15 Buah yang Mengandung Vitamin C untuk Kesehatan Anak

Vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan anak

23 September 2020

15 Buah Mengandung Vitamin C Kesehatan Anak
Freepik/Gargonia

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh, mencegah penyakit, dan mengatasi berbagai macam penyakit.

Walaupun saat ini banyak suplemen Vitamin C yang beredar, tentu dengan mendapatkannya secara alami adalah pilihan yang terbaik untuk menjaga kesehatan anak. Tentu caranya dengan mengonsumsi buah yang mengandung Vitamin C.

Tidak hanya jeruk ternyata selama ini banyak buah yang mengandung Vitamin C, ragam buah lainnya pun tidak kalah baik untuk membantu memenuhi kebutuhan harian Vitamin C anak.

Berikut ini Popmama.com sebutkan 15 buah yang mengandung Vitamin C untuk kesehatan anak yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Alpukat

1. Alpukat
freepik.com/dashu83

Dalam satu alpukat kecil, mengandung kurang lebih 21 mg Vitamin C. Kandungan Vitamin C pada alpukat juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan anak di masa depan.

Seperti mengatasi gejala penuaan dini yang ditandai dengan bintik hitam, mengkerut, dan gejala-gejala lainnya.

2. Belimbing

2. Belimbing
Freepik/Xamtiw

Buah yang identik dengan bentuk bintangnya saat dipotong ini ternyata kaya akan kandungan Vitamin C di dalamnya. Buah tropis ini mengandung 46 mg Vitamin C per 100 gramnya. Selain itu, belimbing juga memiliki kandungan serat sebanyak 4 gram dan 40 kalori.

Tentunya belimbing mempunyai beragam manfaat bagi tubuh anak, seperti mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi, membantu metabolisme tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Blackcurrant

3. Blackcurrant
Freepik/Timolina

Kemudian, buah yang mengandung Vitamin C lainnya adalah blackcurrant. Setiap 56 gram buah blackcurrant mengandung sekitar 101mg Vitamin C. Tak hanya Vitamin C, namun buah ini juga mengandung senyawa antioksidan yaitu Anthocyanins.

Senyawa tersebut yang membuah buah blackcurrant menjadi hitam. Dengan mengonsumsi blackcurrant secara rutin, dapat membantu anak untuk mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan penyakit pada saraf.

4. Ceri Acerola

4. Ceri Acerola
Freepik/Xb100

Buah ceri jenis acerola merupakan buah yang memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, buah ini mengandung 822 mg Vitamin C untuk setiap 49 gram nya.

Menurut sebuah peneliain, buah ceri acerola ini dapat meminimalisir anak terkana risiko kanker, mencegah kerusakan kulit, serta membantu perbaiki struktur DNA.

Walaupun belum ada penelitian dengan objek manusia, tak ada salahnya Mama mulai menyajikan buah ceri sebagai menu camilan sehat untuk mencukupi asupan Vitamin C harian anak dan keluarga.

5. Jeruk manis

5. Jeruk manis
Pexels/Pixabay

Membahas Vitamin C tak lengkap jika tidak ada jeruk manis. Jeruk manis yang banyak ditemukan di supermarket berwarna jingga hingga hijau kekuning-kuningan ini mengandung Vitamin C dalam jumlah tinggi.

Satu jeruk manis memiliki sekitar 31 mg Vitamin C, yang merupakan 51 persen dari referensi asupan harian yang disarankan.

6. Kiwi

6. Kiwi
Freepik/onlyyouqj

Buah dengan kulit berwarna coklat dengan daging berwarna hijau ini ternyata buah dengan kandungan Vitamin C tinggi. Bahkan, kandungan Vitamin C dari kiwi lebih besar daripada jeruk. Kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 92,7 mg per buahnya.

Selain Vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin K. Serta kandungan Mineral dan Asam Lemak Omega-3 yang tidak luput dari kandungan buah kiwi.

Kedua zat tersebut juga penting sekali untuk menurunkan risiko penyakit stroke yang dapat menyerang anak saat dewasa nanti.

Editors' Picks

7. Leci

7. Leci
Freepik/Jcomp

Buah yang berasal dari Tiongkok ini merupakan salah satu buah dengan kandungan Vitamin C. Kandungannya pun tergolong tinggi, yaitu sekitar 132 mg per 100 gram nya.

Selain Vitamin C, terdapat kandungan lainnya dalam buah leci, yaitu Polifenol yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menyeimbangkan kadar cairan tubuh, dan mencegah infeksi. Serta Vitamin B kompleks dan flavonoi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari risiko kanker dan tumor.

Tak hanya itu, jika anak mengonsumsi buah leci secara rutin juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, baik pada anak laki-laki maupun perempuan.

8. Mangga

8. Mangga
Freepik/ sirikornt

Kadar Vitamin C pada buah mangga memang tidak sebanyak buah-buahan yang dijelaskan sebelumnya, yaitu hanya 29 mg.

Namun, buah mangga tetap menjadi salah satu sumber buah Vitamin C yang patut untuk anak konsumsi.

Selain Vitamin C, buah mangga juga diperkaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan untuk mencegah kanker payudara dan usus besar.

Mangga adalah salah satu buah mengandung vitamin C yang banyak disukai anak-anak.Warna kuning tua juga meembuat buah ini semakin mengundang selera.

9. Markisa

9. Markisa
Freepik/Dashu83

Di balik rasanya yang menyegarkan sehingga sering dijadikan dalam bentuk sirup, buah markisa menyimpan cukup banyak kandungan Vitamin C, yaitu sekitar 72 mg per 100 gram nya. Kandungan ini menjadikan markisa memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh anak.

Seperti menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan mengurani risiko penyakit jantung.

10. Nanas

10. Nanas
Freepik

Sekitar 125 ml atau setengah gelas buah nanas, mengandung 39-49 gram Vitamin C, jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anak akan Vitamin C ini.

Tak hanya mengandung Vitamin C, buah nanas juga mengandung zat Bromelain. Yaitu sebuah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan. Tujuannya untuk mengurangi rasa kembung pada perut.

11. Pepaya

11. Pepaya
Freepik

Buah pepaya juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, yaitu 94 mg per buahnya. Karena buah pepaya mengandung Vitamin C dengan kadar yang tinggi, manfaat buah ini bagi kesehatan tubuh anak tentu sangat banyak.

Seperti memperkuat tulang yang cocok untuk usia pertumbuhan anak, serta merawat kulit. Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya.

Seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Kalsium, dan Kalium yang membantu anak untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.

12. Pisang

12. Pisang
Freepik/topntp26

Apakah anak suka makan pisang? Kabar baik untuk Mama karena buah berkulit kuning ini menjadi buah Vitamin C yang direkomendasikan.

Karena kandungan Vitamin C pada pisang dapat bermanfaat untuk mencegah atau mengobati gejala gangguan kesehatan pada tubuh anak.

Seperti asam lambung, sembelit, dan lain-lain.

13. Sirsak

13. Sirsak
Freepik/Andn

Dalam 100 gram buah sirsak, terkandung sekitar 30 mg Vitamin C, selain itu buah ini juga mengandung beragam nutrisi lainnya.

Seperti protein, karbohidrat, hingga kandungan niacin yang dieprcaya dapat menurunkan risiko kanker pada anak dan mencegah penumpukan kolesterol.

14. Stroberi

14. Stroberi
Freepik/ikrolevetc

Buah dengan identik dengan warna merah ini, memiliki kandungan 52 mg Vitamin C per 125 ml nya. Dalam sejumlah penelitian, buah stroberi ini memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan saraf, peradangan, hingga kanker.

Stroberi memiliki beragam manfaat karena selain Vitamin C, buah ini mengandung antioksidan, Vitamin B kompleks, Vitamin A, Vitamin E, Kalium, Zat Besi, Fluor, dan Iodium.

15. Tomat

15. Tomat
Freepik/jannoon028

Buah tomat juga merupakan buah dengan Vitamin C tinggi, yaitu kadarnya yang mencapai 14,5 mg per 50 gram.

Manfaat Vitamin C pada buah tomat adalah utnuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sejumlah fungsi penting lainnya terkait Vitamin C yang penting untuk kesehatan anak.

Selain itu, buah tomat juga diperkaya dengan kandungan Lycopene yang berguna untuk melindungi otot pada jantung, mengendalikan kadar kolesterol, serta membakar lemak.

Dengan mengonsumsi buah-buahan diatas, sebisa mungkin Mama hindari untuk mengolahnya menjadi jus. Karena proses penghalusan dengan blender, diyakini dapat menghilangkan sebagian nutrisi penting pada buah yang akan anak konsumsi.

Itulah rekomendasi 15 buah mengandung vitamin C untuk kesehatan anak yang bisa sering dikonsumsi. Mana yang paling si Kecil sukai nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.