10 Ide Kado untuk Ulang Tahun Kedua Anak

Yuk, berikan kado yang awet dan berguna untuk tumbuh-kembang si Kecil

13 Juni 2021

10 Ide Kado Ulang Tahun Kedua Anak
Freepik

Terkadang, membelikan kado untuk si Kecil cukuplah menantang, terlebih lagi buat Mama yang kebetulan baru pertama kali memiliki anak.

Tapi, Mama gak perlu khawatir karena caranya simpel, kok.

Nah, karena usia 2 tahun merupakan masa di mana anak tengah belajar banyak hal, seperti berjalan, berlari, menggenggam sesuatu, ataupun berkreasi, jadi Mama dan Papa bisa memulai dari barang-barang yang mampu meningkatkan kemampuan dan tumbuh kembang si Kecil.

Intinya, kado yang dipilih haruslah bermanfaat untuk mendukung tumbuh-kembang anak.

Nah, Popmama.com telah merangkum sejumlah ide kado untuk ulang tahun kedua anak.

Berikut ulasan selengkapnya!

1. Boneka

1. Boneka
Freepik/Waewkidja

Boneka gak hanya untuk anak perempuan, kok, Ma. Anak mama yang laki-laki juga bisa dihadiahi boneka.

Agar kelihatan eye catching bagi si Kecil, Mama bisa pilih boneka berkarakter binatang kesukaannya.

Bukan hanya sekadar menjadi kado semata, boneka juga bisa melatih kemampuan motorik anak dan tergolong aman karena terbuat dari bahan yang lembut.

2. Bean bag chair yang empuk

2. Bean bag chair empuk
Freepik/Vectorpocket

Anak pastinya sudah bisa duduk sendiri tanpa penyokong ketika menginjak usia 2 tahun. Kalau Mama kebingungan, bean bag chair juga cocok jadi hadiah, kok.

Apalagi, kursi tersebut berupa bantalan yang empuk sehingga bakal membuat anak mama betah duduk berlama-lama.

Mama juga bisa membaca buku cerita bersama si Kecil sembari menemaninya duduk di ata bean bag chair.

3. Talking toys yang lucu

3. Talking toys lucu
Instagram/cactus_toy

Mama pastinya tahu kalau boneka kaktus yang dapat berbicarasempat viral di jagat internet. Selain imut, boneka tersebut sangat mengundang tawa karena kemampuannya meniru suara.

Nah, Mama boleh banget menghadiahkan boneka tersebut atau talking toys jenis lainnya untuk anak. Si Kecil pastinya terhibur dan bakal mengoceh terus karena mainan tersebut selalu meresponnya.

4. Buku menggambar atau mewarnai

4. Buku menggambar atau mewarnai
Freepik

Di usia 2 tahun juga, anak mama mulai tertarik untuk membuat sesuatu. Supaya lebih mengasah kekreativitasannya, Mama boleh memberikan buku gambar beserta sebuah set krayon.

Pastikan untuk membeli krayon yang aman untuk anak. Jangan lupa juga untuk selalu mengapresiasi hasil karya si Kecil meskipun gambarnya tampak begitu abstrak.

Editors' Picks

5. Puzzle latih shape recognition anak

5. Puzzle latih shape recognition anak
Freepik/Master1305

Permainan puzzle nyatanya punya banyak manfaat untuk perkembangan si Kecil, lho, Ma. Dengan puzzle, anak bisa mempelajari ragam jenis bentuk karena tiap potongannya pasti berbeda-beda.

Selain itu, anak mama juga bisa melatih konsentrasi, kemampuan motorik, dan kemampuan pemecahan masalah lewat permainan ini.

Kalau tertarik, Mama bisa memberikan si Kecil satu set puzzle dengan gambar yang menarik–bisa buah-buahan hingga hewan.

Jangan lupa Ma, potongan puzzle-nya harus simpel, sekitar 5–16 keping saja, supaya anak tidak kesulitan dalam menyelesaikannya.

6. Mainan alat masak untuk melatih imajinasi

6. Mainan alat masak melatih imajinasi
Freepik

Anak yang berusia 2 tahun gemar “permainan meniru”. Sebagai contoh, anak perempuan mama mungkin senang meniru kegiatan masak yang Mama lakukan. Nah, ini bisa menjadi ide kado ulang tahun anak.

Mama juga bisa nimbrung untuk bermain bersama dan ajak si Kecil untuk ‘memasak’ sebuah hidangan yang lezat.

7. Mainan mobil konstruksi

7. Mainan mobil konstruksi
Freepik/Wirestock

Kalau sebelumnya untuk anak perempuan, buah hati laki-laki mama juga tetap ada opsi kado, kok. Salah satu ide kado yang bisa dipertimbangkan adalah mainan mobil konstruksi.

Dengan adanya mainan tersebut, imajinasi anak akan semakin terasah dan mereka bisa tumbuh menjadi individu yang kreatif dan cemerlang.

8. Mainan apung untuk mandi

8. Mainan apung mandi
Freepik

Anak mama mungkin senang sekali bermain dengan air. Untuk semakin membuat waktu mandi menyenangkan, kenapa tidak membelikannya sejumlah bath toys?

Bath toys ada banyak jenisnya, Ma. Beberapa contohnya adalah mainan bebek karet dan perahu kecil. Tinggal Mama pilih, deh, mana yang ingin dibeli.

9. Play tent atau tenda mainan

9. Play tent atau tenda mainan
Freepik

Bukan hanya merupakan ide kado yang unik, dengan play tent, Mama juga bisa semakin mempererat hubungan dan kedekatan dengan si Kecil.

Tenda mainan tersebut bisa Mama letakkan di dalam ramah atau sesekali di halaman. Bisa banget play tent-nya dijadikan spot untuk anak bersantai sembari asyik menggambar.

10. Balance Bike untuk keseimbangan si Kecil

10. Balance Bike keseimbangan si Kecil
Instagram/striderbikes

Sebelum memutuskan untuk menghadiahinya untuk anak, Mama harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli balance bike atau sepeda keseimbangan.

Misalnya, Mama harus tahu apakah si Kecil sudah cukup besar menaikinya. Kemudian, juga harus diperhatikan tipe sepeda yang pas untuk ia mainkan.

Terlepas dari keribetannya, balance bike ini sangat bagus untuk anak. Sebab, sepeda tersebut bisa menjadi sarana olahraga sekaligus mampu meningkatkan kekuatan dan koordinasi anak.

Nah, itulah 10 ragam barang yang bisa Mama jadikan sebagai kado ulang tahun kedua untuk si Kecil. Sekarang, Mama gak perlu bingung beli kadonya lagi, deh. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.