetahuan ini. Namun Molly mengatakan bahwa orangtuanya dan orang di sekitarnya telah melakukan ini sejak dini dan sering.

Sayangnya, Molly juga menyoroti bagaimana banyak anak lainnya yang tidak mendapatkan interaksi ini. Sehingga ia berusaha untuk mengubahnya melalui presentasinya tersebut.

Editors' Picks

3. Menurut Molly, ada lima hal penting yang menjadi dasar perkembangan sehat seorang anak

3. Menurut Molly, ada lima hal penting menjadi dasar perkembangan sehat seorang anak
Freepik/Shurkin_son

Molly kemudian membahas tentang otak anak dapat tumbuh dengan cepat selama beberapa tahun pertama kehidupan, bahkan mencapai 90 persen dari otak orang dewasa ketika mencapai usia tujuh tahun.

"Otak kita berkembang lebih cepat di usia dini dibandingkan dengan waktu lain dalam kehidupan kita. Otak bisa menghasilkan hingga satu juta koneksi saraf per detik. Namun, kami (anak-anak) butuh bantuanmu," jelas Molly.

Molly menjelaskan bahwa perkembangan sehat anak, bergantung pada lima hal penting yaitu terhubung (connecting), berbicara (talking), bermain (playing), rumah yang sehat (healthy home), dan komunitas (community).

Semua hal tersebut membantu otak anak meraih potensi sepenuhnya.

4. Dalam mencapai perkembangan anak yang sehat, penting untuk melakukan interaksi berbalas

4. Dalam mencapai perkembangan anak sehat, penting melakukan interaksi berbalas
Freepik/Gpointstudio

Dalam mencapai perkembangan anak yang sehat, para ilmuwan mengatakannya sebagai "serve and return" yaitu interaksi berbalas. Dengan kata lain, menjalin hubungan, berbicara, dan bermain dengan anak.

"Permainan meniru, membangun imajinasi dan empati. Permainan memanggil nama, membangun kosakata dan perhatian. Dan permainan cilukba, sebenarnya membangun ingatan dan kepercayaan" ujar Molly.

Molly menambahkan ketika orangtua berbicara dengan anak, bermain, dan membuatnya tertawa, selain membangun dan memperkuat hubungan dan kesehatan mental, ini juga mengajarkan anak beberapa keterampilan hidup utama. 

Seperti berteman, mengikuti ujian, mendapatkan pekerjaan, dan memulai keluarga sendiri.

"Interaksi sejak dini dan sering, sangatlah penting" kata Molly.

5. Molly juga menyoroti apa dampak yang terjadi ketika hubungan orangtua dan anak terganggu

5. Molly juga menyoroti apa dampak terjadi ketika hubungan orangtua anak terganggu
Freepik/Gpointstudio

Kemudian Molly juga menjelaskan bagaimana ketika hubungan dan interaksi itu dihentikan, terutama ketika orangtua sibuk oleh perangkat digital, hal itu mengurangi kemampuan orangtua untuk membentuk koneksi dengan anak.

"Saya tahu terkadang penting bagi orang dewasa menggunakan perangkatnya, tetapi anak-anak terprogram untuk mencari hubungan yang bermakna. Tak menerima hubungan itu menyebabkan kebingungan dan tekanan," ujar Molly.

Molly melanjutkan dengan bertanya, bagaimana seandainya jika masa kecil seorang anak seperti 30 detik terakhir, di mana orangtua sibuk dengan perangkatnya.

Ia menjelaskan betapa sulitnya bagi seorang anak untuk merasa tenang, aman, belajar mempercayai siapa pun dan dampak seumur hidup yang akan terjadi.

6. Hubungan positif dengan orangtua memberikan anak rasa percaya diri yang dibutuhkan

6. Hubungan positif orangtua memberikan anak rasa percaya diri dibutuhkan
Freepik/Jcomp

Anak berusia tujuh tahun ini menjelaskan bahwa hubungan positif dengan orang dewasa di hidup anak-anak, memberikan anak rasa percaya diri yang dibutuhkan, untuk mencoba hal baru, untuk menjelajah, dan menjadi seorang anak.

Ia pun juga memohon pada orangtua untuk mengingat bahwa masa paling istimewa bagi perkembangan kami adalah lima tahun pertama. Mulai sejak di kandungan.

Di akhir presentasinya, Molly merangkum pesannya dengan melakukan gaya pembicaraan tanya-jawab.

"Apa hal paling berdampak yang bisa orangtua lakukan? Interaksi berbalas. Dan kapan? Sejak dini dan sering."

Tertarik ingin melihat presentasi Molly selengkapnya? Simak videonya di bawah ini ya!

Itulah beberapa insformasi seputar Molly Wright dan presentasinya yang menarik sorotan dunia seputar pengasuhan orangtua dan anak. Presentasi Molly kini telah ditampilkan di rumah bersalin dan 1.400 ruang tunggu dokter di seluruh Australia.

Presentasi Molly juga menarik perhatian organisasi anak dunia, UNICEF. Mereka memiliki rencana untuk mendukung distribusi global presentasi dari Molly Wright. Wah menarik ya Ma, kita jadi memahami bagaimana pengasuhan yang sehat menurut sudut pandang seorang anak!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.