7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Bisul pada Anak

Bisul menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada si Kecil

27 Mei 2022

7 Pengobatan Rumahan Mengatasi Bisul Anak
Drhomeo.com

Bisul atau furunkel merupakan benjolan berwarna merah pada kulit yang berisi nanah dan terbentuk di bawah kulit. Bisul bisa terjadi pada segala kalangan usia, dari bayi hingga dewasa. Pada area yang terkena bisul, bisa menjadi merah dan juga nyeri.

Mama juga tidak boleh mencongkel atau memencet bisul si Kecil. Jika tidak dikeringkan dengan benar oleh dokter, bisul dapat menginfeksi area sekitarnya atau mendorong infeksi lebih dalam ke kulit, yang menyebabkan lebih banyak bisul.

Karena rasanya yang nyeri dapat mengganggu kenyamanan anak, Mama bisa mengatasinya dengan beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan dirumah.

Berikut ini Popmama.com akan membahas 7 pengobatan rumahan untuk mengatasi bisul pada anak. Yuk simak informasi cara mengobati bisul pada anak di bawah ini!

1. Kompres dengan air hangat

1. Kompres air hangat
Freepik/Bonnontawat

Panas dapat membantu meningkatkan sirkulasi di suatu area, membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tubuh anak untuk melawan infeksi. Menerapkan kompres hangat ke bisul adalah salah satu pengobatan rumahan ampuh yang dapat Mama coba.

Oleskan kompres hangat ke area yang muncul bisul selama 20 menit setiap kali. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari, setiap hari, sampai bisulnya hilang.

2. Tea tree oil

2. Tea tree oil
Freepik/Yanadjana

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Kandungan ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul pada si Kecil. Namun tea tree oil tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena dapat menimbulkan efek terbakar.

Sebagai solusinya, campurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan tea tree oil yang telah dicampurkan tersebut di atas kapas, dan oleskan pada bisul dua atau tiga kali sehari. Lakukan ini setiap hari sampai bisul benar-benar hilang.

Editors' Picks

3. Bubuk kunyit

3. Bubuk kunyit
Freepik/Jigsawstocker

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada kunyit dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat. Bubuk kunyit ini dapat diminum atau digunakan secara topikal untuk mengobati bisul, atau bisa dilakukan keduanya.

Untuk meminumnya, Mama bisa rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, lalu dinginkan. Minta anak untuk minum ramuan kunyit ini tiga kali sehari.

Sedangkan untuk menggunakannya secara topikal, campurkan kunyit dengan air, jahe, atau keduanya untuk membuat pasta. Oleskan pasta kunyit pada bisul setidaknya dua kali sehari.

4. Garam Epsom

4. Garam Epsom
Shayandcompany.com

Magnesium sulfat adalah mineral alami yang ditemukan di garam epsom. Garam ini kemudian menjadi magnesium dan sulfat saat ditambahkan ke air hangat. Garam epsom tidak hanya digunakan pada saat si Kecil mandi.

Tapi juga dapat membantu mengobati bisul. Garam dapat membantu mengeringkan nanah, yang membuat bisul mengering.

Larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam handuk kompres di dalamnya. Letakkan kompres ke area bisul selama 20 menit setiap kali. Kompres setidaknya tiga kali sehari sampai bisul sembuh.

5. Minyak jarak (castor oil)

5. Minyak jarak (castor oil)
Healthline.com

Terbuat dari tanaman biji jarak, minyak ini mengandung asam risinoleat, asam lemak yang dapat membantu memecah bakteri yang terperangkap, yang juga dikombinasikan dengan anti-inflamasi alami namun ampuh.

Kandungannya tersebut menjadikan minyak jarak sebagai pengobatan alami yang baik untuk mengobati bisul. Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bisul setidaknya tiga kali sehari sampai bisulnya hilang.

6. Minyak neem

6. Minyak neem
Indiamart.com

Minyak neem, alias lilac India, dibuat dari buah dan biji pohon cemara yang ditemukan di India. Minyak ini memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul.

Karena sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba, minyak neem seringkali ditemukan dalam sabun, lotion, pengusir serangga, dan salep yang mengobati infeksi kulit termasuk bisul.

Meminumnya adalah ide yang buruk, karena minyak ini beracun. Sebagai solusinya, oleskan langsung ke bisul tiga atau empat kali sehari, dan minta anak untuk tutup hidung karena minyak ini berbau tajam. Kemudian pastikan Mama mencuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan minyak neem.

7. Bawang bombay

7. Bawang bombay
Freepik

Bawang bombay mengandung senyawa antibiotik alami yang disebut allicin, yang memberikan aroma kuat dan kemampuan yang bisa membuat seseorang menangis. Sifat penyerapan alami bawang merah bahkan juga dapat membantu mengeluarkan nanah dari bisul.

Mengaplikasikan bawang bombay ke kulit juga menghasilkan sensasi hangat, yang merangsang sirkulasi darah dan mekanisme penyembuhan luka alami tubuh.

Untuk menggunakannya, potong bawang menjadi irisan tebal, bungkus irisan dengan kain kasa, dan oleskan ke bisul kurang lebih selama satu jam. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari sampai bisul hilang.

Nah itu dia Ma, 7 cara mengobati bisul pada anak. Minta si Kecil untuk tidak menyentuh atau menggaruk bisulnya agar lebih cepat sembuh tidak menyebarkan infeksi penyebab bisul lain. Semoga informasinya bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk