10 Rekomendasi Sepeda untuk Anak 2 Tahun Beserta Harganya

Bantu tumbuh-kembang si Kecil dengan mengajaknya bermain sepeda

28 Agustus 2021

10 Rekomendasi Sepeda Anak 2 Tahun Beserta Harganya
Unsplash/Michal Vrba

Salah satu kegiatan yang dapat membantu perkembangan anak adalah dengan bersepeda. Cara tersebut dapat membantu anak untuk melatih otot dan koordinasi tubuhnya.

Namun untuk umurnya, tentu sepeda yang akan dipakai sedikit berbeda untuk anak yang sudah lebih besar. Si kecil yang masih berumur 2 tahun dapat Mama belikan berupa sepeda roda tiga ataupun balance bike (sepeda keseimbangan). 

Jika Mama ingin melatih keseimbangan tubuh anak, maka dirinya bisa belajar jadi balance bike terlebih dahulu. Lain halnya dengan sepeda roda tiga yang ditujukan untuk melatih kemampuan mengayuh si Kecil.

Semisal Mama ingin membeli sepeda untuk anak, Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun. Baca sampai habis, ya! 

1. London Taxi Kickbike

1. London Taxi Kickbike
Blibli.com

Rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun yang pertama adalah London Taxi Kickbike. Merek sepeda keseimbangan yang satu ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana karena bobotnya yang terbilang ringan, yakni hanya 2,9 kg saja. Beratnya itu juga akan mempermudah si Kecil ketika mengendarainya. 

London Taxi Kickbike hadir dalam berbagai varian. Jadi, anak mama bisa memilih warna mulai dari merah, hijau, kuning, merah muda, putih, ataupun biru dongker. Namun untuk sadelnya sendiri, hanya ada dalam warna coklat ya, Ma. 

Harga mulai dari: Rp1.180.000

2. SmarTrike Glow 4 in 1 Baby Trike

2. SmarTrike Glow 4 in 1 Baby Trike
Shopee.co.id

Bisa dibilang sepeda roda tiga yang satu ini sangatlah unik. Sesuai dengan namanya, SmarTrike Glow 4 in 1 Baby Trike bisa dimodifikasi menjadi 4 macam. Untuk anak mama yang sudah 2 tahun maka sepeda ini dapat di ubah ke tahap tiga. 

Untuk tahap tersebut, pijakan kaki dari sepedanya bisa dilepas sehingga anak dapat belajar mengayuh pedalnya.  Nggak perlu khawatir apabila anak oleng karena Mama tetap dapat mengawasinya dengan touch steering yang terpasang pada roda tersebut. 

Bukan hanya itu saja fitur yang ada, SmarTrike Glow 4 in 1 Baby Trike menyuguhkan pengalaman bersepeda dengan kursi yang empuk sekaligus varian warna merah atau biru yang bergaya.

Harga mulai dari: Rp2.381.000

3. Iimo Balance Bike

3. Iimo Balance Bike
Tokopedia.com

Ketika Mama ingin mencari sepeda yang dapat melatih keseimbangan anak tapi juga membuatnya tampil bergaya, maka sepeda Iimo Balance Bike bisa menjadi pilihan buat Mama, nih. Meskipun terlihat sederhana, perpaduan antara warna cokelat dan putihnya memberi kesan vintage (antik) nan elegan. 

Tidak hanya nampak elegan, sepeda keseimbangan yang satu ini juga dibuat dari aluminium anti-karat. Di samping itu, Iimo Balance Bike juga dilengkapi dengan rem tangan sehingga anak bisa melatih respons tangannya. 

Tertarik untuk membelikan anak, Ma? 

Harga mulai dari: Rp2.170.000

4. Sepeda Rota Tiga Motor Polisi SHP SCP 640

4. Sepeda Rota Tiga Motor Polisi SHP SCP 640
Shopee.co.id

Rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun berikutnya adalah Sepeda Roda Tiga Motor Polisi SHP SCP 640. Sesuai dengan namanya, tampilan dari sepeda anak ini ini sengaja dibuat menyerupai motor polisi. 

Tidak hanya dari tampilannya saja, untuk menambah kesan layaknya motor polisi, sepeda roda tiga ini juga dilengkapi dengan suara sirene dan lampu. Kendati terbilang cukup murah, Sepeda Roda Tiga Motor Polisi SHP SCP 640 sudah tersertifikasi SNI sehingga keamanannya untuk dikendarai anak-anak sudah terjamin. 

Harga mulai dari: Rp170.000

Editors' Picks

5. Uonibaby 4-in-1 Trike

5. Uonibaby 4-in-1 Trike
JD.id

Buat Mama yang tidak ingin berkali-kali membeli sepeda untuk anak, maka produk yang satu ini sangat cocok untuk Mama. Tidak hanya sebagai balance bikeUonibaby 4-in-1 Trike juga dapat beralih fungsi menjadi sepeda roda tiga maupun roda dua.

Material rangkanya terbuat dari baja karbon. Varian warnanya juga beragam, meliputi kuning, merah, dan biru. Di samping itu, Uonibaby 4-in-1 Trike juga ringan dan dapat dilipat sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana. 

