10 Kepribadian Anak Zodiak Pisces yang Perlu Mama Ketahui

Si jiwa kreatif namun juga mudah sensitif

31 Januari 2021

10 Kepribadian Anak Zodiak Pisces Perlu Mama Ketahui
Freepik

Mengetahui karakteristik anak sejak dini dapat membantu Mama dalam mengarahkan atau mengembangkan kepribadian anak menjadi lebih positif, dan tentunya Mama juga jadi mengerti bagaimana cara mendidik anak dengan menyenangkan saat mengetahui karakteristiknya.

Saat masih berusia balita mungkin Mama masih sulit mengetahui karakter anak, namun faktor tertentu seperti dari zodiaknya bisa membantu sedikit untuk mengetahui karakternya. Jika ulang tahun si Kecil jatuh antara 19 Februari dan 20 Maret, maka anak berzodiak Pisces.

Berikut ini Popmama.com telah menuliskan 10 hal yang harus Mama ketahui tentang anak berzodiak Pisces, serta beberapa tips untuk membesarkan si kecil, dengan mengingat ciri-ciri kepribadiannya. 

Yuk simak informasinya di bawah ini:

1. Anak dikenal dengan jiwa kreatif dan artistik

1. Anak dikenal jiwa kreatif artistik
Pexels/Gustavo Fring

Baik itu melalui musik atau seni dan kerajinan, anak akan selalu membutuhkan wadah untuk  menyalurkan kreativitasnya, jadi Mama perlu menyediakan permainan yang mengasah krativitas seni, seperti Lego, dan mainan terbuka lainnya.

Bagian terbaiknya adalah semua yang dibutuhkan anak adalah alat-alat yang diperlukan untuk menghabiskan waktunya dan mengembangkan bakat seni nya.

2. Dikenal sensitif

2. Dikenal sensitif
Freepik/User12006472

Hati-hati ya Ma jika ingin memarahi anak Pisces, tanpa Mama sadari sangat mudah untuk melukai perasaan balita Pisces, karena ia cenderung merasa kesal atau marah begitu saja.

Ini juga berarti anak kurang terbuka untuk berubah, jadi ketika nantinya anak mengandalkan Mama untuk memberikan dukungan emosional, Mama perlu selalu berada disamping anak untuk mendengarkan keluh kesah dan memberikan dukungan untuknya

3. Seringkali menggunakan perasaan dan intuisi yang sangat baik

3. Seringkali menggunakan perasaan intuisi sangat baik
Freepik/gpointstudio

Perasaan dan intuisi adalah sifat kedua balita Pisces, perasaan dan intuisi yang sedemikian rupa ini membuat emosi si Kecil seringkali selaras dengan emosi Mama sendiri.

Mama mungkin melihat si Kecil mengerti ketika Mama sedih atau sedang marah tentang sesuatu, yang pada gilirannya anak dapat mencerminkan emosi Mama. Anak juga dapat dengan mudah merasakan ketika ada sesuatu yang salah atau tidak beres, jadi ia sering mengandalkan firasatnya tanpa rasa ragu.

4. Mudah mengekspresikan emosinya

4. Mudah mengekspresikan emosinya
Freepik/Katemangostar

Anak yang berzodiak Pisces nantinya tidak akan bertele-tele ketika menyampaikan perasaannya, dan ia juga dapat memastikan untuk memberi tahu Mama saat sedang merasa sedih atau kesal tentang sesuatu. Anak mampu mengekspresikan emosinya secara terbuka dengan baik, agar Mama bisa melihatnya. 

Namun hal ini bisa berdampak positif bagi kesehatan mental anak, di mana ia tidak perlu memendam amarah atau kesedihan, ia bisa langsung bercerita dan kembali ke keadaan normal seperti sebelumnya.

Editors' Picks

5. Memiliki hati yang baik dan penyayang

5. Memiliki hati baik penyayang
Freepik/Freepic-diller

Anak berzodiak Pisces akan dikenal sebagai anak yang paling baik hati di taman bermain atau di sekolahnya, dan ia akan selalu terburu-buru membantu anak-anak yang terluka atau diintimidasi, serta berusaha membuat mereka merasa lebih baik.

Anak juga akan peduli pada orang lain dan makhluk hidup di sekitarnya seperti hewan dan tumbuhan, dan inilah yang menjadi kualitas anak yang bisa Mama kagumi saat anak besar nanti.

6. Pemikiran yang imajinatif

6. Pemikiran imajinatif
Freepik/Anita_bonita7

Sesuai dengan bakat seni yang mengalir dalam diri anak, anak berzodiak Pisces memiliki imajinasi yang penuh warna. Nanti anak juga akan senang membaca dan mengarang cerita sendiri, membangun imajinasi alam semesta sendiri di kepalanya.

Baik dengan teman imajiner, membaca, atau berakting, anak berzodiak Pisces suka memasuki dunianya sendiri, meskipun hanya untuk beberapa saat. Namun hal ini membantu anak untuk membuat karya yang unik yang belum pernah ada .

