7 Manfaat Susu untuk Anak Balita

Nutrisi dalam susu yang penting dibutuhkan bagi pertumbuhan si Kecil

21 September 2020

7 Manfaat Susu Anak Balita
Freepik/Demkat

Susu adalah asupan bergizi tinggi yang umumnya diperoleh dari susu sapi. Susu juga menjadi tambahan nutrisi selain makanan. Komposisi nutrisi dalam susu sangat kompleks dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan anak, khususnya si Kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sejak lahir, anak dianjurkan untuk mendapat asupan susu, dimulai dari ASI yang mengandung banyak nutrisi serta sumber daya tahan tubuh, hingga pengenalan pada berbagai jenis susu utuh atau whole milk yang biasa dikonsumsi mulai usia 1-2 tahun.

Selain lemak dalam susu dibutuhkan untuk perkembangan otak anak, apa saja manfaat lainnya dari minum susu untuk anak? Berikut Popmama.com berikan manfaat minum susu untuk anak yang perlu Mama ketahui!

1. Meningkatkan daya tahan tubuh anak dan membantu melawan berbagai penyakit

1. Meningkatkan daya tahan tubuh anak membantu melawan berbagai penyakit
Freepik/Maria-sbytova

Dengan memberikan anak susu, sama saja Mama telah membantu anak untuk menjaga tekanan darahnya menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko penyakit stroke dan masalah yang berhubungan dengan jantung yang dapat terjadi pada anak.

Susu juga dapat mengurangi efek migrain dan jumlah kolesterol yang diproduksi oleh tubuh untuk mencegah penyumbatan pada arteri.

2. Membantu pembentukan tulang dan gigi si Kecil agar sehat dan kuat

2. Membantu pembentukan tulang gigi si Kecil agar sehat kuat
Freepik/Yaoinlove

Pernahkah mendengar minum susu dapat membentuk tulang yang kuat? Yup benar sekali, susu merupakan sumber kalisum yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi si Kecil agar sehat dan kuat.

Tidak hanya bagi anak kecil saja yang membutuhkannya pada masa pertumbuhan mereka, namun orang dewasa juga membutuhkannya untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Osteoporosis sendiri merupakan kondisi yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin D atau kalsium dalam tubuh.

Editors' Picks

3. Pemberian susu juga dapat mendukung pertumbuhan kecerdasan anak

3. Pemberian susu juga dapat mendukung pertumbuhan kecerdasan anak
Freepik/prostooleh

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki anak yang sehat dan juga cerdas. Nah untuk memilikinya, Mama bisa memberikan si Kecil susu secara rutin. Mengapa?

Karena susu memiliki kandungan AA, DHA, Sphingomyelin, dan kandungan lainnya pada susu yang bisa menjadi nutrisi bagi otak anak. Jika diberikan asupannya cukup, maka dapat mendukung pertumbuhan kecerdasan anak.

Meski demikian, anak juga tetap harus diberikan stimulasi dan asupan nurisi lainnya yang beragam dari berbagai sumber makanan lain ya Ma!

4. Membuat tubuh anak terasa jadi bugar sehingga lebih semangat dan aktif saat bermain

4. Membuat tubuh anak terasa jadi bugar sehingga lebih semangat aktif saat bermain
Freepik/user18526052

Susu dikenal memiliki kandungan gizi yang lengkap serta berbagai rasa yang variatif sehingga disukai oleh banyak anak-anak.

Jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu memenuhi kecukupan gizi anak, yang membuat tubuhnya terasa jadi lebih bugar dan lebih sehat.

Dengan kondisi tubuh yang sehat dan fit, tentunya si Kecil akan lebih semangat dan aktif dalam bermain dan melakukan aktivitas lainnya, yang di mana hal ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya.

5. Membantu kesehatan kulit anak menjadi lebih baik dan lebih halus

5. Membantu kesehatan kulit anak menjadi lebih baik lebih halus
Freepik/User14907079

Tidak hanya bermanfaat untuk membuat tubuh lebih fit, kandungan dalam susu memiliki banyak nutrisi penting yang bisa membantu kesehatan kulit anak menjadi lebih baik.

Karena, susu memiliki kandungan asam laktat yang berfungsi sebagai exfoliator dan enzim untuk membuat kulit anak menjadi lebih halus.

Selain itu, susu juga mengandung asam amino yang membantu menjaga kelembapan kulit anak.

6. Menyehatkan sistem pencernaan anak dan meningkatkan penyerapan kalsium

6. Menyehatkan sistem pencernaan anak meningkatkan penyerapan kalsium
restaurantbusinessonline.com

Prebiotik merupakan salah satu kandungan dari susu yang berfungsi dalam pertumbuhan mikroorganisme baik yang ada di dalam sistem pencernaan.

Prebiotik sendiri merupakan senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus. Saat mikroorganisme tersebut telah tercukupi, maka dapat menyehatkan pencernaan si Kecil.

Di samping itu, susu juga dapat meningkatkan daya serap kalsium yang berfungsi untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang dan giginya.

7. Penghilang stres dan penguat energi tubuh setelah anak beraktivitas

7. Penghilang stres penguat energi tubuh setelah anak beraktivitas
Freepik/Maria-sbytova

Terakhir, tidak kalah pentingnya yaitu susu mengandung vitamin dan mineral yang juga bertindak sebagai penghilang stres dan penguat energi.

Dengan memberikan segelas susu hangat pada anak, dapat membantunya menenangkan otot dan ketegangan saraf tubuh. Susu bekerja dengn mengembalikan energi tubuh setelah anak beraktivitas seharian.

Memiliki kandungan protein, susu juga membantu tubuh dalam membangun kembali otot. Setelah anak beraktifitas berat seperti bermain atau berolahraga ringan, protein ini dapat membantu untuk mengisi cairan yang hilang selama anak bermain.

Pada usia pertumbuhannya, anak memang sangat membutuhkan banyak nutrisi yang bisa mendukung proses tumbuh kembangnya. Selain dari makanan, Mama juga dapat memberikan susu pada anak untuk menjadi asupan tambahannya yang harus dikonsumsi rutin agar anak tumbuh cerdas, kuat, dan sehat.

Itulah manfaat susu untuk anak. Jadi jangan digantikan dengan air teh, Mama tetap bisa memberikan susu untuk anak ya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.