Harga mulai dari: Rp2.556.000

6. Girasol Kid Pro Push Bike

6. Girasol Kid Pro Push Bike
Shopee.co.id

Rekomendasi sepeda untuk anak yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, Ma. Hal ini karena Girasol Kids Pro Push Bike didesain dengan bobot yang ringan supaya dapat melaju lebih cepat. Oleh sebab itu juga cocok dikendarai untuk balapan. 

Terlepas dari itu rangka sepeda ini dibuat dari aluminium dengan varian warna hitam, kuning, merah, putih, dan lainnya. Keunggulan dari Girasol Kids Pro Push Bike yang lain adalah rangkaian roda profesional untuk memberikan pengalaman bersepeda yang lebih nyaman.

Harga mulai dari: Rp5.390.000

7. Land Rover Trike

7. Land Rover Trike
Blibli.com

Tidak jauh beda dengan Uonibaby 4-in-1 TrikeLand Rover Trike juga merupakan sepeda multifungsi. Ketika si Kecil sudah bosan sekadar mengendarai balance bike, sepeda ini bisa diubah menjadi sepeda roda tiga.

Selain ekonomis,  Land Rover Trike yang terbuat dari baja karbon juga dapat dilipat. Pilihan warnanya pun tampak cantik. Mama bisa memilihkan anak warna merah-hitam ataupun tectonic grey-rush orange

Harga mulai dari: Rp1.449.000

8. SmarTrike Xtend Mg+ Convertible Balance Bike

8. SmarTrike Xtend Mg+ Convertible Balance Bike
Smartrike.com

Masih ingin melihat-lihat rekomendasi sepeda keseimbangan untuk si Kecil? Nah, kali ini ada sepeda merek SmarTrike Xtend Mg+ Convertible Balance Bike. Ada banyak keunggulan dan keistimewaan darinya.

Kerangkanya terbuat dari magnesium alloybalance bike ini juga bisa di modifikasi menjadi sepeda roda dua. Jadi apabila anak sudah cukup mahir menjaga keseimbangan tubuhnya, Mama hanya tinggal menambahkan pedal dan rantai. Oleh karena itu, SmarTrike Xtend Mg+ Convertible Balance Bike dapat digunakan bahkan hingga umur anak 7 tahun.

Keunggulan lainnya adalah rangka sepeda ini dapat dipanjangkan sesuai dengan tubuh anak. Keren, bukan?

Harga mulai dari: Rp2.999.000

9. Doona Liki Trike S5

9. Doona Liki Trike S5
Tosyen.com

Untuk merek sepeda roda tiga, Mama bisa mempertimbangkan Doona Liki Trike S5. Salah satu alasannya adalah karena sepeda roda tiga yang satu ini diproduksi dengan bahan yang berkualitas. Lebih tepatnya, material rangkanya dibuat dari serat polimer bermutu tinggi sehingga dapat tahan dan awet lebih lama.

Tampilannya memang terlihat seperti ditujukan untuk bayi. Namun, bagian pelindung sinar matahari, sandaran, maupun dorongannya bisa dibongkar-pasang, kok. Jadi, sepeda ini tetap bisa dijadikan untuk melatih kekuatan mengayuh anak.

Bukan hanya itu saja, sepeda Doona juga cocok dibawa ketika bertamasya karena dapat dilipat.

Harga mulai dari: Rp5.499.000

10. United Mini Bike Ride On

10. United Mini Bike Ride On
Blibli.com

Rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun yang terakhir adalah sepeda United Mini Bike Ride On. Produk yang satu ini memang sangat cocok untuk si Kecil. Pegangannya cukup lama dan tidak licin ketika dipegang.

Selain itu, desain roda yang tebal, dengan dua di depan dan satu di belakang, memberikan keamanan ekstra ketika anak berkendara. Dengan adanya roda tadi, kemungkinan anak kecil jatuh akan lebih kecil.

Akan tetapi, United Mini Bike Ride On memiliki sebuah kekurangan. Dengan model yang seperti itu, yaitu kecil dan tidak bisa dimodifikasi, ia tidak bisa dipakai hingga waktu yang lama.

Harga mulai dari: Rp572.500

Tips Bersepeda yang Aman bagi Anak

Tips Bersepeda Aman bagi Anak
Pexels/Tatiana Syrikova

Di usia anak yang masih 2 tahun, keseimbangan maupun koordinasi tubuhnya masih belum stabil. Oleh sebab itu, apabila Mama hendak melatihnya dengan balance bike maupun sepeda roda tiga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memilihkan sepeda yang memang sesuai dengan umur dan postur tubuh anak. Jangan sampai malah sepedanya kekecilan atau malah kebesaran;
  • Sebelum anak mulai berkendara, terlebih dahulu periksa kondisi roda, pegangan, sadel, dan remnya. Pastikan dulu semuanya dalam kondisi baik agar aman dinaiki;
  • Jangan lupa untuk memakai pelindung, berupa helm, pelindung siku dan dengkul, serta mengenangkan sepatu supaya lebih aman;
  • Karena anak masih kecil, sebaiknya jangan biarkan ia bersepeda dengan orang lain atau bahkan sendiri. Harus ada anggota keluarga ataupun Mama sendiri yang mengawasinya. 

Itulah informasi tentang 10 rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.