7. Suka menghabiskan waktu sendiri

7. Suka menghabiskan waktu sendiri
Freepik/Diana.grytsku

Anak yang berzodiak Pisces menyukai waktu menyendiri, hal ini karena ia dapat mengasah bakat kreatifnya saat menyendiri. Jika anak mama ingin menghabiskan waktu di ruangnya setiap hari, biarkan ia memilikinya, dan Mama akan melihat bagaimana suasana hatinya langsung meningkat!

8. Tipe pembelajar visual

8. Tipe pembelajar visual
Freepik/jcomp

Anak yang berzodiak Pisces juga tipikal pembelajar visual dan mengambil banyak hal dengan melihat keadaan sekelilingnya, yang berarti grafik, bagan, buku, ilustrasi, dan lain-lain adalah teman terbaik anak. Dengan melihat gambar anak bisa langsung memahami makna di baliknya tanpa kesulitan. Ini menjadi kemampuan yang sangat membantu anak di masa-masa sekolahnya.

9. Tidak egois atau tidak mementingkan diri sendiri

9. Tidak egois atau tidak mementingkan diri sendiri
Freepik

Memiliki sifat yang baik hati dan penyayang membuat anak berzodiak Pisces senang membantu siapapun disekitarnya, termasuk keluarga, sahabat, bahkan orang-orang yang tidak dikenalnya. Ia pun juga tidak mengharapkan imbalan apa pun.

Anak akan dengan senang membantu membersihkan mainan yang berantakan di sekolah atau bahkan membantu Mama saat melakukan pekerjaan rumah. Selain itu, anak berzodiak Pisces dikenal sangat mudah berbagi dengan sesamanya.

10. Bersemangat dalam mengerjakan sesuatu

10. Bersemangat dalam mengerjakan sesuatu
Freepik/Maria-sbytova

Nanti Mama akan melihat anak yang termotivasi untuk melakukan sesuatu, dia akan menyelesaikan apapun hingga selesai tanpa menundanya, baik itu menyelesaikan gambar atau menyelesaikan teka-teki.

Sehingga ketika anak Pisces bermain puzzle atau lego, Mama akan melihat wajah serius ketika anak berusaha menyelesaikan karya terbaiknya

Setelah mengetahui bagaimana kepribadian dari anak berzodiak Pisces, Mama juga perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak Pisces dengan cara yang menyenangkan dan tepat sesuai karakteristiknya.

Tips-Tips untuk Membesarkan Anak Pisces berdasarkan karakteristiknya

Tips-Tips Membesarkan Anak Pisces berdasarkan karakteristiknya
Freepik/Jes2ufoto

Seperti yang Mama ketahui, anak berzodiak Pisces memiliki kepribadian yang imajinatif namun juga seringkali sensitif, sehingga butuh kiat-kiat khusus agar dapat mendidik anak yang menyesuaikan dengan kepribadiannya. Berikut adalah tips-tips yang bisa diikuti:

  • Anak berzodiak Pisces suka dipeluk, maka dari itu habiskan waktu sebanyak yang Mama bisa untuk menggendong dan memeluk si Kecil. Ini akan membuatnya merasa lebih bahagia dan dicintai.
  • Sering-seringlah mengajak anak keluar rumah, karena anak Pisces suka menghabiskan waktu di alam. Tunjukkan kepada anak tentang pepohonan dan rumput, dan ia akan menikmati berjemur di bawah sinar matahari dan menjelajahi lingkungan sekitarnya.
  • Saat si Kecil tumbuh besar nanti, ia akan memiliki imajinasi yang hidup dan cenderung mengarang cerita. Waspada dan ketahuilah ketika si Kecil pandai dalam mengarang cerita, karena kebiasaan ini bisa berubah jadi pandai berbohong jika tidak dikendalikan.
  • Belilah mainan yang meningkatkan kreativitas anak, seperti balok bangunan, buku mewarnai, puzzle. dan lain-lain. Ini akan membuat anak semakin mengasah kreativitasnya dan menciptakan cerita, serta mengeksplorasi sisi artistiknya.
  • Jangan memahari hingga membentak anak, karena ia kemungkinan besar sensitif dan Mama mungkin bisa melukai perasaannya. Daripada memarahi anak, jelaskan maksud Mama dengan cara yang rasional dan logis, dan Mama juga akan memahami dia dengan lebih baik.
  • Anak berzodiak lambang ikan ini juga suka membantu, jadi mintalah anak untuk membantu Mama saat melakukan tugas-tugas tertentu. Mama dapat menawarkan anak, seperti "Bolehkah kamu membantu Mama mencuci piring?". Selain itu, hindari untuk memberikan instruksi langsung.

Yang terpenting, biarkan si Kecil untuk menikmati masa kecilnya, sementara Mama menikmati waktu perkembangan dan pertumbuhan anak, dan membesarkan anak yang sensitif, ceria, dan menggemaskan!

Namun pahamilah bahwa tidak ada jaminan bahwa anak mama akan memiliki semua ciri kepribadian di atas, tetapi informasi di atas dapat membantu Mama mencari ciri-ciri tertentu dalam dirinya. Plus, ciri-ciri zodiak Pisces yang mampu membuat buku bacaan menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.